Ini Lho Hal-Hal yang Menjadikan #MimpiMasaMuda Kamu Belum Terwujud

Man Jadda Wa Jadda Barangsiapa bersungguh-sungguh pasti berhasil

Semasa kecil, kita bermimpi untuk mengubah dunia. Mewujudkan negara yang makmur, lingkungan yang subur, dan memiliki keluarga yang akur. Menginjak dewasa, kita sadar impian masa kecil terlalu besar untuk diwujudkan. Semuanya berlalu begitu saja dan tak ada satu pun dari daftar di atas yang mampu kita ubah. Ternyata selama ini kita keliru, kita takkan mampu mengubah apapun, sebelum kita mengubah diri sendiri. 

Bisa jadi nih, impian kita selama ini, cita-cita kita selama ini belum terwujud bukan karena tidak mungkin impian itu bisa kita capai. Tapi, karena ada hal-hal pada diri kita yang menjadi penghalang mimpi kita bisa terwujud. Alangkah baiknya hal-hal ini bisa kita ubah perlahan agar hidup kita lebih positif, terarah, dan dapat menggapai impian kita apalagi meraih #MimpiMasaMuda kita. Alangkah ruginya jika kita menyianyiakan atau membuang watu masa muda kita. 

1. Merasa ragu dengan mimpi yang ingin diraih

Foto oleh Alex Green dari Pexels

Foto oleh Alex Green dari Pexels via http://https

Tahukah kamu? Ketika kamu merasa ragu dengan mimpi kamu, dengan cita-cita kamu,itu menandakan bahwa kamu tidak yakin atas apa yang kamu pilih. Hidup itu terdiri atas pilihan-pilihan dan hal yang mutlak terjadi yaitu setiap pilihan yang kamu ambil mempunyai resiko masing-masing. Ragu-ragu akan menghasilkan sikap yang tidak percaya diri, tidak yakin, dan bahkan akan membuat kamu mengubur semua keinginan atau impian yang akan kamu capai. Cobalah untuk menantang diri sendiri dan taklukan ragumu itu.

Perihal akan ada resiko yang akan dialami, percayalah setiap pilihan pasti akan ada resiko atau konsekuensi. Kalaupun kamu memilih diam dan bertindak apapun itupun ada konsekuensi dan resikonya. Dan keputusan atau pilihan terburuk dalam hidup adalah memilih diam dan tidak melakukan apa-apa. bersungguh-sungguhlah, taklukan ragumu.

Menganggap mimpi hanya sebagai candaan dan gak menentukannya dengan serius hanya akan membuat kamu gak bisa meraih mimpi tersebut. Karena, kamu gak benar-benar percaya bahwa kamu bisa mewujudkannya. Jika kamu saja gak percaya, gimana bisa mimpi itu menjadi nyata? 

2. Kebiasaan Menunda

Foto oleh Kaique Rocha dari Pexels

Foto oleh Kaique Rocha dari Pexels via http://https

Mungkin ini bisa dibilang penyakit dari sejuta umat. Kebiasaan menunda-menunda dampaknya sangat besar. Tidak hanya berdampak pada pekerjaan kita yang tak kunjung selesai, tapi juga bisa membuat pekerjaan kita terbengkalai, hingga membuang-buang waktu, dan pada akhirnya mimpi atau cita-cita kita pun tidak tercapai. 

Seorang pejuang akan sukses jika mampu mendisiplinkan kebiasaan. Artinya setiap usaha yang dilakukan harus selalu konsisten. Bagaimana pun suasana hatimu, tetaplah untuk berjuang. Jika keadaan sedang tidak baik, tetap paksakan saja.

Keterpaksaan yang dilakukan secara berulang akan menjadi sebuah kebiasaan. Kebiasaan tersebut akan membimbingmu untuk menjadi pribadi yang disiplin. Mulailah untuk disiplin terhadap waktu dan ubahlah perlahan kebiasaan menunda yaa. Lakukan hal baik ketika ingin dan saat itu juga jangan ditunda. Satu menit saja menunda hal baik, maka kamu akan menunda hal-hal baik lainnya. 

3. Memiliki terlalu banyak mimpi yang ingin diraih

Foto oleh energepic.com dari Pexels

Foto oleh energepic.com dari Pexels via http://https

Memiliki banyak mimpi itu bagus dan menandakan kamu orang yang visioner dan berpikir kedepan. Tetapi, memiliki terlalu banyak mimpi juga bisa menjadi penyebab mimpimu gagal terwujud.  Karena gak fokus, kamu jadi gak memaksimalkan usaha yang kamu lakukan.

Kalau usaha saja sudah nggak maksimal, tujuan sudah bercabang-cabang, hasilnya kamu mungkin hanya akan setengah-setengah dalam semua mimpi yang kamu punya. Cobalah untuk menentukan satu mimpi terbesar yang ingin kamu wujudkan dan usahakan mimpi tersebut dengan sepenuh hati. Tiap orang bisa punya mimpi, tapi tidak semua orang bisa bangkitkan mimpi. 

4. Rasa Malas

Foto oleh Anthony Shkraba dari Pexels

Foto oleh Anthony Shkraba dari Pexels via http://https

 Memiliki mimpi saja tidak cukup jika rasa malas yang kamu miliki jauh lebih besar dari mimpi kamu. Cobalah untuk introspeksi dan melakukan perenungan, manakah yang jauh lebih besar apakah mimpi atau rasa malasmu? Jika tidak mampu mengalahkan rasa malas maka hanya akan ada penyesalan yang akan kamu tanggung selama hidup. Jadi ayo bangkit dan taklukkan kebiasaanmu untuk bermalas-malasan dan gapai mimpi indahmu.

5. Merasa Sudah Terlambat

Foto oleh Marcus Aurelius dari Pexels

Foto oleh Marcus Aurelius dari Pexels via http://https

Selama kita masih diberi kesempatan untuk hidup, maka tidak ada kata terlambat untuk bermimpi dan itu artinya lembaran hidup kita belum selesai. Jika apa yang kamu lakukan untuk berbuat kebaikan dan  mencari rezeki yang halal, itu bisa dilakukan kapan saja dan umur bukanlah suatu alasan. 

Bahkan, jika Anda tidak bisa memetik langsung hasilnya, maka kerja keras kita akan dinikmati oleh anak cucu serta keturunan kita selanjutnya.

 

6. Kesehatan Sering Terganggu

Foto oleh Anna Shvets dari Pexels

Foto oleh Anna Shvets dari Pexels via http://https

Ketika kesehatan kita sering terganggu atau sakit, pastinya itu akan berpengaruh dan berdampak pada stamina kita. Akibatnya, kita seringkali kurang konsentrasi. Untuk itu kita harus selalu menjaga stamina dan kesehatan kita. Jangan sampai di masa muda kita ini, kita terserang penyakit.

Untuk itu, perlunya kita selalu mengonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang, agar kesehatan kita selalu terjaga.  Gimana kita bisa meraih #MimpiMasaMuda jika menjaga kesehatan diri kita saja belum bisa? Maka dari itu, yuk #SehatSamaSama dengan #HipweexNI 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Seorang pembelajar ulung yang sedang berpetualang mencari makna kehidupan.