Belajar Self-Driving dengan menjadi Solo-traveler

Bagi kalian yang hobi traveling, pasti sudah tidak asing dengan nama UK kan? UK atau singkatan dari United Kingdom atau di Indonesia lebih dikenal dengan Britania Raya, merupakan kumpulan dari empat negara commonwealth yang mencangkup Inggris, Irlandia Utara, Skotlandia dan Wales. Keempat negara UK memiliki daya tarik luar biasa untuk dijelajahi. Mulai dari wisata perkotaan yang modern, wisata alam yang menggungah, bahkan hingga wisata sejarah yang luar biasa menarik perhatian.

Dalam empat negara anggota UK, Inggris adalah negara terbesar, Inggris juga yang menjadi destinasi terfavorit di UK. Buktinya, pada Juni 2017, wisatawan yang datang ke Inggris meningkat hingga 3,5 juta orang, berdasarkan data resmi, angka ini meningkat 7 persen dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya. Ini membuktikan bahwa Inggris menjadi favorit.

Namun tahukah kamu? Ternyata 3 negara lainnya juga memiliki daya tarik luar biasa dengan kekhasannya masing-masing. Seperti Skotlandia yang memiliki ratusan pulau kecil yang indah, kastil megah, juga pesisir pantai yang mempesona; Wales dengan pedesaan yang asri; dan Irlandia Utara yang memiliki pesona alam nan damai dengan gunung dan lembah.

Tinggal tentukan deh mana yang lebih kamu suka. Tapi, mau kemanapun tujuannya, pasti keselamatan dan kenyamanan juga masuk dalam daftar prioritas kan? Terlebih lagi jika kamu suka jenis solo-traveling atau menjadi penjelajah mandiri. Dari keempat negara UK, kamu bisa coba Skotlandia. Mengapa Skotlandia?

1. Banyak Tempat Menarik

pulau di Skotlandia

pulau di Skotlandia via http://www.countryliving.co.uk

Skotlandia seperti surganya wisata bagi para pelancong, kamu tidak akan kehabisan ide untuk jadi itinerary kamu. Mulai dari wisata keindahan alam, wisata sejarah, hingga wisata indah buatan manusia. Skotlandia memiliki 730 pulau dimana 130 nya tak berpenghuni, tempat ini memiliki air terjun tertingi di UK, tingginya empat kali lebih tinggi dari air terjun Niagara.

Skotlandia punya wisata sejarah yang keren juga loh, salah satu contohnya adalah situs perkampungan neolitik di pulau Orkney, situs ini adalah bangunan tertua di UK. Dan yang menarik, untuk kamu yang penasaran dengan keindahan alam bawah laut namun tak punya nyali untuk terjun langsung, Skotlandia menyediakan terowongan bawah laut transparan dengan panjang mencapai 112 m, terowongan bawah laut ini adalah yang terpanjang di Eropa.

2. Akses yang Mudah

kereta Skotlandia

kereta Skotlandia via http://pixdaus.com

Sebagai solo-traveler pasti kamu sangat memikirkan akses kendaraan kan? Nah jangan takut, di Skotlandia akses berkendara sangat mudah. Transportasi umum di Skotlandia sangat baik dan rapi, kamu bisa naik bis, kapal ferry, ataupun kereta api. Bahkan nih, Skotlandia memiliki lebih dari 300 stasiun kereta api.

Atau jika budget-mu lebih, kamu bisa naik jet kecil untuk berpindah dari satu pulau kepulau lainnya. Atau ada lagi nih opsi lain kalu kamu benar-benar mau santai, kamu bisa menyewa mobil, walaupun harganya lebih mahal tapi sangat recommended buat kamu yang suka cari tempat-tempat baru.

3. Tempat yang Aman untuk Traveler

jalanan di Skotlandia

jalanan di Skotlandia via https://www.cntraveler.com

Warga Skotlandia adalah warga yang taat hukum, mereka punya semboyan “Nem me Impune Lecessit” yang artinya “Tak seorangpun dapat mengusikku tanpa dihukum”, semboyan inilah yang menjadi dasar yang kuat untuk mereka tidak mengganggu orang lain.

4. Warga yang Ramah dan Sopan

warga yang ramah dan sangat bersahabat

warga yang ramah dan sangat bersahabat via https://www.luxuryscotland.co.uk

Warga Skotlandia adalah warga yang jujur dan ramah, mereka juga sangat terbuka dan humoris. Dengan sikap mereka ini, traveler jadi mudah dekat dengan warga setempat. Ketika kamu sedang mencari alamat atau butuh petunjuk arah, jangan takut untuk bertanya langsung kepada warga lokal, mereka akan dengan senang hati membantumu.

5. Penginapan yang Murah dengan Panorama Luar Biasa

panorama luar biasa

panorama luar biasa via https://www.pinterest.com

Bagi kamu yang memang sangat hobi traveling, penginapan menjadi salah satu pertimbangan yang sangat penting. Mulai dari harga, fasilitas, bahkan hingga view yang menarik dari tempat penginapanmu. Penginapan dengan panorama luar biasa banyak ditawarkan di Skotlandia, panoramanya bermacam-macam mulai dari hamparan padang rumput, laut, danau, hingga bukit dan lembah. Untuk kamu yang akan jadi solo-traveler, jangan khawatir soal harga, penginapan dengan panorama luar biasa ini berkisar dibawah £20 loh.

Jadi, tunggu apa lagi? Skotlandia siap jadi tujuan wisatamu selanjutnya!

#AyoKeUK #WTGB #OMGB

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya