Kamu tahu, cairan bening satu ini punya banyak manfaat yang nggak kamu duga sebelumnya :)

Toner sebagai salah satu produk perawatan kulit wajah yang digunakan setelah pembersihan dan sebelum melembapkan kulit karena toner mudah diserap kulit. Umumnya, toner merupakan cairan berwujud air dengan konsistensi seperti cuka yang mengandung bahan-bahan aktif untuk mengatasi masalah kulit wajah. Selain itu, toner juga berguna untuk memaksimalkan kandungannya terserap ke kulit.

Bagi kaum hawa, memang sudah tidak asing lagi mendengar kata toner di telinganya. Namun, apakah toner hanya berfungsi untuk mempercantik wajah saja khasiatnya? Betul, jawaban Anda tidak salah. Hal ini dibuktikan oleh Dawna Sanderson, Franschise Training Manager The Body Shop Asia Tenggara saat berkunjung ke Indonesia.

"Toner penting untuk mengangkat sisa pembersih, make up, sel-sel kulit mati, dan debu tersisa dan tidak berhasil dibersihkan oleh wajah pembersih. Fungsinya mirip pembilasan pada pencucian baju. Setelah pencucian baju, tentu butuh dibilas 'kan?" kata Sanderson.

1. Menstabilkan keseimbangan pH kulit

Tribun Timur

Tribun Timur via http://cdn2.tstatic.net

Setiap orang memiliki pH kulit yang berbeda-beda, baik rendah ataupun tinggi. Namun pada dasarnya rata-rata kulit wajah manusia bersifat masam atau pH rata-rata antara 5-6. Keduanya dapat membuat rentan terhadap jerawat dan infeksi. Toner wajah akan memastikan bahwa tingkat pH optimal dijaga pada kulit kita.

2. Mengencangkan pori-pori

Polka.id

Polka.id via https://polka.id

Karena pori-pori besar bisa menyebabkan jerawat yang tidak enak dilihat oleh mata. Dengan menggunakan toner wajah, kita dapat mengurangi kondisi kulit yang seperti itu dan mencegahnya datang kembali. Caranya, tinggal tuangkan 2-3 kali toner ke kapas dan sapukan ke area wajah yang mau dibersihkan. Lalu pori-pori akan mengecil sampai Anda rajin memakainya.

3. Menyegarkan kulit

MerahMuda

MerahMuda via https://meramuda.com

Advertisement

Toner dikenal menyegarkan tekstur kulit dan membuatnya halus serta tetap cantik. Karena kulit wajah yang segar akan membuat kita lebih tampil percaya diri dan siap dalam melakukan aktivitas yang lainnya. Istilah toner dianggap sebagai pembersih wajah sementara akan membantu menyegarkan wajah kembali!

4. Mengunci kelembapan kulit

Gunakan toner secara teratur untuk memastikan kulit kita tetap lembap dan sehat setiap saat. Toner berfungsi sebagai humectant, artinya membantu mengikat kelembapan yang ada pada lapisan atas kulit.

5. Membantu kulit tetap tidak terhidrasi

Untuk menghindari kulit dehidrasi, ada kala baiknya kita hanya perlu memasukkan toner wajah ke dalam rutinitas seharian kita. Selain kemampuan menghidrasi, toner membuat kulit wajah lembut dan halus.

6. Menyerap minyak berlebihan

Advertisement

Jika memiliki kulit berminyak, gunakanlah toner yang dapat menyerap minyak berlebih. Karena minyak berlebih menyebabkan timbulnya jerawat.

7. Menghilangkan debu dan kotoran

Penggunaan toner sangat penting dalam menghilangkan debu dan kotoran yang menempel pada kulit kita.

8. Mencegah jerawat

Yang terakhir adalah toner bisa bermanfaat bagi wanita untuk mencegah jerawat akibat kulit yang mengandung minyak berlebih. Oleh karena itu, gunakan toner wajah yang dibuat untuk kulit berminyak.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya