Indonesia merupakan negara yang memiliki tingkat keberagaman yang tinggi, mulai dari suku, ras, dan agama. Nah dari perbedaan itu kamu udah menerima belum sih sama kebergaman itu? Atau malah kamu nggak setuju? Berikut ada 5 alasan yang bakal bikin kamu jadi menerima keberagaman.

1. Memiliki Keindahan

Coba deh kamu perhatikan lukisannya, bagus bukan? Sudah pasti alasan pertama yang membuat kamu harus menerima perbedaan yaitu karena perbedaan dapat membuat suatu keindahan jika dipadukan. Apa jadinya jika dalam lukisan hanya terdapat satu warna saja?

Advertisement

Sangat membosankan bukan? Karena itu, kamu harus mulai melihat perbedaan dapat menimbulkan suatu keindahan.

2. Membentuk Harmoni

Selain nyaman dilihat mata, keberagaman juga dapat menimbulkan suatu harmoni, contohnya pada Orchestra musik. Dalam Orchestra alat musik yang dimainkan banyak jenisnya dana memiliki fungsi serta peran masing-masing. Antara alat musik yang satu dengan yang lain menimbulkan suara yang berbeda.

Sama halnya dengan kita hidup, perbedaan yang terdapat di sekitar kita memiliki fungsi dan peran masing-masing sehingga jika dipadukan akan menghasilkan harmoni.

3. Berpadu dan Menyatu

Advertisement

Sama halnya dengan Orchestra, paduan suara juga terdiri dari 4 jenis suara yang menyatu. Keempat suara tersebut memiliki fungsi serta peran masing-masing pula. Jika disatukan maka akan menciptakan suara yang luar biasa. Namun untuk menyatukannya tidak boleh asal-asalan, melainkan harus saling mendengar dan tidak saling mengalahkan.

Sama halnya dengan kehidupan kita, keberagaman yang ada di sekitar kita harus ditata dan harus saling mengerti agar tidak terjadi perpecahan dan tercipta suasana yang damai.

4. Gotong Royong

Gotong royong

Gotong royong via https://www.google.co.id

Tampak suasana gotong royong yang menyenangkan. Meskipun mereka berasal dari berbagai suku yang berbeda serta latar belakang yang berbeda, mereka tetap bersatu dan bersama-sama mengusahakan yang terbaik bagi lingkungannya. Inilah yang harus kita lestarikan dalam masyarakat kita agar tetap aman, sejahtera, dan damai.

5. Toleransi

Duhh manisnya sikap dua anak ini. Meskipun mereka berbeda tetapi mereka bersikap seolah mereka keluarga kandung. Tidak ada beban dan tidak ada yang membatasi mereka untuk berbagi kebahagiaan.

Semestinya kita menyontoh sikap anak-anak ataupun membimbing anak-anak agar memiliki sikap untuk toleransi terhadap perbedaan yang ada dan menyadari bahwa keberagaman tersebut merupakan hal yang indah.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya