5 Inspirasi Taman Kering Indoor di Hunian yang Minim Perawatan

Hadirnya taman di dalam rumah atau taman indoor udah bukan jadi hal yang asing lagi buat banyak orang. Taman indoor bisa dibilang jadi pemanfaatan ruang kosong yang efektif dan tepat guna. Menambah elemen alami dan segar di dalam rumah.

Di sisi lain, emang perawatan taman indoor sering kali merepotkan dan memakan biaya. Apalagi taman indoor yang punya unsur lain selain tanaman seperti kolam ikan, zen garden, atau taman batu yang semakin butuh perawatan dan perhatian ekstra.

Buat kamu yang mau bangun taman indoor di rumah, tapi enggak mau terlalu repot mengurusnya, bangun taman indoor yang sifatnya kering. Hindari memasang elemen-elemen lain seperti kolam ikan atau area tambahan lainnya supaya bisa fokus merawat tanaman.

Pilih juga tanaman yang gampang dirawat. Enggak perlu terlalu banyak air, disiram dan dipupuk terlalu sering, tapi tetep bisa tumbuh dengan optimal. Taman indoor kering juga bakal bisa diterapkan buat kalian yang tempat tinggalnya enggak terlalu besar.

Misalnya, kamu tinggal di apartemen yang enggak punya halaman, kontrakan, atau kost, beberapa inspirasi di bawah ini bisa diaplikasikan buat tempat tinggal selain rumah tapak dengan area yang cukup luas.

Dekoruma udah ngumpulin lima inspirasi taman kering indoor yang menyegarkan dan menawan yang minim perawatan. Cocok buat kalian yang sibuk dan enggak punya waktu setiap hari buat merawat tanaman.

Advertisement

1. Manfaatkan pilar rumah jadi bidang taman indoor yang menarik. Vertical garden bikin ruang tengah jadi hidup

Sumber: Design Magnet

Sumber: Design Magnet via https://designmagnet.in

Pilar penyangga rumah sering kali cuma berdiri di situ aja dan kelihatan ngebosenin dan menghalangi pemandangan. Salah satu cara biar ruang tengah tampil menarik dan asri, kalian bisa memanfaatkan bidang pilar rumah buat jadi taman indoor vertikal yang menawan.

Contohnya seperti ilustrasi di atas. Selain taman di bawah tangga, pilar rumah serasa pohon di hutan hujan tropis yang dipenuhi tanaman-tanaman yang merambat sampai atas.

Advertisement

Jenis tanaman sudah dipilih yang enggak butuh banyak air dan posisinya yang menghadap langsung ke jendela besar, kasih sinar matahari yang optimal buat pertumbuhan. Kalian yang duduk di atas sofa minimalis ruang keluarga bakal ngerasain suasana asri dan segarnya.

2. Taman bambu di bawah tangga rumah. Mudah dibangun, minim perawatan, dan bikin area bawah tangga lebih cantik

Sumber: Home Designing

Sumber: Home Designing via http://www.home-designing.com

Kalian yang lagi nyari tanaman apa yang gampang dirawat buat taman indoor, bambu bisa jadi pertimbangan. Menghiasi ruang di bawah tangga, pemilik rumah membangun taman bambu yang simpel, tapi tetap cantik. Tanaman bambu adalah salah satu tanaman yang paling mudah dirawat.

Bambu nggak perlu disiram terlalu sering, tumbuh dengan cepat, dan sifatnya kering. Sebagai aksen dekorasi, pemilik rumah memakai kerikil warna putih sebagai alas dan memasang lampu sorot yang bikin taman bambu jadi kelihatan dramatis dan cantik. 

Advertisement

3. Hadirkan suasana kamar mandi ala resort. Taman indoor di kamar mandi yang asri dan bernuansa tropis

Sumber: Home Designing

Sumber: Home Designing via http://www.home-designing.com

Kamu yang suka liburan ke Bali atau daerah pantai dan nginep di villa, kamar mandi bergaya tropis kayak gini jadi salah satu daya tarik paling besar. Kamar mandi semi-outdoor yang membawa elemen alami ke dalam kamar mandi dan bisa dinikmati selama relaksasi di kamar mandi.

Kamar mandi dibuat bernuansa tropis dengan dinding dan lantai batu alam yang dominan. Begitu juga, bathtub di tengah kamar mandi yang menghadap langsung taman semi-indoor yang cukup luas.

Tanaman yang dipilih seperti palem, peace lily, dan sansevieria yang asri, cantik, dan mudah dirawat. Apalagi dengan adanya void, air hujan dan sinar matahari bisa langsung mengenai taman.

4. Solusi buat yang nggak punya halaman dan tinggal di hunian mungil. Dinding tanaman untuk vertical garden di dalam rumah

Sumber: Rhythm of the Home

Sumber: Rhythm of the Home via https://rhythmofthehome.com

Buat hunian yang ukurannya enggak terlalu luas, dinding tanaman untuk membangun taman indoor vertikal bisa dilakukan. Karena posisinya yang vertikal, ragam tanaman merambat cocok buat ditaruh di taman indoor ini. Kebanyakan tanaman merambat mudah dirawat dan bisa hidup di kondisi minim cahaya matahari.

Memanfaatkan dinding sebagai bidang tanam, vertical garden seperti ini bisa dipasang di dinding pembatas yang menghubungkan satu ruang ke ruangan lainnya. Kayak foto di atas yang mana dinding tanaman membatasi ruang makan dan dapur yang jadi terlihat asri tanpa perlu mengambil banyak space.

5. Punya rak buku atau rak display? Bisa disulap jadi taman indoor vertikal yang simpel, loh. unik dan asri dengan taman indoor dari rak

Sumber: The Spruce

Sumber: The Spruce via https://www.thespruce.com

Bangun dinding tanaman masih terlalu ribet? Coba manfaatkan rak buku atau rak display, deh. Berbagai jenis rak yang bisa dibeli online atau di toko furnitur langsung bisa jadi tempat buat menaruh pot-pot tanaman untuk jadi taman indoor vertikal yang unik dan beda dari biasanya.

Kalian bisa dengan mudah merakit sendiri rak buku atau rak display. Kemudian, taruh tanaman dengan potnya di dalam rak seperti gambar di atas. Pastinya, taman kering indoor ini bisa dihadirkan di ruang mana saja. 

Misalnya di ruang kerja, yang mana tanaman juga bisa ditaruh di atas meja kerja. Bisa juga di ruang tengah atau ruang keluarga yang mana rak display di samping meja TV bisa jadi taman indoor kering model vertikal yang asri dan menarik. 

Taman indoor kering seperti referensi di atas akan membuat proses perawatan lebih mudah dan enggak merepotkan. Hunian jadi lebih asri tanpa perlu keluar tenaga dan usaha lebih.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

CLOSE