Inilah 8 Tipe Mahasiswa Saat UTS, Nomor 6 Bikin Geleng-geleng!

Setelah menjadi mahasiswa tentunya akan memiliki kehidupan yang berbeda jika dibandingkan dengan masa-masa sekolah. Beberapa minggu ini mahasiswa telah melakukan Ujian Tengah Semester (UTS) dan ini menjadi pengalaman pertama saya sebagai mahasiswa baru. UTS maupun UAS di perguruan tinggi memiliki bobot yang berbeda jika dibandingkan ujian sewaktu sekolah. Ditambah dengan pengalaman pembelajaran beberapa tahun belakangan dilakukan secara online karena pandemi.

Di perguruan tinggi pastinya pertemanan menjadi lebih luas dan mahasiswanya sangat beragam. Maka dari itu setiap mahasiswa tentunya memiliki karakter yang berbeda satu sama lain, sehingga didapat beberapa tipe-tipe unik mahasiswa saat ujian. Kalian penasaran nggak? Yuk, simak tipe-tipe mahasiswa ketika menghadapi Ujian Tengah Semester berikut ini.

Advertisement

1. Anak Ambis

siswa-siswa wanita

siswa-siswa wanita via https://pixabay.com

Tipe ini didominasi oleh mahasiswa-mahasiswa pintar dimana ia sangat mengejar IPK yang tinggi. Mahasiswa ambis yaitu sebutan bagi mahasiswa yang cara belajarnya lebih menonjol dibandingkan mahasiswa lainnya. Nah, saat UTS mahasiswa ambis ini pastinya sudah persiapan belajar dengan sangat baik sehingga saat ujian berlangsung mereka dapat mengerjakan ujian dengan lancar. Bahkan, ada mahasiswa yang sudah memulai persiapan ujian sejak pertama kali kelas dimulai.

2. SKS (Sistem Kebut Semalam)

Anak laki-laki

Anak laki-laki via https://pixabay.com

Pada tipe ini mahasiswa lebih suka belajar satu hari sebelum ujian berlangsung. Rasa malas merupakan hal yang sulit dihilangkan bagi kebanyakan orang. Mahasiswa yang suka menunda-nunda belajar karena fokus terhadap sosial media, rebahan yang berlebih, ataupun memiliki kesibukan yang lain akan memilih metode belajar Sistem Kebut Semalam atau SKS. Apakah kamu termasuk dalam tipe ini?

Advertisement

Tapi nggak hanya itu, lho! metode ini juga dipilih beberapa mahasiswa dengan alasan, mereka akan lebih faham dan mudah mengingat materi jika belajar satu hari sebelum ujian. Mahasiswa yang belajar dengan metode SKS saat menghadapi ujian ada yang lancar dalam mengerjakan soal ada juga yang panik karena waktu belajar hanya semalam.

3. Mendadak Ansos (Anti Sosial)

Jika mendekati ujian, tipe ini biasanya lebih suka menyendiri dibandingkan bergaul dengan teman-teman yang lain. Mereka menjadi jarang membuka sosial media dan juga suka membuat alasan jika ingin dipinjami buku catatan. Ditambah alibi saat mau ujian ngakunya belum belajar, tapi ngerjain ujian lancar jaya.

Apalagi saat ujian berlangsung, tipe ini tiba-tiba akan menjadi tuli jika dipanggil teman-temannya. Sebenarnya tipe ini memiliki tujuan ingin ujian dengan usahanya sendiri tanpa melakukan kecurangan.

Advertisement

4. Nge-Blank

Bingung

Bingung via https://pixabay.com

Hayoo, siapa yang saat ngerjain soal UTS nge-blank? Saat dihadapkan dengan sesuatu yang dirasa menakutkan, maka secara otomatis otan akan merasa tegang sehingga pikiran kita menjadi nge-blank. Padahal, sebelumnya sudah belajar dan membuat ilustrasi tentang jawaban dari soal-soal yang mungkin akan keluar.

Nge-blank bisa terjadi kapan saja lho, dan mungkin banget dialami siapa pun. Bisa saja saat mengerjakan soal ujian tiba-tiba nge-blank. Jika hal itu terjadi pastinya sayang banget kan sudah belajar siang malam, eh tiba-tiba nge-blank.

5. Panikan

Panik saat mengerjakan soal ujian disebabkan beberapa hal, seperti kurang persiapan belajar, takut atau pernah gagal, dan juga adanya tekanan dari luar diri.  Mahasiswa yang panik saat ujiaan biasanya tidak bisa tenang dan lebih sering nengok kanan kiri. Panik ditengah-tengah ujian malah menjadi penyebab otak nge-blank sehingga otak tidak bisa untuk berfikir untuk menemukan jawaban.

6. Nyontek

Photo by Yan Krukov

Photo by Yan Krukov via https://www.pexels.com

Zaman sekarang mencontek adalah hal biasa yang ditemukan saat ujian. Mahasiswa yang mencontek  biasanya dikarenakan lupa atau malas belajar. Mahasiswa yang mencontek dapat dilihat dari beberapa hal, yaitu terlihat sibuk sendiri, gelisah, suka lihat kanan kiri, dan tidak tenang.

Cara mencontek saat ujian pun sangat beragam, diantaranya seperti membawa catatan dikertas kecil, saling memberi kode antar teman sesama mencontek, dan lain sebagainya. Namun, orang yang suka mencontek akan apes ketika menemui pengawas yang killer, maka saat hal itu terjadi yang bisa dilakukan hanyalah pasrah.

7. Pasrah

Photo by Andrea Piacquadio

Photo by Andrea Piacquadio via https://www.pexels.com

Tipe ini biasanya dilakukan mahasiswa yang memiliki cara berfikir jika bisa maka kerjakan, tapi jika tidak bisa ya sudah. Mahasiswa di tipe ini juga banyak ditemukan, dimana lebih memilih mengerjakan semampunya dibandingkan harus mencontek.

8. Si Bodo Amat

Photo by Andrea Piacquadio

Photo by Andrea Piacquadio via https://www.pexels.com

Mahasiswa tipe ini memiliki anggapan bahwa hidup hanya sekali, sehingga tidak mau membuat tekanan dalam hidupnya. Maka dari itu, ia tidak terlalu serius dengan kuliahnya dan menjalani kuliah hanya haha hihi. Apalagi saat ujian mahasiswa tipe ini akan menerapkan sistem datang, kerjakan, lupakan.

 

Setelah membaca tipe-tipe diatas, kalian termasuk dalam tipe yang mana nih? Terlepas dari tipe-tipe mahasiswa tersebut, sejatinya mahasiswa hanyalah manusia biasa. Selamat telah melewati UTS-nya, yah! Dan semoga mendapat hasil yang memuaskan.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE