Ramadan rasanya cepat sekali berlalu ya. Tak terasa telah menginjak hari ke dua puluh. Sudah banyak makanan dan takjil kita jelajahi. Dari mulai hunting di pasar dadakan, hingga berkreasi di dapur sendiri bersama keluarga ataupun teman.

Namun, untuk kalian yang terbiasa dengan pola hidup sehat di keseharian, sepertinya hunting makanan di luaran akan lebih mengkhawatirkan. Dengan mengolah makanan sendiri, rasanya apa yang kita masukkan dalam tubuh akan lebih terjamin. Perut kenyang, pikiran riang, ibadah pun jadi tenang.

Selama dua puluh hari ini, saya pun sudah mencoba berbagai macam menu pembuka untuk buka puasa yang segar, sehat, hemat dan tidak ribet. Lebih penting lagi, menu pembuka untuk buka puasa ini tanpa santan dan gula berlebih yang insyaallah akan sangat baik bagi tubuh. Bagian kalian pecinta manis, bolehlah tambahkan madu sebagai pengganti.

Atau alternatif dari saya mengganti gula pasir dengan gula jagung atau gula untuk penderita diabetes yang memiliki kandungan kalori sangat rendah. Toh rasanya juga tetap manis. Penasaran apa saja rekomendasi 5 menu pembuka puasa yang aduhai ini, yuk simak penjelasannya.

1. Jus Super Murah Meriah Dengan Kandungan Vitamin dan Mineral yang Melimpah

Nikmatnya jus tomat yang murah meriah

Nikmatnya jus tomat yang murah meriah via http://www.solusisehatku.com

Nominasi yang pertama datang dari olahan buah tomat yang sangat murah. Di pasar tradisional, harga tomat satu kilo hanya dibandrol sekitar enam ribu hingga delapan ribu saja. Itupun kamu akan mendapatkan tomat sekitar satu kantong plastik sedang. Jangan tanya kalau sudah diolah jadi jus. Banyak! Bisalah untuk sepuluh gelas bahkan lebih.

Berdasarkan artikel yang ditulis oleh ilmupengetahuanumum.com, disebutkan bahwa buah tomat mengandung banyak vitamin, mineral, dan senyawa tumbuhan yang bermanfaat bagi kesahatan seperi likopen, beta-karoten, naringenin dan asam glorogenik.

Advertisement

Kandungan vitamin dan mineral secara detail bisa dicek langsung di website ilmupengetahuanumum.com ya. Dengan kandungan gizi yang begitu kaya, lalu ditambah dengan harga yang sangat murah, rasanya jus tomat ini sayang kalau dilewatkan untuk menyegarkan buka puasamu.

Cara bikinnya gimana nih? Aduh super gampang. Kamu tinggal mencuci bersih tomat yang sudah kamu beli. Kemudian potong-potong sedang saja. Masukkan blender atau juicer. Jika menggunakan blender tambahkan air secukupnya, jangan banyak-banyak. Tak perlu tambah gula, cukup madu atau gula pengganti yang lebih sehat.

Bisa disaring agar mendapatkan tekstur jus yang lebih lembut. Namun kalau lebih suka tekstur jus yang kasar ya langsung hajar tanpa harus disaring terlebih dulu. Sangat mudah bukan? Tak perlu pakai takaran yang merepotkan. Cukup dengan feeling mah juga tetep bakalan jadi kok.

2. Coba Kreasikan Jamu Kunyit Asam Dengan Es. Segernya Masyaallah!

Tradisional tapi rasa juara

Tradisional tapi rasa juara via https://www.solusisehatku.com

Advertisement

Pernahkah terbesit menjadikan jamu sebagai menu pembuka puasa? Ya. Saya adalah salah satunya. Berawal dari banyaknya stok kunyit di dapur, saya iseng bikin jamu kunyit asem. Kamu hanya perlu membeli kunyit dua ribu dan asam jawa dua ribu. Caranya kamu hanya perlu mengupas kunyit, kemudian dicuci lalu diblender.

Setelah lembut dan hancur, masukkan ke dalam wadah besar beserta asam jawa. Sebelumnya, panaskan air setengah panci hingga mendidih. Setelah mendidih matikan kompor kemudian tuang air panas ke jus kunyit dan asam tadi kemudian tunggu hingga agak dingin. Tuangkan ke dalam gelas sembari disaring ya. Boleh ditambah madu atau sedikit gula. Jangan terlalu banyak kunyitnya ya nanti jadi pahit. Oh iya, jangan lupa tambahkan es agar lebih segar.

Menurut artikel yang ditulis di website farmasi UGM, kunyit mengandung kurkumin yang berkhasiat mematikan kuman dan menghilangkan rasa kembung karena dinding empedu dirangsang lebih giat untuk mengeluarkan cairan pemecah lemak. Minyak atsiri pada kunyit juga dapat bermanfaat untuk mengurangi gerakan usus yang kuat sehingga mampu mengobati diare. Selain itu, juga bisa digunakan untuk meredakan batuk dan antikejang. Hebat bukan?

3. Es Kelapa Muda Minuman Favorit Sepanjang Masa. Murah dan Menyegarkan.

Minuman favorit sepanjang jaman

Minuman favorit sepanjang jaman via http://airkelapahijau.blogspot.com

Satu lagi nih, minuman menyejukkan tenggorokan yang populer seantero jagat. Terlebih saat bulan Ramadan macam sekarang ini. Meski banyak yang jual, saya kok lebih senang bikin sendiri ya. Selain pertimbangan higienitas juga lebih fresh kalau bikin sendiri lho. Beneran. Biasanya saya beli satu butir kelapa muda di penjual kelapa grosiran dengan harga delapan ribu hingga sepuluh ribu.

Kemudian minta ke bapaknya untuk dibuka dan dibelah. Air kelapanya dikemas dalam plastik bening kemudian dimasukkan bersama kelapa yang sudah dibelah. Sampai rumah tinggal dikerok bagian dalam kelapanya kemudian campur dengan air kelapa. Tambahkan madu secukupnya. Tidak pun menurut saya tidak masalah. Sebab terkadang ada air kelapa yang agak manis. Jadi tidak perlu tambahan pemanis lagi deh. Rasanya? Jangan tanya deh. Ajib kayak minuman surga. Tsah~

Khasiat kelapa muda? Banyak banget. Menurut mediskus.com, dalam 240 gram kelapa muda terdapat sekitar 46 kalori, 6 gr gula, 2 gr protein, 252 mg sodium, 9 gr karbohidrat, 3 gr serat, dan 0 gr lemak. Nutrisi utama yang memegang peranan penting adalah potasium yakni sebanyak 600 mg sehingga membuat air kelapa muda bisa diandalkan sebagai salah satu minuman elektrolit. Beberapa peneliti bahkan menduga kandungan hormon sitokinin dalam air kelapa muda dapat berfungsi sebagai anti-kanker.

4. Jus Lezat, Kaya Manfaat, Bikin Ibadah Semakin Nikmat

Segarnya Tak Tertandingi

Segarnya Tak Tertandingi via http://www.vemale.com

Selain tomat, buah murah meriah lainnya adalah jambu. Di pasaran, satu kilo buah jambu dipatok dengan harga enam ribu hingga dua belas ribu rupiah tergantung penjual dan musimnya. Satu kilo jambu bisa menghasilkan jus sekitar tiga hingga empat gelas. Cara bikinnya sama seperti jus buah lainnya. Tinggal cuci bersih jambu, tanpa perlu dikupas kulitnya, potong kecil-kecil dan masukkan ke dalam blender dengan ditambahkan air secukupnya. Hidupkan mesin dan tunggu hingga halus. Step selanjutnya adalah yang paling lama dibandingkan step lain yakni menyaring jus.

Menurut saya part ini tidak bisa diskip atau kamu harus merelakan diri minum jus dengan tekstur yang sangat kasar. Beda halnya kalau kamu pakai juicer, cairan jus yang kamu dapatkan sudah pasti lembut tanpa perlu disaring. Namun kekurangannya juicer menghasilkan sisa jambu yang cukup banyak. Sayang kan banyak bagian yang terbuang.

Untuk khasiat jambu, jangan ditanyakan lagi. Banyak sekali. Mulai dari meningkatakan sistem kekebalan tubuh karena kandungan vitamin C yang tinggi, anti kanker, anti tumor dan anti inflamasi, menjaga tekanan darah, mencegah penuaan diri, menjaga kesehatan kulit dan mata, memperbaiki sistem pencernaan dan diklaim baik untuk penderita diabetes. Paket lengkap bukan?

5. Es Jamu Beras Kencur, Minuman Masa Kecil Cocok untuk Nostalgia Saat Berbuka

Ternyata ada versi kemasan praktisnya juga, lho

Ternyata ada versi kemasan praktisnya juga, lho via https://www.omiyago.com

Awal mula tercetus ide untuk membuat menu es jamu beras kencur adalah dari bapak-bapak penjual es beras kencur gerobak di area dekat Maliobro, Yogyakarta. Saat itu kebetulan saya dan teman saya tengah melewati sebuah SD yang didepan gerbangnya nagkring gerobak berisi botol-botol kaca tebal. Rupanya yang dijual jamu beras kencur. Karena penasaran dan cukup dehidrasi akhirnya kami nekat beli. Gila. Ternyata rasanya segar luar biasa.

Sesampainya di rumah, saya memberanikan diri membuat es beras kencur terinspirasi dari resep Youtube. Ternyata caranya cukup gampang. Kamu hanya perlu dua genggam beras cuci bersih kemudian rendam. Siapkan kencur, buang kulitnya, cuci bersih dan potong kecil-kecil. Sangrai beras diatas wajan atau teflon hingga kering dan sedikit kecoklatan.

Rebus air hingga mendidih. Kemudian masukkan semuanya ke dalam blender. Beras yang sudah disangrai, potongan kencur dan rebusan air. Haluskan dan saring. Tuangkan ke dalam gelas dan beri es. Tambah madu juga lebih lezat.

Khasiat beras kencur juga sangat banyak sebab bahannya yang sangat alami. Mulai dari pereda nyeri dan pegal linu sebab kandungan analgesik didalamnya. Lalu juga berfungsi sebagai anti-inflamasi yang membantu mengencerkan lendir saat batuk sehingga lebih mudah dikeluarkan. Selain itu kencur juga mempunyai beberapa senyawa penting yang memberikan efek penyembuhan seperti acrid resin, minyak, kaempferid, galangin, alpinin, dan galangol.

Salah satu efek yang didapat tubuh setelah mengonsumsi kencur adalah menaikkan suhu tubuh, mengurangi gas dalam proses pencernaan, dan meningkatkan sekresi asam lambung dalam saluran pencernaan. Karena itu, sebagian masyarakat yakin khasiat jamu beras kencur adalah meredakan mual karena mabuk perjalanan, menghentikan muntah, dan mengobati diare. Melihat begitu banyak khasiatnya, tidak salah kan untuk memasukkannya ke dalam list menu buka puasa kamu.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya