<>1. Bermula dari dunia, tempatmu berburu pahala

Berawal dari dalam kandungan bunda, kamu dilahirkan lalu hidup bahagia. Pahala menjadi tujuan dari setiap kebaikan yang kamu lakukan. Kamu sadar bahwa dunia hanyalah tempat singgah sementara.

Tak ada satu pun hal yang luput dari pandangan-Nya, kebaikan atau keburukan yang kamu lakukan ada dalam catatan yang kelak dimintai pertanggung jawabannya

<>2. Kematian menuju alam baka sebagai hunian terakhir setelah dunia
Kematian & alam kubur

Kematian & alam kubur via http://merdeka.com

Kematian dan alam kubur menjadi hunian kamu setelah berjuang di dunia. Tujuh langkah terakhir orang yang menghantarkanmu menjadi pertanda malaikat akan bertanya, mulutmu tak lagi dapat bicara, ragamu yang perkasa didunia hanya dapat terbaring tak berdaya. Hanya amalan baiklah yang dapat membantu kita dari siksaan kubur yang sakitnya luar biasa

<>3. Tiupan sangkakala dan kehancuran alam semesta menjadi pertanda bahwa tak ada lagi kata dunia
Kiamat telah datang

Kiamat telah datang via http://islamku.xyz

Tiupan sangkakala menjadi pertanda kehancuran alam semesta. Kehidupan dunia telah berakhir, semua manusia akan kembali kepada Sang Pemilik bumi. Lagi-lagi hanya amalan yang akan menemani, tak ada satupun mahluk bumi yang dapat bersembunyi.

<>4. Hari di mana manusia dibangkitkan kembali setelah kematian

Inilah hari dimana manusia dibangkitkan kembali dari alam kubur. Hari itu seluruh manusia yang diciptakan Tuhan akan mempertanggungjawabkan segala amal perbuatan. Tak ada satu pun amalan yang luput dari pandangan dan catatan Tuhan.

<>5. Manusia dikumpulan untuk perhitungan setiap amalan perbuatan

Padang masyar menjadi tempat manusia dikumpulkan setelah dibangkitkan untuk menunggu waktu perhitungan dan pengadilan setiap amal perbuatan. Disinilah manusia akan menyaksikan setiap perbuatan selama hidup didunia tanpa ada yang dilewatkan.

<>6. Pertolongan yang diperoleh umat manusia yang beriman dari setiap amalan baik yang dilakukan

Pertolongan tersebut berasal dari amal perbuatan yang baik ketika di dunia. Bagi orang beriman dan beramal saleh kelak pada hari Kiamat akan mendapat syafaat berupa kemudahan dan keringanan dari berbagai kesulitan yang dihadapi.

<>7. Hari perhitungan amal perbuatan manusia selama hidup di dunia
Yaumul hisab

Yaumul hisab via http://embunhati.com

Disinilah amalan baik dan buruk manusia diperhitungkan, manusia menunggu dengan penuh harapan, berharap setiap amalan perbuatan dapat diterima oleh Tuhan.

<>8. Hari dimana manusia diberikan hasil atas catatan amalan kehidupan
Penyerahan catatan amalan

Penyerahan catatan amalan via http://mykompas.com

Salah satu peristiwa besar yang akan terjadi pada masa upacara hisab ialah penyerahan buku catatan amalan manusia di dunia. Allah SWT menjelaskan proses penyerahan catatan amalan.

Penyerahan setiap buku amalan berbeda - beda sesuai dengan amal perbuatan manusia selama di dunia. Sebagian manusia diberikan bukunya dari sebelah kanan dan sebagian yang lain diberikan dari sebelah kiri. Perbedaan ini melambangkan perbedaan nasib mereka pada tahap berikutnya.

<>9. Penimbangan amal perbuatan manusia setelah diperhitungkan
Yaumul mizan

Yaumul mizan via http://wordpress.com

Setelah semua amalan diperhitungkan maka hari penimbangan tiba waktunya. Manusia akan tersenyum ketika amalan baiknya lebih berat dari amalan buruknya, sebaliknya amalan buruk yang lebih besar akan membuat manusia menangis dan memohon ampunan berharap Tuhan memberikan kesempatan untuk bertaubat.

<>10. Telaga kemuliaan milik Rasulullah pada hari kiamat
Telaga kemuliaan

Telaga kemuliaan via http://pagiiharii.blogspot.com

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah ketika menjelaskan perkara-perkara yang wajib diimani pada hari kiamat, beliau berkata "Pada hari kiamat (ada) telaga Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang akan didatangi (oleh umat beliau)…barangsiapa yang meminum (air) telaga tersebut maka dia tidak akan merasakan haus lagi selamanya".

<>11. Jalur atau jalan penentu nasib manusia
Jembatan shirotol mustaqim

Jembatan shirotol mustaqim via http://blogspot.com

Selanjutnya manusia akan diberangkatkan ke jembatan shirotol mustaqim untuk disortir mana yang masuk surga dan mana yang masuk neraka sesuai dengan amalan perbuatan selama di dunia.

<>12. Akhir dari perjalanan panjang antara surga atau neraka
Surga atau neraka

Surga atau neraka via http://masjirayabintarojaya.co.id

Inilah akhir dari perjalanan hidup manusia, dari segala perjuangan selama didunia apakah akan membawanya ke surga atau neraka. Surga Allah punya nikmat tiada tara dan neraka menjadi hunian para manusia yang enggan bersujud pada-Nya selama didunia.

Semoga kita semua senantiasa menjadi golongan para penghuni Surga. AMIN ...

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya