5 Cara Alternatif Jadi Relawan Dadakan untuk Bantu Putuskan Penyebaran Covid-19

Jadi relawan dadakan di masa pandemi

Dari hari ke hari korban wabah pendemi virus Covid 19 ini terus barjatuhan dan makin bertambah jumlahnya, para volunteer dan para dermawan diketuk hatinya untuk membantu bersama-sama memerangi dan melawan corona. Berbagai cara mereka lakukan guna mendukung pemerintah menanggulangi bencana nasional ini, kita juga bisa ikut membantu berjuang dengan cara yang paling simple yang bisa kita lakukan, misalnya: 

Advertisement

1. Masker handsanitizer untuk semuanya

Women-Putting-Hand-Sanitizer-on-Man-s-Hand

Women-Putting-Hand-Sanitizer-on-Man-s-Hand via http://www.pexels.com

Kita tahu kalau saat sekarang masker dan handsanitizer sangat dibutuhkan guna mengantisipasi kita agar terhindar dari penyebaran virus corona ini. Nah, kita bisa berkontibusi dengan ikut serta membagikan masker dan handsanitizer kepada sesama yang membutuhkan namun tak mampu membelinya, karena harganya yang cukup mahal dan sangat susah didapat di kondisi saat sekarang.

Masker kain non medis menjadi salah satu alternatif ditengah kelangkaan, para UKM dan beberapa penjahit rumahan membuatnya lalu membagikannya gratis kepada mereka yang harus tetap bekerja di luaran sana seperi misalnya saja para driver ojek online atau pedagang kaki lima.

2. Donasi untuk pembelian perlengkapan alat medis dan lainya

Banner of Famale Doctor or Nurse in Medical Face ask and protective gear

Banner of Famale Doctor or Nurse in Medical Face ask and protective gear via http://www.stock.adobe.com

Kelangkaan baju APD menjadi sorotan publik sekarang ini, padahal kelengkapan medis sangat benar-benar dibutuhkan bagi para pejuang tenaga medis yang berada di garda terdepan, resiko tertularnya virus Covid-19 ini jauh lebih rentan karena mereka berinteraksi secara langsung dengan pasien yang positif corona. Kita bisa ikut berdonasi untuk membeli baju APD dan juga alat-alat medis lainya yang bisa mereka gunakan.

Donasi bisa disalurkan lewat beberapa platform dan komunitas penggalangan dana yang tersedia lalu diserahkan kepada pihak rumah sakit yang menangani virus Corona ini.

3. Pembagian bahan makanan kepada masyarakat kecil

Volunteers Putting Food and Drinks Into Bags

Volunteers Putting Food and Drinks Into Bags via http://www.stock.adobe.com

Adanya wabah pendemi ini berdampak fatal bagi perekonomian warga Indonesia, Nah kita bisa membantu mereka yang membutuhkan dengan membagikan sembako ataupun makanan matang. sedikit yang kita kasih namun berharga bagi mereka. Bisa door to door ataupun pembagian makanan di pinggiran jalanan.

Advertisement

4. Terjun ke lokasi langsung menjadi tenaga medis atau non medis

Motion Blur Stretcher Gurney Patient Hospital Emergency

Motion Blur Stretcher Gurney Patient Hospital Emergency via http://www.stock.adobe.com

 Bererapa rumah sakit ada yang kekurangan tenaga medis dan pembantu non medis untuk sama-sama berjuang menangani virus corona ini. Nah, untuk yang merasa punya ilmu di bidang dunia kesehatan bisa tuh mendaftarkan dirinya sebagai relawan tenaga medis untuk rumah sakit yang ditunjuk pemerintah, atau bagi kamu yang bukan non medis pun masih bisa kok ikutan berpartisipasi menanggulangi Covid-19 ini dengan beberapa pelatihan khusus dan pembekalan keselamatan kerja diri tentunya.

5. Cukup bantu doa dan tetap di rumah aja

Child Praying To God Requesting That The Coronavirus Covid 19 Not Spread Beyond Control

Child Praying To God Requesting That The Coronavirus Covid 19 Not Spread Beyond Control via http://www.stock.adobe.com

Kalaupun kita tidak bisa membantu secara langsung, kita juga masih bisa kok berkontibusi melawan penyebaran virus ini dengan cara tetap #dirumahaja ini otomatis akan memutus penularan dan berdoa dari rumah semoga wabah pendemi ini cepat berakhir dan tidak makin banyak korban yang berjatuhan akibat virus ini, atau kalaupun harus keluar rumah selalu jaga jarak dengan orang-orang di sekelilingmu.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

perkenalkan sayahanya pengagum alam bukan traveller hanya sebatas hoby baca dan nulis bukan penulis bayaran hanya penyuka view bukan fotografer bukan penyanyi tapi suka nyanyi bukan pemusik tapi suka dengerin musik suka nyimak radio karna saya adalah announcer

CLOSE