Drama Korea menyuguhkan aneka ragam cerita, salah satunya adalah drama kolosal yang mengambil latar di era kerajaan abad pertengahan. Lewat drama sejarah atau Sageuk drama, para pemirsa berkesempatan untuk belajar budaya dan sejarah Korea.

Dari hanbok-hanbok cantik yang dikenakan para pemeran, bangunan tradisional, makanan khas, dan adat istiadat yang ditampilkan dalam tiap episode, penonton diajak untuk belajar budaya Negeri Gingseng. Sementara jalan ceritanya kerap kali didasarkan pada kejadian nyata yang kemudian dimodifikasi agar lebih renyah dinikmati membawa penonton untuk turut sedikit belajar sejarah Korea.

Meskipun mengusung cerita 'kuno', namun drama semacam ini pastinya memiliki ruang tersendiri di hati penggemarnya. Berikut ini adalah sejumlah drama kolosal Korea yang seru, dan sayang untuk dilewatkan.

1. Hwarang: The Poet Warrior Youth (2016)

Enam flower boys era Kerajaan Silla.

Enam flower boys era Kerajaan Silla. via https://0.soompi.io

Drama ini menceritakan pembentukan Hwarang (flower boys) pada era Kerajaan Silla dan perjuangan seorang putra mahkota bernama Sam Maek Jeong (Park Hyung Sik) yang harus hidup dengan bersembunyi demi menghindari konflik politik.

Hwarang sendiri merupakan sekumpulan putra bangsawan yang dididik militer, seni budaya, dan politik untuk membantu Sam Maek Jong jika kelak ia menjadi raja.

Advertisement

Selama 20 episode drama, bromance antara para Hwarang yang diperankan oleh Park Seo Joon, Park Hyung Sik, Choi Minho (SHINee), Do Ji Han, Kim Tae Hyung (V BTS), dan Jo Yoon Woo akan mengaduk emosi pemirsa dengan tingkah polah kocak hingga sedih.

Kehidupan sehari-hari para Hwarang ditampilkan apik dalam drama dengan bumbu-bumbu cinta segitiga antara salah seorang personil Hwarang (Park Seo Joon), Sam Maek Jong, dan tabib bernama Ah Ro (Go Ara).

2. Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo (2016)

Hae Soo dan para pangeran Goryeo.

Hae Soo dan para pangeran Goryeo. via http://cdn.playbuzz.com

Moon Lovers adalah drama dengan tema time travel yang lebih banyak menampilkan era jadulnya. Diawali dengan seorang gadis yang menceburkan dirinya ke air, lalu ia tak sadarkan diri. Selama tak sadarkan diri ini, ternyata jiwanya 'terbang' ke era Kerajaan Goryeo dan terjebak di tubuh seorang putri bangsawan bernama Hae Soo (IU).

Advertisement

Mau tak mau, ia harus menjalani hidup di masa itu menjadi saksi perebutan kekuasaan tujuh pangeran Goryeo. Sebenarnya, misi besar Hae Soo adalah untuk membantu Pangeran Keempat, Wang So (Lee Jun Gi) untuk menyamarkan bekas luka mengerikan di wajahnya agar ia tak perlu memakai topeng seumur hidup dan bisa menjadi Raja Goryeo.

Akankah Hae Soo berhasil? Bagaimana cara ia menyamarkan bekas luka itu? Simak ceritanya dalam 20 episode Moon Lovers ya. Oh iya, selain itu, Hae Soo juga terlibat percintaan dengan beberapa pangeran Georyeo, meski pada akhirnya, hati Hae Soo hanya untuk Wang So seorang.

Tak cuma Hwarang yang bertabur oppa-oppa keren, Moon Lovers juga punya tujuh pangeran tampan (Lee Jun Gi, Kang Ha Neul, Jisoo, Nam Joo Hyuk, Baek Hyun (EXO), Hong Jong Hyun, dan Yoon Sun Woo) yang siap menghibur Anda.

Selain itu, lokasi-lokasi yang dipilih untuk syuting drama ini juga sungguh menawan untuk disaksikan. Bersiaplah dengan ending yang tak terduga! :D

3. Love in the Moonlight (2016)

Lee Yeong dan Hong Ra On di sebuah taman bunga.

