Intip 5 Perbedaan antara Pendidikan Akademik dan Vokasi, Biar Kamu Makin Yakin Sama Pilihan Kamu

Dimana pun pilihanmu semua tetap bagus kok

Terkadang kebingungan sering melanda tatkala ditanya mau kuliah dimana? Tapi sebelum menjawab pertanyaan itu, kamu mesti tahu program pendidikan apa yang nantinya akan kamu tempuh nantinya. Program pendidikan di bangku kuliah sendiri terdiri atas 2 yakni pendidikan akademik dan pendidikan vokasi. Kedua program pendidikan tersebut pasti beda dong. Nah, langsung saja di bawah ini 5 perbedaan antara program pendidikan akademik dan vokasi.

Advertisement

1. Beda nama dan identitas instansi

Foto from unsplash.com by Delfi De La Rua

Foto from unsplash.com by Delfi De La Rua via https://unsplash.com

Kamu yang memutuskan untuk  menempuh pendidikan di universitas atau institut, itu berarti kamu akan menempuh program pendidikan akademik. Nah, lalu kamu yang ingin memilih pendidikan vokasi harusnya mendaftar ke perguruan tinggi seperti politeknik dan akademi. Tapi ada juga loh perguruan tinggi yang menawarkan kedua program pendidikan tersebut sekaligus.

2. Proses pembelajaran

Foto from unsplash.com by Roman Mager

Foto from unsplash.com by Roman Mager via https://unsplash.com

Pada pendidikan akademik, pembelajaran yang ditawarkan adalah 60% teori dan 40% praktek sedangkan pada program vokasi malah sebaliknya yakni 60% praktek dan 40% teori. Jadi intinya, program akademik  nantinya akan lebih banyak menganalisa dan untuk program vokasi sendiri lebih seing terjun langsung ke lapangan.

3. Waktu yang kamu tempuh untuk meraih gelar sarjana

Foto from unsplash.com by Yuvraj Singh

Foto from unsplash.com by Yuvraj Singh via https://unsplash.com

Kamu pasti sudah tahu kalau untuk mendapat gelar sarjana maka waktu kuliah yang kamu tempuh sekitar 4 tahun. Nah, itu berlaku untuk pendidikan akademik pada tingkat S1. Untuk pendidikan vokasi sendiri umumnya menawarkan program D3 dan D4. Untuk program D3 berlangsung selama 3 tahun dan D4 berlangsung selama 4 tahun. Program D4 ini setara dengan S1 pada pendidikan akademik.

4. Gelar yang akan kamu raih setelah lulus

Foto from unsplash.com by Cole Keister

Foto from unsplash.com by Cole Keister via https://unsplash.com

Beda proses belajarnya, berarti beda juga dong gelarnya. Untuk mahasiswa yang menempuh pendidikan akademik maka akan mendapatkan gelar sarjana sesuai dengan jurusannya masing-masing contohnya untuk sarjana kimia maka gelarnya S.Si (Sarjana Sains). Nah, gelar untuk mahasiswa pendidikan vokasi nantinya yakni  A.P (Ahli Pratama) untuk D1, A.Ma (Ahli Muda) untuk D2, A.Md (Ahli madya) untuk D3 dan S.ST (Sarjana Sains Terapan) untuk D4. Gelar pada program vokasi sendiri disamakan untuk beberapa jurusan semisal sarjana teknik kimia dan akuntasi nantinya gelar mereka sama yakni A.Md (D3) atau S.ST (D4).

5. Keahlian yang bakal kamu dapat

Foto from unsplash.com by This is Enginering RAE Eng

Foto from unsplash.com by This is Enginering RAE Eng via https://unsplash.com

Mahasiswa yang kuliah di perguruan tinggi dengan program pendidikan akdemik nantinya akan punya keahlian analisis yang tinggi serta pengetahuan yang mendalam. Sedangkan, untuk mahasiswa dengan program pendidikan vokasi akan punya kemampuan kerja yang bagus dan kemampuan analisis dasar yang baik. Tapi, kedua program tersebut bertujuan untuk menciptakan generasi-generasi yang intelektual di bidangnya masing-masing. 
Nah, sudah tahu kan mau kuliah di mana dan dengan program pendidikan seperti apa?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

BeYOUtiful 🤗

CLOSE