6 Inspirasi Desain Rak Buku Simpel dan Unik. Bikin Ruang Keluarga Jadi Makin Cantik!

inspirasi desarin rak buku ruang keluarga

Bagi kamu yang suka membaca buku, tidak ada hal yang lebih menyenangkan selain memiliki sudut khusus untuk menyimpan koleksi sekaligus pewe untuk membaca buku. Memiliki rak buku ruang keluarga dengan desain favorit tidak hanya akan menghadiahkan kesenangan, tetapi juga memberikan sentuhan baru ke dalam rumahmu.

Lebih dari sekadar sarana pelengkap perpustakaan di rumah, rak pajang yang unik turut menjadi cara cerdas mendekorasi rumah. Karena itu, pilihlah desain terbaik agar kedua fungsi penyimpanan sekaligus dekorasi dapat terpenuhi. Kalau masih belum punya ide, beberapa inspirasi berikut ini bisa kamu tiru. Ada desain yang simpel, namun mind blowing. Dijamin, segera pengen kamu terapkan di rumah!

Advertisement

1. Rak buku yang menyatu dengan dinding

Rak buku dalam dinding warna merah gelap

Rak buku dalam dinding warna merah gelap via https://www.decoist.com

Keterbatasan ruang sama sekali bukan alasan bagi kamu menyingkirkan impian memiliki ruang baca sendiri. Gunakan konsep built in untuk rak bukumu. Maksimalkan salah satu sisi dinding secara keseluruhan untuk mengakomodasi semua koleksi novel favoritmu. Desainnya tidak makan tempat ataupun membuat ruangan terasa sempit.

2. Rak buku sekaligus room divider

Rak buku hitam besar pemisah ruangan

Rak buku hitam besar pemisah ruangan via https://www.decoist.com

Jika kamu berencana menggunakan konsep open plan di rumah atau apartemen, saatnya memanfaatkan rak buku jadi room divider. Alih-alih menggunakan desain konvensional, rak terbuka di tengah ruangan tidak hanya terlihat artistik, tetapi juga unik dan fungsional. Ruangan juga tidak terkesan sempit karena kamu masih bisa memandang dari satu area ke area lain melalui celah rak.

Advertisement

3. Rak bernuansa abu-abu yang maskulin

Rak dinding besi berkesan maskulin

Rak dinding besi berkesan maskulin via https://www.decoist.com

Bagi para pemilik apartemen maupun rumah yang menginginkan kesan maskulin di dalam huniannya, memasang rak hitam dengan latar belakang abu-abu adalah pilihan jitu. Padukan dengan berbagai koleksi pribadi mulai dari lukisan, foto, hingga aneka pajangan. Letakkan beberapa laci warna cerah di atas rak yang bakal membuat suasana terasa lebih hidup. Tertarik mencoba?

4. Rak buku besi bergaya industrial

Raku buku besi memberi sentuhan industrial di ruang keluarga

Raku buku besi memberi sentuhan industrial di ruang keluarga via https://www.decoist.com

Di dalam rumah dengan nuansa minimalis atau industrial minimalis, kamu tidak memerlukan rak yang terlalu ribet. Memesan rak custom berbahan besi yang kerap ditemukan di gudang pabrik, bakal ampuh menyempurnakan nuansa industrial yang diharapkan. Jika ada unsur besi lain di dalam ruangan, cobalah menyamakan semua warnanya untuk memberi kesan terikat satu sama lain.

5. Rak buku yang menyatu dengan rak televisi

Advertisement
Rak buku dan televisi dengan desain minimalis dan hemat ruang

Rak buku dan televisi dengan desain minimalis dan hemat ruang via https://www.decoist.com

Kamu mungkin menyangka jika menyatukan rak televisi dengan buku-buku akan memunculkan kesan penuh dan sumpek. Namun melihat desain minimalis nan cerdas, kamu pasti langsung berubah pikiran. Rak panjang didesain dengan pertimbangan yang cermat sehingga mampu mengakomodasi berbagai koleksimu.

Tidak hanya televisi, di sebelahnya masih terdapat space luas untuk meletakkan seperangkat alat pemutar musik, lengkap dengan speaker dan beberapa piringan hitam di bawahnya. Di bagian rak paling atas, kamu bebas menyimpan semua buku-buku dengan tatanan apik yang menyejukkan mata.

6. Rak buku hitam yang kontras

Rak buku hitam tertanam dalam dinding

Rak buku hitam tertanam dalam dinding via https://www.decoist.com

Ruangan minimalis serba putih kadang terasa membosankan. Nah, inilah saatnya menjadikan rak buku sebagai perabotan yang mampu meramaikan suasana. Rumah ini misalnya, menggunakan dua buah rak hitam kontras di sisi kanan dan kiri ruang keluarga. Rak sebelah kanan digunakan untuk menyimpan televisi dan beberapa aksesoris. Sementara, rak sebelah kiri difungsikan sebagai rak penyimpanan buku. Sebuah sofa berwarna fusia menjadi penyemarak sekaligus tempat yang nyaman untuk menikmati seluruh koleksi bukumu.

Rak buku tidak hanya sekadar tempat penyimpanan, memilih desain yang apik dapat meningkatkan estetika ruangan secara keseluruhan. Tertarik merombak interior rumahmu dengan sebuah rak buku baru? Jadikan enam rekomendasi rak buku kreatif untuk menciptakan ruang keluarga tampil semakin keren dan memukau.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Bangun Proyek dengan Aman, Nyaman, dan Transparan *Semua foto yang berasal dari Arsitag.com adalah kekayaan intelektual milik masing-masing profesional yang mengunggah karyanya ke Arsitag.com.

Editor

une femme libre

CLOSE