Buat sebagian orang, bangun untuk makan sahur adalah hal yang lumayan sulit. Apalagi yang sehabis kerja lembur atau setelah semalaman nonton pertandingan sepak bola, bisa-bisa makan sahur hanya bisa menelan segelas air putih karena terlambat bangun.

Kalau saat sahur saja tidak makan cukup, bagaimana bisa menghadapi puasa yang lamanya 13 jam? Selaw, 5 makanan ini bisa banget kamu olah sekalipun kamu diburu waktu saat sahur. Perut kenyang, gizi makanan tetap terjaga.

1. Saat Nggak Punya Banyak Waktu, Orek Telur Bisa Jadi Santapanmu

telur orak-arik sayuran

telur orak-arik sayuran via http://uprootkitchen.com

Jangan panik kalau kamu baru terbangun dari mimpi menjelang waktu sahur hampir habis, karena memasak orek telur nggak butuh waktu lama, kok. Apalagi bahan yang dibutuhkan tidak terlalu sulit ditemukan di dalam kulkas rumahmu. Begini nih caranya;

Bahan :

Advertisement

2 butir telur

1 buah wortel

½ ons buncis

Advertisement

3 siung bawang merah

2 siung bawang putih

1 sdt Garam

1 sdt merica

Langkah :


  1. Cuci wortel sampai bersih, kupas kulitnya, kemudian potong menjadi seukuran batang korek api

  2. Rebus wortel sampai empuk tapi tidak lunak, dan tiriskan.

  3. Potong buncis memanjang.

  4. Haluskan bawang merah dan bawang putih, kemudian tambahkan garam beserta merica. Setelahnya, tumis sampai harum

  5. Masukkan sayuran ke dalam tumisan.

  6. Pecahkan telur di atas sayuran, aduk hingga telur hancur dan tercampur dengan sayuran.

  7. Orek telur nan bergizi sudah siap jadi menu santap sahurmu!

2. Kreasikan Mi Sebagai Pizza, Karena Caranya Sesederhana Ini

pizza mi penyelamatmu

pizza mi penyelamatmu via https://www.nutriclub.co.id

Pizza mi ini adalah makanan sejuta umat, penolong dalam segala kondisi. Diolah dengan waktu yang terbilang singkat dan nggak perlu banyak perkakas dapur yang dibutuhkan. Yuk, simak cara di bawah ini;

Bahan :

Mi instan rasa soto merk apa saja

2 butir telur

Bakso

Cabai bubuk

Langkah :


  1. Rebus mi instan bersama dengan bakso. Setelah mie matang, tiriskan.

  2. Potong bakso menjadi potongan kecil-kecil

  3. Pecahkan kedua butir telur, campurkan perasa dari mi instan, tambahkan cabe bubuk sesuai selera.

  4. Masukkan bakso dan mi ke dalam telur, kemudian campur sampai merata

  5. Siapkan teflon kemudian beri sedikit minyak.

  6. Setelah minyak panas, tuang adonan mi tadi ke dalam teflon, lalu goreng sampai matang

3. Jangan Sepelekan Roti Sebagai Menu Sahur, Nyatanya Roti Isi Ini Bisa Bikin Kenyang dalam Waktu Singkat

roti isi

roti isi via http://www.pulse.ng

Katanya, orang Indonesia itu nggak kenyang kalau nggak makan nasi. Apalagi kalau saat bulan Ramadan, ya kali sahur pakai roti aja? Mana kenyang…

Eits, tunggu sebentar. Resep roti isi ini bisa kamu coba disaat waktu bangunmu yang mepet-mepet adzan subuh. Jangan takut, roti isi satu ini, kenyangnya doubel kok.

Bahan :

Roti gandum (jikalau kamu punya roti tawar yang biasa juga boleh)

1 butir telur

Daun bawang secukupnya

Margarine

Kornet, sosis atau bakso

Langkah :


  1. Siapkan setangkup roti tawar.

  2. Cuci daun bawang, kemudian potong kecil-kecil.

  3. Panaskan margarine ke dalam teflon / wajan, tunggu sampai meleleh. Jika sudah panas dan margarine meleleh, masukkan telur ke dalamnya, kemudian orak-arik.

  4. Masukkan kornet, sosis atau bakso ke dalam telur dan tidak lupa daun bawang setelahnya. Tambahkan sejumput garam, lalu masak sampai matang dan tercampur seluruhnya.

  5. Letakkan telur di atas salah satu roti, dan tutup dengan roti yang lain. Dan, roti isi telur siap kamu nikmati sebagai makan sahur!

4. Masak Tumis Tempe, Yuk? Si Manis dan Gurih yang anti Buang-buang Waktu

tumis tempe

tumis tempe via http://www.diahdidi.com

Bahan :

Tempe yang dipotong dadu

6 siung bawang putih, dipotong tipis

3 siung bawang merah, dipotong tipis

2 buah cabe merah, dipotong serong

1 ruas lengkuas

1 lembar daun salam

1 sdt garam

½ sdt merica

2 sdm kecap manis

Air

Minyak

Langkah :


  1. Siapkan minyak ke dalam wajah, tunggu sampai panas.

  2. Tumis bawang merah dan bawang putih yang sebelumnya sudah diiris tipis sampai menjadi harum. Bubuhkan cabe, lengkuas, dan daun salam.

  3. Masukkan tempe ke dalam tumisan tadi, tambahkan kecap, garam dan merica. Aduk sampai merata.

  4. Tuang air, kemudian tunggu sampai bumbu-bumbunya meresap.

Mudah bukan memasak tumis tempe untuk makan sahur? Nggak buang banyak waktu juga kok untuk masak tumis yang satu ini. Dan yang pasti, rasanya yang enak bikin sahur kamu jadi lebih bersemangat.

5. Capcay Sayur si Paket Lengkap. Enak, Bergizi Tinggi dan Bisa Dimasak Kilat

capcay sayuran si paket lengkap

capcay sayuran si paket lengkap via https://www.royco.co.id

Bahan :

2 butir telur

200 gram kembang kol

2 tangkai daunbawang

1 ikat sawi sendok

2 buah wortel

5 butir bakso

5 siung bawang putih

Merica bubuk secukupnya

½ sdt teh garam

Langkah :


  1. Kupas wortel, cuci kembang kol, sawi sendok dan daun bawang. Setelahnya kamu bisa potong kecil-kecil atau memanjang sesuai selera.

  2. Haluskan bawang putih. Kemudian siapkan wajan dengan minyak secukupnya, tumis bawang putih sampai harum.

  3. Saat tumisan sudah harum, tuang air secukupnya, kemudian masukkan wortel dan kembang kol. Tunggu sampai wortel juga kembang kol lunak dan air menyusut.

  4. Tambahkan telur, kemudian orak-arik. Masukkan bakso, sawi sendok dan juga daun bawang. Jangan lupa untuk menambahkan garam juga merica ya?

Nah, ini dia resep membuat capcay sayur yang nggak terlalu banyak makan waktu sekaligus bergizi tinggi. Tambah enak kalau dimakan dengan nasi hangat-hangat. Mantap!

Ternyata, sekalipun kamu bangun terlambat saat sahur, kamu masih bisa tetap makan enak, kenyang dan bergizi, bukan? Nggak ada lagi deh bolos puasa hanya karena lemas nggak sempat makan sahur dan sekadar sempat minum air putih.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya