Sepertinya baru kemarin kita rame-rame nyalain kembang api menyambut tahun baru 2018, eh ini udah masuk pertengahan tahun aja. Artinya tahun ajaran lama juga akan segera berakhir dan berganti ke tahun ajaran baru 2018-2019. Pertengahan tahun artinya musim liburan buat pelajar Indonesia. Apalagi untuk kamu-kamu yang belum disibukkan mengurus persiapan masuk perguruan tinggi. Selang waktu liburan yang cukup lama, kamu pasti bingung mau ngapain aja, secara bokek juga karena gak dapet uang saku, ya kan? Hahaha…

Nah, berikut ada beberapa inspirasi aktivitas yang bisa kamu lakukan bareng squad kamu. Jangan khawatir, rangkaian aktivitas ini gak butuh keluar banyak duit. Kita sebagai sesama milenial sama-sama tahu lah ya, kita lebih banyak bokek daripada kayanya. Hahaha.

1. Main ke Taman

taman bermain bisa jadi pilihan tempat hangout ramah kantong

taman bermain bisa jadi pilihan tempat hangout ramah kantong via https://www.pinterest.de

Bersyukurlah kalau kamu tinggal di komplek perumahan yang ada tamannya, atau tinggal daerah yang banyak mempunyai ruang terbuka hijau. Taman macam ini bisa jadi ajang kumpul kamu dan kawan-kawan. Banyak yang bisa kamu lakukan di taman, misalnya main kartu, bawa bekal dari rumah dan piknik, atau nyobain permainan masa kecil yang udah lama gak kamu mainin, Gobak Sodor misalnya. Sebagai alternatif kalau di dekat tempat tinggal kamu gak ada taman, kamu bisa main ke lapangan bola.

2. Hunting Sunset

Sunset di Olympiapark

Sunset di Olympiapark via https://www.pinterest.de

Advertisement

Aktivitas lain yang bisa kamu lakukan bareng wan kawan adalah hunting sunset. Apalagi kalo kamu dan gank pada hobi fotografi, berburu matahari terbenam bisa jadi ajang kumpul, menyalurkan hobi, sekaligus mengasah kemampuan fotografi. Mantavv gak tuh!

3. Piknik ala-ala

Nikmati serunya nyiapin bekal piknik sendiri

Nikmati serunya nyiapin bekal piknik sendiri via https://www.pinterest.de

Maksudnya piknik yang beneran macam di film-film gitu, kamu bisa bawa keranjang piknik berisi makanan dan makan siang rame-rame bareng kawan. Aktivitas satu ini sepertinya kurang populer di kalangan anak muda Indonesia, entah kenapa. Padahal seru loh, kamu bisa masak-masak sendiri dan nikmatin hasil masakan kamu rame-rame. Kalo gak mau ribet kamu bisa cukup bawa sandwich atau salad. Atau kalo mau yang lebih seru dan anti-mainstream, kamu bisa barbeque-an tuh.

4. Main Board Game aka Permainan Papan

Scrabble, salah satu permainan papan untuk menguji perbendaharaan kata kamu.

Scrabble, salah satu permainan papan untuk menguji perbendaharaan kata kamu. via https://www.pinterest.de

Sudah jadi rahasia publik kalo permainan papan semacam monopoli merupakan salah satu pemecah belah hubungan pertemanan, hahaha. Nah, untuk mengisi liburan biar gak jenuh, kamu bisa ajak sohib-sohib kamu buat main permainan ini. Gak cuma Monopoli, kamu juga bisa coba permainan lain seperti Halma, bahkan Ular Tangga. Biar gak bosen, kamu bisa gabungkan dengan permainan lain, Truth or Dare misalnya, atau kamu bisa berkreasi dengan hukuman bagi yang kalah, contohnya yang kalah harus senam pagi selama 7 hari berturut-turut, wkwkwkwk. Mau lebih seru lagi? Kamu bisa cek Pinterest dan bikin board game versi kamu sendiri! Asal jangan pake papan Ouija yak, serem euy!

5. Main Kartu, Siapa Takut?!

Poker, salah satu jenis permainan kartu populer

Poker, salah satu jenis permainan kartu populer via https://www.pinterest.de

Advertisement

Selain permainan papan, jenis permainan yang juga rawan memecah belah pertemanan adalah permainan kartu. Peringkat teratas masih diduduki UNO, yang sampai detik ini masih menjadi jenis permainan terampuh dalam hal merusak indahnya persahabatan, hahaha. Sama seperti di permainan papan, di sini kamu juga bisa berkreasi dengan hukuman. Misalnya, di akhir permainan kartu Remi, pemegang kartu Hati harus push-up sebanyak angka yang tertera, mayan kan sekalian biar sehat, hahaha.