Lee Yeong dan Hong Ra On di sebuah taman bunga. via https://helloseoulwithabby.files.wordpress.com

Setelah Silla dan Georyeo, mari maju selangkah lagi ke era Joseon. Kali ini Seja (putra mahkota) Lee Yeong yang diperankan oleh Park Bo Gum jatuh cinta pada seorang kasim bernama Hong Sam Nom a.k.a Hong Ra On.

Ternyata, Hong Ra On (Kim Yoo Jung) adalah seorang wanita yang menyamarkan identitasnya dengan menjadi pria karena ia sesungguhnya adalah putri bangsawan yang dituduh mengkhianati raja terdahulu.

Akankah Lee Yeong berhasil mendapatkan permaisurinya jika wanita yang dicintai ternyata adalah putri pengkhianat Joseon dan telah memalsukan identitas?

4. Ruler: Master of The Mask (2016)

Tokoh-tokoh dalam drama Ruler: Master of The Mask.

Tokoh-tokoh dalam drama Ruler: Master of The Mask. via https://www.zetizen.com

Drama ini mengisahkan konflik seorang raja dan putra mahkota, Lee Sun (Yoo Seung Ho) dengan organisasi bernama Pyunsoo-hwe. Raja tidak bisa berkuasa penuh karena ada Pyunsoo-hwe yang bertindak sebagai informal leader di Joseon dan turut mengendalikan pejabat serta pemerintahan dengan membuat mereka kecanduan pada suatu obat yang hanya dimiliki organisasi ini.

Ruler: Master of The Mask juga menampilkan putra mahkota yang harus bersembunyi dan memakai topeng lagi-lagi untuk menghindari konflik politik. Setelah menjadi raja, ia bahkan dibunuh dan Pyunso-hwe memakaikan topeng kepada seorang rakyat jelata (Kim Myung Soo/L INFINITE) yang dipaksa menjadi raja boneka.

Ternyata, Raja Lee Sun yang asli belum benar-benar mati dan dengan mengendalikan organisasi dagang, ia pelan-pelan menghimpun kekuasaan untuk kembali ke posisinya.

Selain itu, Han Ga Eun (Kim So Hyun) kekasih hati sang raja dan Hwa Gun (Yoon So Hee) sebagai pengagumnya raja juga memiliki andil besar dalam usaha Lee Sun kembali ke istana dan mengalahkan Pyunsoo-hwe.

Pertarungan politik diimbangi kisah percintaan para tokohnya tidak akan membuat Anda bosan mengikuti drama ini. Apalagi dengan adanya chemistry Kim So Hyun dan Yoo Seung Hoo yang dikenal sebagai shy-shy couple.

5. Six Flying Dragons (2016)

Enam 'naga' perintis berdirinya Kerajaan Joseon.

Enam 'naga' perintis berdirinya Kerajaan Joseon. via http://www.dbsknights.net

Six Flying Dragons merupakan drama panjang dengan 50 episode yang agak 'berat' dan syarat akan sejarah kuat. Ditulis oleh Kim Young Hyun dan Park Sang Yeon berdasar sejarah tentang perjuangan sarjana Syungkyunkwan bernama Sambong (Kim Myung Min) dan keluarga Jenderal Lee Seong Gye di era Georyeo dalam mendirikan negara baru, yaitu Joseon.

Peran putra kelima sang jenderal, Lee Bang Won (Yoo Ah In) dalam membantu Sambong membangun Joseon begitu besar, namun dalam beberapa hal Lee Bang Won tidak sepakat dengan Sambong dan berbalik melawan rekannya.

Perubahan sifat Lee Bang Won sejak kecil hingga dewasa akan menarik diikuti. Selain itu, Six Flying Dragon juga menyajikan adegan martial arts yang super kece antara para tokoh pendekar pedang fiktif Moo Hyul (Yoon Gyun Sang) dan Lee Bang Ji (Byun Yo Han).

Menurut saya, drama ini menyajikan roman antara Lee Bang Won dan Boon Yi (Shin Se Kyung) seperlunya dan tidak berlebihan sehingga lebih fokus ke kisah sejarahnya. Menarik dan membuka wawasan. Sangat cocok bagi Anda yang kurang suka dengan adegan 'menye' yang berlebihan, hahaha.

