Indonesia merupakan negara istimewa. Selain keberagaman budaya yang dimiliki, di sini kita dapat menemukan banyak tempat indah nan menawan. Banyak wisatawan luar negeri yang berkunjung di negara ini hanya untuk menikmati indahnya pemandangan alam Indonesia. Sebut saja salah satunya adalah Gili Lawa. Pasti, sebagian dari kita mengetahui tentang keadaan Gili Lawa, bukan?

Terbakarnya Gili Lawa di Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur membuat geger seluruh masyarakat Nasional hingga Internasional. Pasalnya api telah menghanguskan sekitar 10 hektar padang savana yang ada di sana. Sungguh sangat disayangkan atas kejadian ini.

Dari apa yang telah terjadi, kita harus faham dan mulai bergerak untuk tetap menjaga kelestarian dan keamanan tempat yang kita kunjungi. Selain Gili Lawa, ternyata Indonesia memiliki 7 Padang Savana. But, still remember we must be together to protect our place.

1. Padang Savana Gunung Guntur

Gunung guntur biasa disebut sebagai miniaturnya Gunung Semeru. Lokasinya terdapat di Desa Sukawangi, Kecamatan Tarogong Kaler, Kab. Garut, Provinsi Jawa Barat. Gunung ini memiliki ketinggian 2.249 mdpl. Para pendaki yang ingin ke puncak pasti akan melewati hamparan rumput ilalang yang luas. Memang terlihat sedikit gersang dan jarang ditumbuhi tanaman karena lokasi ini bekas dari letusan gunung ini sendiri jadi tanah di sana sedikit berpasir. Cukup membayar 12.500 rupiah per malamnya kita sudah dapat bermalam di sini.

2. Padang rumput Gunung Sindoro, kebun teh di tengah Padang Savana

Padang rumput gunung sindoro

Padang rumput gunung sindoro via https://www.qupas.id

Advertisement

Sebuah jalur pendakian yang istimewa. Gunung ini terletak disebelah Gunung Sumbing yang dipisahkan oleh Kledung Pas membelah antara kedua gunungini. Ada 2 rute yang bisa kita lalui yaitu jalur kledung dan jalur sigedang. Di jalur sigedang inilah, yang perlu kita nikmati karena kita akan melewati kebun teh yang cantik. Memang sedikit membingungkan jika melewati jalur ini, tapi akan sangat seru sekali jika kita bisa menikmatinya dan rasa lelah akan lenyap begitu saja.

3. Padang Savana Oro-Oro Ombo (Gunung Semeru)

Oro-Oro Ombo

Oro-Oro Ombo via http://www.klikhotel.com

Ini dia yang kita tunggu-tunggu. Padang savana di Pulau Jawa yang terlalu manis untuk dilupakan yang biasa kita sebut Oro-Oro Ombo. Sesuai dengan citra Gunungnya, di Padang Savana ini ditumbuhi pohon cemara dan Bunga Edelwise selain itu kita juga bisa menemukan Bunga Lavender Indha berwarna ungu. Keindahan ini bisa kita dapatkan dengan merogoh kocek hanya sekitar 22.500 rupiah saja. Sungguh murah, bukan?

4. Pulau Kenawa

Pulau Kenawa

Pulau Kenawa via http://kesiniaja.com

Pulau Kenawa ini terletak di Nusa Tenggara Barat. Pulau ini sering disebut Duplikat dari Gili Lawa. Jadi bisa saja ini menjadi alternatif liburan saat di Sumbawa. Cukup merogoh kocek 50 ribu rupiah saja kita bisa menikmati salah satu keindahan alam Indonesia.

5. Pulau Diyonumo

Pulau Diyonumo

Pulau Diyonumo via http://www.satyawinnie.com

Advertisement

Bagi para warga Gorontalo pasti sudah tidak asing lagi dengan Pulau Diyonumo ini. Sayang sekali pulau ini tidak berpenghuni. Pasalnya pulau ini menyimpan keindahan yang tak kalah indah dari wisata sekitar wialayah Gorontalo. Pulau ini bisa dibilang masih perawan karena jarang sekali orang mengunjungi tempat ini. Berkemah bersama teman-teman perjalanan di Pulau Diyonumo sangat direkomendasikan, selain berkemah kita bisa mengelilingi pulau ini dengan puas dan disini kita bisa mendapatkan suasana yang privasi. Lokasi pulau ini tepatnya ada di Deme II, Sumalata, Kabupaten Gorontalo Utara, Gorontalo 96254. Dan yang paling istimewa adalah kamu tidak perlu membayar tiket masuk pulau, cukup membayar perahu kayu yang kamu sewa sebesar 20ribu pulang pergi. Bagaimana? Menarik bukan?

6. Kawah Ilalang

Dari namanya kita pasti sudah paham bahwa di sana terdapat banyak tumbuhan ilalang yang pasti akan membuat mata kita terpukau. Tempat ini sangat cantik sekali, banyak orang yang memanfaatklan keindahan tempat ini untuk foto pre-wedding. Jelas, dari sini pasti kebayang bagaimana cantiknya kan? Ternyata tiket masuk ke sini gratis loh, hanya saja kita harus membayar titipan kendaraan di sekitar rumah warga.

7. Padang Sabana di Gunung Buthak

Padang Sabana di Gunung Buthak

Padang Sabana di Gunung Buthak via https://www.qupas.id

Jika kita ingin menemui padang sabana ini berarti kita harus melewati jalur panderman Batu-Malang. Di padang ini biasa dimanfaatkan para pendaki untuk melepas lelah dengan mendirikan barisan tenda untuk sekedar beristirahat dan menikmati pemandangan alam sekitar. Serta untuk tiket masuknya hanya 7 tibu rupiah saja.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya