Jangan Asal Pilih, Sesuaikan Desain Sofa dengan Ukuran Ruangan. Simak 5 Tips Ini!

Dengan memilih desain sofa yang tepat, kumpul keluarga jadi lebih seru!

Dalam tata ruang untuk aransemen interior terbaik rumah, kamu perlu melakukan beberapa siasat agar interior membuat ruangan nyaman ditinggali, seperti memilih desain sofa. Ada beberapa hal yang tetap harus dipertimbangkan dari segi skala dan perbandingan. Supaya ruangan tampil proposional, mari cek tips memilih sofa sesuai dengan ukuran ruanganmu dari Dekoruma.

Advertisement

1. Buat denah ruangan tempat sofa diletakkan

Buat Denah Ruangan Untuk Memetakan Ukuran Sofa

Buat Denah Ruangan Untuk Memetakan Ukuran Sofa via http://hgtv.com

Tidak butuh keahlian khusus, hanya secarik kertas dan pulpen untuk mulai membuat sketsa ukuran ruangan dan sofa. Buat replika kecil ukuran ruangan, lalu bandingkan dengan ukuran sofa yang kamu miliki. Dengan bantuan visual ini, kamu bisa melihat apakah hasil akhir akan terasa canggung karena terlalu lapang atau kesempitan.

Bandingkan juga dengan model furnitur sekeliling yang ada. Usahakan agar ada keselerasan antara desain sofa pilihan, misalnya sofa bed atau sofa minimalis dengan gaya furnitur di ruangan yang sama.

Advertisement

2. Pasang selotip di lantai untuk memperkirakan ukuran asli sofa

Rekatkan Selotip untuk Menandai Ukuran Sofa

Rekatkan Selotip untuk Menandai Ukuran Sofa via http://ivoiregion.net

Sudah punya ukuran pasti sofa? Coba gunakan selotip untuk menandai ukurannya di ruangan tempat sofa nantinya diletakkan. Marka-marka ini bisa menjadi acuan yang lebih realistik dibandingkan dengan sketsa awal tadi. Kamu bisa melihat secara lebih jelas posisi dan ukuran sofa yang berbanding dengan ukuran ruangan.

Gunakan juga perspektif yang berbeda saat kalian membayangkan instalasi marka sofa ini. Karena tanpa ketinggian yang jelas, maka kalian perlu melihat dari sudut pandang misalnya dari arah pintu masuk atau terhadap jendela.

3. Perhatikan skala dan proporsi antar furnitur

Advertisement
Sofa dalam Ruangan

Sofa dalam Ruangan via http://dekoruma.com

Idealnya, ruangan harus memiliki objek yang serupa skalanya. Misalnya, sofa minimalis berukuran besar akan terasa aneh jika disandingkan dengan kursi duduk yang mungil. Pastikan aransemen antara sofa dengan furnitur lain tidak terlalu jauh.

Sedangkan proporsi adalah interaksi antara objek dengan keseluruhan ruangan. Desain ruang yang besar umumnya akan membutuhkan sofa yang besar pula, Misalnya, sofa bed ukuran double. Sebaliknya, ruangan yang kecil boleh menggunakan sofa minimalis yang juga berukuran dua tempat duduk.

4. Perhatikan variasi bentuk ruanganmu

Sofa Disesuaikan dengan Bentuk Ruangan

Sofa Disesuaikan dengan Bentuk Ruangan via http://dekoruma.com

Tidak semua ruangan bisa sesuai dengan model sofa pilihanmu. Prinsipnya, baik sofa minimalis atau pun sofa bed harus bisa diletakkan secara pas. Sofa boleh juga diletakkan di tengah ruangan atau bersebelahan dengan dinding ruangan.

Untuk ruangan berbentuk open space, disarankan menggunakan set sofa yang seragam untuk memberi sekat atau tanda pada ruangan secara mudah.

5. Pilih desain sofa yang membuat ruangan berbeda dari biasanya

Sofa Abu-Abu dengan Kaki-kaki yang Terbuka

Sofa Abu-Abu dengan Kaki-kaki yang Terbuka via http://dekoruma.com

Sama pentingnya dengan ukuran sofa dan variasi ruangan, desain sofa yang tepat juga harus diperhatikan. Mengapa? Sofa sering menjadi titik fokus ruangan sehingga ada strategi tertentu yang wajib diperhatikan.

Sofa dengan kaki-kaki yang diperlihatkan akan lebih mengekspos ruangan sehingga terasa lebih luas. Di sisi lain, sofa dengan dudukan tangan yang besar akan terasa lebih berat dan memberi kesan ruangan agak sempit. Sofa minimalis dengan warna netral akan cocok dengan ruangan yang kecil. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE