Inilah 7 Drama Korea dengan Budget Termahal yang Tercatat Hingga 2019, Ada Favoritmu?

7 drama korea dengan budget termahal hingga 2019

Sebagai penggemar K-Drama, kira-kira genre apa yang paling kamu suka dari drama-drama Korea yang pernah kamu tonton? Apakah drama romantis, misteri, action, saeguk, atau fantasi? Apa pun itu, tampaknya kamu wajib tahu informasi seputar K-Drama yang kami uraikan di bawah ini, deh!

Berikut ini kami telah merangkum informasi tentang beberapa drama dari sejumlah genre yang diklaim menghabiskan biaya produksi termahal yang tercatat hingga tahun 2019. Daripada penasaran, mending langsung saja simak penjabarannya, yuk!

1. Arthdal Chronicles

Arthdal Chronicles

Arthdal Chronicles via https://blog.naver.com

Advertisement

Drama termahal yang pertama adalah “Arthdal Chronicles”, yang dibintangi Jang Dong Gun, Song Joong Ki, Kim Ji Won, dan Kim Ok Bin. “Arthdal” merupakan drama pertama di Korea Selatan yang mengusung genre high fantasy.

Ceritanya mengambil setting jauh sebelum era kerajaan Goryeo, di mana penduduknya masih tinggal dan hidup berdasarkan klan-klan tertentu. Secara umum, drama ini memiliki kemiripan dengan “Game of Thrones”.

Mengutip dari Allkpop, drama “Arthdal Chronicles” kabarnya menghabiskan biaya produksi senilai 54 miliar Won. Biaya tersebut mencakup proses syuting yang dilakukan tidak hanya di Korea, tetapi juga mengambil lokasi di Brunei.

Advertisement

Selain itu, teknologi CGI yang digunakan selama proses produksi juga tentunya menelan banyak biaya. Per episodenya, drama ini diperkirakan menghabiskan dana sebesar 3 miliar Won.

“Arthdal Chronicles” sendiri mulai ditayangkan pada 1 Juni 2019. Drama ini terbagi menjadi 18 episode yang tayang 3 part. Setelah part 1 dan 2 yang meliputi episode 1-12, part ke-3 drama ini direncanakan tayang pada 7 September 2019.

2. Mr. Sunshine

Drama Mr. Sunshine

Drama Mr. Sunshine via https://www.kepogaul.com

Di peringkat kedua ada drama berjudul “Mr. Sunshine” yang dibintangi oleh Lee Byung Hun dan Kim Tae Ri. Drama ini mengisahkan tentang seorang tentara asal Joseon yang menjadi utusan Amerika bernama Choi Yoo Jin (diperankan Lee Byung Hun). Ia kembali ke Joseon dan bertemu dengan Go Ae Shin (Kim Tae Ri) yang merupakan seorang pejuang.

Sudah nonton belum? Kalau belum, mending cepetan nonton. Kamu harus membuktikan sendiri betapa kerennya drama ini hingga biaya produksinya mencapai angka 30 miliar Won atau sekitar 1,5 miliar Won per episodenya.

Selain proses produksi yang mengambil lokasi syuting di berbagai daerah di Korsel, drama ini juga memiliki sejumlah keistimewaan lain, lho! Sejak mulai tayang pada 7 Juli hingga 30 September 2018, drama ini tidak menunjukkan adanya kiss scene.

Padahal, ada kisah cinta antara Yoo Jin dan Ae Shin yang bakal membuatmu baper. Bukan itu saja, “Mr. Sunshine” bisa dibilang merupakan drama Korea pertama yang menggunakan 4 bahasa, yakni Korea, Jepang, Inggris, dan Rusia. Keren, kan?

3. Vagabond

Vagabond Forum

Vagabond Forum via https://blog.naver.com

Selanjutnya ada drama “Vagabond” yang memasangkan kembali Lee Seung Gi dan Suzy sebagai pemeran utama. Drama bergenre action ini belum menetapkan jadwal tayang, tetapi rencananya akan dimulai September 2019.

“Vagabond” mengisahkan tentang seorang stunt man bernama Cha Dal Gun (Lee Seung Gi) yang berjuang membongkar konspirasi sebuah kecelakaan pesawat. Ia kemudian dipertemukan dengan Go Hae Ri (Suzy) yang merupakan seorang agen NIS (National Criminal Investigation).

Drama ini telah menyelesaikan proses syuting di bulan Mei 2019. Biaya produksinya terbilang mahal, yakni senilai kurang lebih 25 miliar Won. Rencananya, drama ini bakal tayang di SBS dan Netflix. Jangan sampai ketinggalan, ya!

4. Criminal Minds

Criminal Minds

Criminal Minds via https://www.soompi.com

Drama “Criminal Minds” merupakan remake dari serial Amerika berjudul sama yang tayang tahun 2005 silam. Versi K-Dramanya dibintangi oleh Lee Joon Gi, Son Hyun Joo, dan Moon Chae Won. Ceritanya sebenarnya sederhana, yaitu mengenai perwira polisi yang harus menyelesaikan berbagai kasus criminal.

Hanya saja, drama ini menyuguhkan adegan laga yang super keren dan menegangkan. Kamu bahkan bakal belajar psikologi dan motif para tersangka pembunuhan dan lain-lain melalui drama ini.

Sementara itu, “Criminal Minds” tayang di tvN pada 26 Juli hingga 28 September 2017. Drama ini menghabiskan biaya produksi senilai 20 miliar Won atau sekitar 1 miliar Won per episodenya.

5. Iris 2

Drama berikutnya yang menelan biaya produksi cukup besar adalah “Iris 2”. Drama yang merupakan kelanjutan dari “Iris” (2009) ini tayang pada 2013 lalu. Dibintangi oleh Jang Hyuk, Lee Da Hae, dan Lee Beom Soo, drama ini tercatat menghabiskan dana sebesar 20 miliar Won untuk biaya produksinya.

Cerita dalam drama ini mengambil setting 3 tahun setelah kematian agen Kim Hyeon Jun (diperankan Lee Byung Hun) di “Iris” pertama. Untuk sekuelnya, drama ini tidak hanya menggandeng aktor kenamaan seperti Jang Hyuk sebagai pemeran utama, tetapi juga menggandeng sederet idol populer Yoon Doo Joon dan Lee Joon menjadi aktor pendukung.

Dan asal kamu tahu, “Iris 2” semoat syuting di Budapest, Hungaria, hingga kawasan Angkor Wat di Kamboja, lho. Pantesan biaya produksinya mahal, ya?

6. Saimdang, Light’s Diary

Saimdang, Light’s Diary

Saimdang, Light’s Diary via http://www.gomtv.com

Drama berikutnya yang menghabiskan biaya produksi hingga miliaran Won adalah “Saimdang, Light’s Diary” (2017). Drama yang mengisahkan tentang seorang seniman yang hidup di Dinasti Josoen ini dibintangi oleh Lee Young Ae dan Song Seung Heon.

Yang menarik dari drama “Saimdang” adalah setting masa kini dan masa lampau. Kisahnya tentang seorang guru sejarah seni yang menemukan buku harian seorang seniman yang akhirnya membuatnya harus mengungkap misteri di balik lukisan Shin Saimdang dari Joseon.

Cerita time-slip yang diusung drama ini sempat menarik perhatian publik. Pasalnya, “Saimdang” menjadi drama comeback Lee Young Ae yang dulunya dikenal berkat aktingnya sebagai Jang Geum.

Dan karena memuat kisah yang menggabungkan era modern dan zaman Joseon, drama ini tercatat masuk dalam daftar drama termahal dengan biaya produksi senilai 20 miliar Won.

7. Are You Human Too?

Drama Are You Human Too?

Drama Are You Human Too? via https://www.kepogaul.com

Nah, kalau drama berjudul “Are You Human Too?” mungkin adalah salah satu yang jadi favoritmu, nih! Bagaimana tidak, drama ini dibintangi oleh aktor tampan Seo Kang Joon dan aktris cantik Gong Seung Yeon, yang memiliki chemistry luar biasa.

“Are You Human Too?” mengangkat kisah mengenai seorang pewaris perusahaan bernama Nam Shin yang keberadaannya digantikan oleh robot Nam Shin III. Nam Shin III yang cenderung berperilaku lebih baik ketimbang Nam Shin (manusia) akhirnya membuat Kang Sobong (Seung Yeon) jatuh cinta.

Adanya karakter robot di drama ini membuat tim produksi menghabiskan banyak dana untuk CGI dan efek khusus lainnya. Bukan itu saja, biaya juga dihabiskan di Republik Ceko yang menjadi salah satu lokasi untuk syuting.

Alhasil, keseluruhan proses produksi “Are You Human Too?” tercatat telah menghabiskan biaya sebesar kurang lebih 10 miliar Won.

Itulah tadi daftar drama yang menghabiskan biaya produksi paling mahal hingga tahun 2019. Drama mana yang belum kamu tonton?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Terlalu banyak hal dan begitu banyak kisah untuk disimpan sendiri. Menulis adalah cara lain dari mengabadikan pengalaman sehingga dapat bermanfaat bagi orang lain.

CLOSE