Intip Interior Cafe Golf View di Common Grounds Graha Famili, Dijamin Bikin Betah!

Gaya hidup jaman sekarang yang lekat dengan istilah nongkrong dan menyeruput kopi membuat banyak orang mempertimbangkan saat ingin menghabiskan waktu di sebuah kafe. Tidak hanya dari faktor menu food n beverage, desain interior memegang peranan penting sebagai faktor kebetahan pengunjung kafe.

Ada salah satu kafe ngehits yang baru saja dibuka pada tahun 2021 di Jalan Raya Golf Graha Famili Bundaran Blok I, Surabaya, yaitu Common Grounds. Franchise kafe dari Australia yang sudah berkali-kali menerima penghargaan ini menjadi franchise Common Grounds pertama di Surabaya yang buka di luar mall. Uniknya, selain memberikan fasilitas halaman parkir yang sangat luas, pengunjung dapat menikmati hidangan sambil memandang ke arah lapangan golf yang hijau dan asri. Tak kalah menarik, desain interior pada area kafe ini juga memberikan suasana yang bisa bikin kamu betah berlama-lama, bahkan bisa bikin kamu ingin berkunjung kembali, loh. Yuk, intip area interior kafe Common Grounds Graha Famili berikut!

Advertisement

1. Pesona Awal dari Entrance

Dokumentasi Pribadi

Dokumentasi Pribadi via https://www.instagram.com

Fasad yang didominasi dengan wall cladding kayu, serta signage logo kafe yang sangat jelas akan membuatmu mengenali kafe ini dari jauh. Di malam hari, ambient light berwarna warm white menghiasi fasad dan menonjolkan logo. Pertama kali masuk, terlihat area barista yang sedang menyiapkan minuman seperti kopi dan berbagai hidangan minuman lainnya. Kamu juga akan disambut dengan para pelayan yang ramah untuk membantumu mencari tempat duduk. Terdapat dua area yang bisa dipilih, yaitu area indoor dan area outdoor. Jangan khawatir, walaupun berada di area indoor kamu masih bisa menikmati pemandangan lapangan golf karena sisi yang menghadap ke arah luar dipenuhi dengan jendela-jendela kaca.

2. Area Indoor yang Didominasi dengan Kayu

Dokumentasi Pribadi

Dokumentasi Pribadi via https://www.instagram.com

Pada area indoor, ruangan didominasi dengan elegannya material kayu dan warna putih. Desain plafon memiliki skylight sehingga cahaya matahari dapat masuk ke dalam area kafe, dilengkapi dengan struktur atap dengan konsep exposed ceiling yang terbuat dari kayu. Material lantai di dalam kafe ini menggunakan keramik berwarna cerah, memberikan kesan kafe yang bersih. Pada area kasir, disediakan rak display untuk pastry, yaitu croissant yang seringkali sold out. Selain itu, terdapat lampu gantung yang memanjang di atas area kasir. Sistem pemesanan di kafe Common Grounds bisa dilakukan langsung dikasir maupun memanggil waiter yang sedang bertugas. Apabila ingin melihat menu, tidak lagi menggunakan buku melainkan secara digital dari smartphone pengunjung, dengan tap alat yang sudah disediakan di masing-masing meja (fitur Near Field Communication) atau scan barcode yang juga sudah ditempelkan di masing-masing meja.

Advertisement

3. Dekorasi Minimalis tapi Elegan

Dokumentasi Pribadi

Dokumentasi Pribadi via https://www.instagram.com

Dekorasi di area indoor lebih mengarah pada minimalis dengan konsep scandinavian karena didominasi dengan material kayu, warna putih, dan hiasan tanaman hijau. Lampu-lampu gantung berwarna putih berbentuk bulat menempel pada plafon. Dekorasi tanaman di bagian dinding atas dengan ambient light menjalar kebawah. Unit AC tidak akan mengganggu pemandangan karena terletak di bagian atas dan menyatu dengan warna tema desain. Tanaman rambat yang menempel pada bagian atas tidak akan mengganggumu saat duduk dibawahnya karena jarak dengan tempat duduk masih jauh. Berkat adanya skylight dibagian plafon, di siang hari tidak perlu menggunakan banyak pencahayaan dari lampu, bahkan lampu yang menyala hanya lampu dari dekorasi saja.

4. Area Outdoor dengan Golf View yang Merilekskan Mata

Dokumentasi Pribadi

Dokumentasi Pribadi via https://www.instagram.com

Penghawaan di area outdoor menggunakan kipas angin gantung, dan untuk pencahayaan buatan menggunakan lampu gantung. Sisi yang dekat dengan jalan ditutup dengan adanya dinding sehingga privasi pengunjung di dalam dapat terjaga. Sisi yang terbuka dan disekat dengan kaca adalah sisi yang menghadap ke lapangan golf, serta diberi roller blind. Material lantai di area outdoor menggunakan material kayu decking, agar tidak licin pada saat hujan. Skylight pada plafon memberikan akses pada cahaya matahari agar dapat masuk. Penghawaan buatan berasal dari enam buah kipas angin pada plafon. Di siang hari, pencahayaan buatan dari lampu gantung tidak dinyalakan sehingga sepenuhnya mengandalkan cahaya matahari. Tempat duduk yang disediakan berupa sofa dan juga kursi biasa. Stopkontak dapat ditemukan di lantai, yaitu floor mounted socket.

5. Toilet yang Bersih dan Wangi

Advertisement
Dokumentasi Pribadi

Dokumentasi Pribadi via https://www.instagram.com

Sudah menjadi suatu kewajiban suatu bangunan mempunyai toilet. Walaupun kafe ini tidak terlalu luas, Common Ground Graha Famili tetap menyediakan ruangan tersendiri yang tertutup sebagai toilet. Desain yang digunakan dalam toilet juga tentunya masih menggunakan tema yang sama dengan area kafe, dimana lemari penyangga wastafel terbuat dari kayu, serta pintu toilet juga terbuat dari kayu. Lantai yang digunakan bermotif hexagonal berwarna putih. Dinding dihiasi dengan adanya hiasan dinding yang memancarkan cahaya supaya tidak membosankan. Walaupun toilet yang disediakan hanya dua ruangan, tidak perlu khawatir karena toilet selalu dibersihkan sehingga tetap bersih dan wangi. Agar ruangan tidak semakin sempit, tempat sampah tidak terlihat sekilas karena berada diantara wastafel yang satu dengan yang lain, menyatu dengan lemari yang membuatnya justru terlihat rapi. Menarik bukan?

Jadi, bagaimana menurut kalian, desain interior Common Grounds Graha Famili cukup mengesankan dan kelihatan sangat nyaman bukan? Yuk rasain sendiri pengalaman ngafe di Surabaya yang nyaman untuk menyeruput segelas kopi sambil menikmati pemandangan golf view di Common Grounds Graha Famili!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Halo! Namaku Felicia Monica, mahasiswi jurusan Desain Interior di Universitas Kristen Petra Surabaya. Saya lahir di Surabaya, 15 Juni 2000. Saya menyukai kesenian terutama bidang desain karena menurut saya kesenian melatih kreativitas dalam diri saya.

Editor

CLOSE