6. Road Rally pake Sepeda

Have fun sekalian biar sehat

Have fun sekalian biar sehat via https://www.pinterest.de

Di jaman orang-orang gak bisa lepas dari HP seperti sekarang ini, ada baiknya kamu sesekali nyobain aktivitas yang gak mengharuskan kamu berkutat dengan HP. Apalagi pas liburan, biar gak makin stress liatin foto mantan yang jalan bareng gebetannya di TL medsos. Makanya kamu bisa nyobain aktivitas satu ini.

Ajak kawan-kawan kamu main kejar-kejaran ala mafia di film-film Hollywood. Biar gak bahaya-bahaya amat, pake sepeda aja. Kamu bisa bagi teman-temanmu ke dalam 2 tim, kemudian bagi lagi ke dalam sub-tim, misalnya per dua orang. Biar makin seru beri tiap sub-tim ''tugas tambahan'' buat nambah poin. Misalnya, harus bantuin orang nyebrang jalan, bantuin buang sampah, dll. Tiap tugas yang telah diselesaikan bisa diberi poin. Poin yang diperoleh tiap sub-tim bisa kamu jumlahkan dan tim dengan jumlah tertinggi adalah pemenang.

7. Coba Scavenger Hunt

Kamu bisa bikin ide yang super unik

Kamu bisa bikin ide yang super unik via https://www.pinterest.de

Mirip dengan perburuan harta karun, tapi yang dicari bukan benda-benda berharga. Permainan satu ini cukup populer dan sudah sering kita lakukan apalagi kalo kamu ikut Pramuka atau Ospek. Biar unik dan gak ngebosenin, buat daftar benda-benda yang kamu cari seunik dan sesusah mungkin. Kamu bisa coba juga bikin alternatif lain, misalnya Selfie Scavenger Hunt, jadi hunter harus melakukan selfie dengan benda-benda yang telah ditentukan. Biar berfaedah, kamu juga bisa coba Kindness Scavenger Hunt, jadi bikin daftar perbuatan baik yang harus dilakukan oleh tim. Tim tercepat yang bisa menyelesaikan daftar adalah pemenangnya.

8. Bikin BYOE Party

Party ala-ala di kebon belakang rumah misalnya

Party ala-ala di kebon belakang rumah misalnya via https://www.pinterest.de

Apa itu BYOE Party? BYOE adalah kepanjangan dari Bring Your Own Everything. Jadi misalnya kamu mau ngadain party, kamu cuma nyediain tempat aja. Teman-temanmu harus bawa makanan beserta peralatan makan sendiri dari rumah masing-masing. Kece kan?

9. Bikin Api Unggun

Ala-ala malam keakraban gitu

Ala-ala malam keakraban gitu via https://www.pinterest.de

Kalo kamu punya halaman yang cukup luas, kamu bisa ajak temen-temen kamu bikin api unggun, sekalian bakar-bakar foto mantan, eh nganu, jagung gitu misalnya, hahaha. Biar gak bosen, kamu juga bisa bawa alat musik, atau bikin permainan sendiri, seperti tebak benda, i spy with my little eyes, atau lainnya.

10. Makan Es Krim Bareng

Es krim, pemersatu persahabatan yang retak akibat UNO

Es krim, pemersatu persahabatan yang retak akibat UNO via https://www.pinterest.de

Apapun kondisinya, es krim gak pernah salah. Apalagi di musim kemarau kayak gini. Kamu dan kawan-kawan bisa simply beli es krim sekotak dan dimakan rame-rame. Macam di iklan es krim yang itu tuh.

11. Conclusion (bagian 1)

Jangan lupa abadikan tiap momen kebersamaanmu ya!

Jangan lupa abadikan tiap momen kebersamaanmu ya! via https://www.pinterest.de

Nah itu tadi beberapa contoh aktifitas berfaedah (entah juga faedahnya dimana, wkkwkwk) yang bisa kamu dan teman-temanmu lakukan untuk mengisi liburan. Gak harus mahal dan jauh, yang penting adalah momen kebersamaan dan keakraban yang terjalin di antara kalian. Masih ada beberapa contoh lagi, tapi mau ditulis di sini takutnya kepanjangan, so pantengin terus Hipwee bcs the next Artikel comin´ right up. Ciaooooo.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya