Inspirasi Desain Ruang Prakarya di Rumah untuk Mengekspresikan Kreativitasmu

Cocok buat kamu yang menjadikan hobi sebagai sumber cuan tambahan, nih!

Ruang kerja tak hanya untuk orang yang bekerja di balik komputer atau laptop, lho. Orang yang bekerja di bidang seni juga membutuhkan ruang kerja. Nah, ruangan kerja khusus untuk kamu yang bekerja di bidang seni memerlukan konsep yang inspiratif. Supaya bisa memberikan ide baru dalam penciptaan setiap karya. Agar ruangan sesuai dengan kebutuhanmu, kamu dapat mendesain sebuah ruang di rumah yang khusus digunakan untuk ruang prakarya.

Desain ruang prakarya di rumah sewajarnya terlihat menyenangkan, terutama sesuai selera personal. Dengan tujuan, kamu dapat lebih terpacu untuk mengekspresikan kreativitasmu. Mau tahu cara mewujudkan ruang yang sesuai dengan selera dan kebutuhan kamu? Yuk, lihat beberapa ide desain ruang prakarya berikut ini.

Advertisement

1. Meja besar atau meja panjang

Ruang prakarya yang didesain oleh Michaela Ferrero //

Ruang prakarya yang didesain oleh Michaela Ferrero // via https://www.simplycardsmag.com

Pilihlah meja kerja yang besar atau panjang, supaya memudahkanmu dalam berkreasi. Walaupun meja berukuran besar akan menghabiskan sebagian besar ruangan, meja besar akan menunjang kamu untuk bekerja lebih efektif dan leluasa. Sekaligus, memudahkan menjangkau berbagai peralatan yang dibutuhkan di atas meja. Jika kamu membutuhkan ruang penyimpanan lebih, kamu bisa menggunakan laci atau dinding ruangan.

2. Lampu meja

Ruang prakarya kalem dengan lampu meja stylish //

Ruang prakarya kalem dengan lampu meja stylish // via https://www.homedepot.com

Ruang kerja yang terang sangat penting untuk mendukung kelancaran pekerjaanmu, terutama pada kerajinan yang berorientasi pada detail. Jika pencahayaan overhead tidak cukup, kamu bisa menambahkan lampu meja. Lampu meja akan menunjang penerangan tambahan pada saat kamu bekerja, terutama di malam hari. Jangan lupa mematikannya saat tidak digunakan ya, untuk menghemat energi J

Advertisement

3. Bukaan ke taman atau area terbuka

Ruang prakarya dengan jendela besar menghadap taman //

Ruang prakarya dengan jendela besar menghadap taman // via https://www.thegardenoffice.co.uk

Ruang prakarya harus membuatmu betah, karena di sanalah tempat kamu bakal menghabiskan waktu berjam-jam. Nah, kenyamanan ruang kerja ini bisa ditopang oleh pencahayaan dan sirkulasi udara yang baik. Misalnya, dengan membuat arah bukaan yang menghadap ke taman atau ruang terbuka yang lapang. Selain memberikan pemandangan yang baik, bukaan ini juga akan memperlancar udara segar yang masuk. Gunakan pintu geser untuk memaksimalkan bukaan dan memungkinkan kamu bekerja sambil menghirup udara segar dari luar.

4. Warna netral

Ruang prakarya serba putih yang didesain oleh Ellen Grasso & Sons //

Ruang prakarya serba putih yang didesain oleh Ellen Grasso & Sons // via https://www.houzz.com

Walaupun kamu suka dengan warna-warna cerah, skema warna yang berani dan rumit dikhawatirkan membuat ruang prakarya kamu kacau secara visual. Untuk itu, pilihlah palet warna netral yang bisa membuat pikiran lebih tenang sekaligus menginspirasi. Kamu juga bisa menggunakan warna dasar putih yang dianggap sebagai warna netral, dan cocok diaplikasikan pada ruangan apa pun. Warna putih mempunyai efek menjadikan ruangan tampak lebih terang dan juga luas.

5. Buat ruang prakarya yang nyaman

Advertisement
Ruang prakarya rak terbuka yang didesain oleh Studio Pebbles //

Ruang prakarya rak terbuka yang didesain oleh Studio Pebbles // via https://www.thespruce.com

Membuat ruang prakarya yang nyaman akan memberikan dampak yang besar pada produktivitasmu, lho. Saat kamu merasa nyaman, kamu bisa bekerja tanpa gangguan selama berjam-jam. Beragam cara dapat kamu coba untuk membuat ruangan lebih nyaman. Seperti meletakkan selimut domba di kursimu, atau menambahkan karpet berbulu di sudut ruangan. Hindari meletakkan karpet di bawah meja kerja, karena rawan terkena tumpahan cat atau kejatuhan barang lainnya dari atas meja kerjamu.

Ruang kerja atau ruang prakarya yang baik seharusnya tidak diisi dengan terlalu banyak furnitur. Ini akan membuat ruangan terasa penuh dan membuat kamu cepat bosan saat bekerja. Cukup letakkan meja, kursi, rak penyimpanan, atau dinding mood board. Buatlah ruangan yang sesuai dengan minatmu agar memacu inspirasi dalam menuangkan karya akibat kenyamanan yang ditimbulkan dari desainnya.

Sudah siap membuat desain ruang prakaryamu sendiri?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Bangun Proyek dengan Aman, Nyaman, dan Transparan *Semua foto yang berasal dari Arsitag.com adalah kekayaan intelektual milik masing-masing profesional yang mengunggah karyanya ke Arsitag.com.

CLOSE