6. The Moon That Embraces The Sun (2012)

Kisah cinta zaman Joseon yang sukses bikin baper pemirsanya.

Kisah cinta zaman Joseon yang sukses bikin baper pemirsanya. via https://dramahaven.com

Siapa yang tak kenal dengan drama yang berhasil meraih rating sangat tinggi pada zaman penayangannya ini? Chemistry antara Kim Soo Hyun dan Han Ga In begitu kuat tergambar dalam tiap episode. The Moon that Embraces The Sun menceritakan tentang Raja Joseon (Kim Soo Hyun) yang kehilangan cinta pertama, Yeon Woo (Han Ga In) karena ulah ibu suri yang ingin memperkuat kekuasaan.

Sang raja harus menikahi wanita yang masih kerabat ibu suri dan mengira kekasih hatinya sudah meninggal. Ternyata, Yeon Woo masih hidup dan dirawat oleh seorang cenayang. Sekian tahun lalu berlalu, takdir mempertemukan keduanya sebagai cenayang yang lupa akan kehidupan masa lalu dan raja yang ragu apakah cenayang itu Yeon Woo atau bukan.

Raja pun jatuh cinta untuk kedua kalinya…pada orang yang sama. Konflik terjadi ketika kakak sang raja, Pangeran Yam Myung (Jung Il Woo) ternyata juga mencintai Yeon Woo.

Drama dengan kisah cinta yang menyayat hati ini semakin lengkap dengan soundtrack-soundtrack bagus yang mendukung, bahkan hingga ke backsound adegan yang sangat khas dijamin bakal membekas dalam benak pemirsanya.

7. The Great Queen Seondeok (2009)

Lee Yo Woon memerankan karakter Ratu Seondeok dengan sangat apik.

Lee Yo Woon memerankan karakter Ratu Seondeok dengan sangat apik. via https://july1994.files.wordpress.com

Tak lengkap rasanya, jika membahas Sageuk drama tanpa menyebutkan The Great Queen Seondeok, sebuah drama yang super lawas tapi sungguh worth-it untuk ditonton. Jika mayoritas drama kolosal menampilkan raja sebagai pemimpin negerinya, kali ini wanita-lah yang diceritakan sebagai ratu pemimpin Kerajaan Silla.

Setelah hidup terasing di gurun selama sepuluh tahun, seorang putri raja bernama Deokman (Nam Ji Hyun) kembali ke Silla untuk mencari seseorang.

Di tengah pencarian itu, ia mengenal Putri Cheonmyong dan Hwarang Kim Yu Shin (Uhm Tae Wong), mereka kemudian diceritakan terlibat konflik dengan Mishil (Go Hyun Jung ), selir raja-raja Silla. Perlahan-lahan, Deokman mengetahui jati dirinya bahwa ternyata ia adalah seorang putri raja.

Ketika pada suatu hari Putri Cheonmyeong mati di tangan anak buah Mishil, Deokman bertekad untuk menjadi pemimpin Silla. Dibantu Kim Yu Shin, Bidam (Kim Nam Gil), dan keponakan bernama Kim Chun Chu (Yoo Seung Hoo) ia berhasil mengalahkan Mishil dan menjadi Ratu Seondeok (Lee Yoo Woon) yang memimpin Silla dengan adil.

Tak hanya berhenti ketika Deokman berhasil naik tahta, drama ini berlanjut mengisahkan masa pemerintahan sang ratu yang banyak mengalami ancaman dengan negara tetangga. Kisah cinta Ratu Seondeok dengan Bidam juga diceritakan kemudian.

Sebagai mega hits drama yang ditulis oleh penulis yang sama dengan drama Six Flying Dragons, The Great Queen Seondeok memberikan alur cerita yang sangat berkualitas. Meski drama ini memiliki 62 episode, namun setiap episodenya dijamin akan membuat Anda penasaran sekaligus betah.

Akting para pemerannya juga sangat bagus, apalagi Mishil, tokoh antagonis yang mungkin saja adalah yang terbaik sepanjang masa.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya