Kalau mendengar kata London, yang terbayang setelah itu adalah Istana Buckingham, Tower Bridge, bus tingkat Double Decker, bendera the Union Jack di kap mobil Mini Cooper, The Beatles hingga Coldplay dan masih banyak lagi yang tidak bisa disebutkan satu-persatu. Selama ini London dekat dengan kita, mulai dari buku, film, gaya arsitektur, interior desain dengan segala pernak-perniknya, dan lain-lain.

Siapa yang tidak familiar dengan cerita seru Peter Pan yang bisa terbang menembus langit malam London, bagaimana Sherlock Holmes memecahkan kasus perkumpulan orang berambut merah, James Bond 007 dengan gadget super canggihnya, si anak yatim piatu namun pemberani Harry Potter dan Bridget Jones yang cantik dengan segala tingkah lucunya? Tahu semua dong :)

Tapi tahukah kamu bahwa kita pun bisa turut menjadi bagian dari kota London dan bahkan membuat kenangan di dalamnya? Dan tahukah kamu bahwa United Kingdom (UK) itu bukan negara Inggris? Cari tahu dan kenali lebih dekat lagi tentang UK sebelum kamu terbang kesana. Gimana caranya?

Satu hal yang perlu diingat banget adalah there's a will, there's a way. Yup, selama kita memiliki niat yang kuat untuk meraih sesuatu, pasti ada jalan untuk mewujudkannya.

Nah, berikut ini 5 strategi agar bisa ke UK secara cuma-cuma dan tips dalam mengumpulkan modal ke UK.

  1. Ikut pertukaran pelajar. Pertukaran pelajar biasanya diselenggarakan oleh lembaga-lembaga pertukaran pelajar seperti International Exchange Program, AFS Intercultural Program, maupun lembaga bahasa Inggris yang memiliki program pertukaran pelajar ke luar negeri.
  2. Mengajukan beasiswa. Ada banyak sekali beasiswa di luar sana. Tapi satu hal yang pasti kalau kamu ingin gol mendapatkan beasiswa, harus lolos tes TOEFL atau IELTS terlebih dahulu. Jadi, mulai belajar bahasa Inggris dengan sungguh-sungguh ya!
  3. Bekerja di tempat yang memberi kesempatan ke luar negeri. Biasanya nih, perusahaan multinasional, perusahaan lokal berskala besar, badan usaha pemerintah yang sering berhubungan dengan orang-orang di luar negeri (foreign affairs dan investor relations, misalnya), maupun lembaga pemerintahan (Kementrian Luar Negeri dan Kedutaan) memberi kesempatan kita untuk bertugas ke luar negeri.
  4. Menabung dengan cara berinvestasi di instrumen yang memiliki return rate (tingkat imbal balik) tinggi. Mulai beralih dari menabung secara konvesional dengan rutin berinvestasi. Kalau diteliti, tingkat bunga yang kita dapat dari tabungan konvensional (termasuk deposito) itu di bawah tingkat inflasi lho. Itu pun belum dipotong pajak. Cari tahu instrumen investasi dengan return rate lebih tinggi yang cocok buatmu ya!
  5. Berkarya dengan berpartisipasi di kompetisi yang memberi reward atau hadiah tiket ke luar negeri. Jangan ragu untuk mengikuti lomba yang membuat kamu berkontribusi menghasilkan suatu karya (yang syukur-syukur bisa membantu banyak orang) dan memberimu hadiah jalan-jalan ke luar negeri. Siapa yang nggak senang? Karya kita bermanfaat, impian ke luar negeri pun dapat. Yes!

Sip deh, selesai mengumpulkan modal, saatnya kita membuat rencana perjalanan. Gimanapun gaya travelling kita, mau menggendong backpack segunung di punggung atau menarik koper dari depan tetap perlu perencanaan yang matang. Jangan sampai jerih payah kita ketika mengumpulkan modal menjadi sia-sia. Seorang pilot tetap perlu GPS kan kalau mau terbang ke UK. Berikut ini 5 tips dalam membuat itineraries atau rencana yang memudahkan perjalananmu yang boleh banget kamu contek:

  1. Mengajukan dokumen perizinan (visa). Jangan sampai dokumen yang satu ini belum kamu siapkan budget-nya ya. Proses ini pun belum tentu bisa membuatmu tersenyum senang karena pengajuan visa kita ditolak. Jadi, pastikan persyaratan pengajuan visa-mu lengkap sesuai dengan yang diminta. Cari tahu persyaratan pengajuan visa ke UK. Ajukan visa jauh-jauh hari supaya kamu masih punya waktu untuk mengurus prioritas lain yang diperlukan dalam perjalanan nanti. Oh iya, berusahalah juga bangun pagi-pagi banget supaya bisa dapat nomor antrian lebih awal karena yang mengantri visa itu sejuta umat lho!
  2. Tentukan berapa hari kamu akan travel beserta aktivitas yang akan dilakukan. Ke UK cuma selfie dan wefie? Sayang bangetlah! Meskipun kondisi kita low-budget, ada banyak hal yang bisa kita pelajari disana dan menginspirasi untuk diterapkan di negara kita tercinta, Indonesia. Bolehlah selfie, namun paling tidak ada yang bisa juga kita capture untuk kemudian kita kontribusikan dengan tindakan nyata dalam membangun Indonesia (biar cuma sedikit). Misalnya nih, benchmark gaya kafe-kafe disana, apa yang membuat kafe dan produknya unik, budaya mereka yang antri dengan tertib dan on-time, cara mereka memilah sampah dan mendaur ulang, dan lain-lain.
  3. Putuskan kapan kamu akan berangkat. Kecuali diperlukan, berangkatlah di waktu low season atau musim dimana tidak banyak orang yang melakukan perjalanan. Kenapa? Sebab hal ini berimbas ke harga tiket. Kalau kamu berangkat di waktu peak season (misalnya selama musim panas ketika banyak orang berlibur maupun menjelang perayaan keagamaan), maka kamu akan mendapatkan tiket yang jauh lebih mahal. Musim panas di UK biasanya di bulan Juni s/d Agustus, jadi sebaiknya kamu bisa menghindari bulan-bulan tersebut.
  4. Pilih penerbangan & penginapan sesuai budget. Tapi jangan asal pilih ya, pilihlah penerbangan yang juga memberimu kenyamanan selama di atas sana karena kamu akan melakukan penerbangan selama lebih dari separuh hari (14 jam). Kamu bisa mencoba servis penerbangan yang ditawarkan secara inovatif oleh Etihad Airways (misalnya Inflight Chef dan Flying Nannies) yang selama ini telah meraih bintang lima dari Skytrax melalui kelas bisnisnya dan bintang empat untuk kelas ekonominya. Atau bisa juga sebelumnya membandingkan terlebih dahulu dengan penerbangan lain via Wego, website yang memudahkan travellers mencari dan membandingkan akomodasi tiket pesawat dan tempat penginapan.
  5. Siapkan uang saku secukupnya untuk transportasi dan konsumsi sehari-hari selama di sana. Selain berjalan kaki, naik kendaraan transportasi umum, alternatif lain ketika menjelajah adalah dengan menggowes sepeda. Yup, kita bisa menyewa sepeda dan hebatnya kita tidak perlu repot-repot mendatangi tempat penyewaan sepedanya. Kita bisa menyewa sepeda dari handphone kita, guys. Keren!

Oke, perjalanan kita mewujudkan impian ke UK sudah sejauh ini. Sebelum safe-landing di bandara Heathrow ada beberapa fakta menarik yang perlu kamu ketahui berikut ini. Tak kenal, tak sayang bukan?

1. UK bukan cuma Inggris

United Kingdom

United Kingdom via https://www.visitengland.com

Kebanyakan orang mengira bahwa United Kingdom (UK) itu negara Inggris saja, padahal UK adalah kumpulan 4 negara yaitu England (Inggris), Scotland, Wales yang ketiga negara ini disebut juga dengan Britain (atau Great Britain) dan Northern Ireland. Nama super lengkap keempat negara ini sebenarnya adalah The United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland.

2. Big Ben bukan menara jam yang ikonik itu

Big Ben

Big Ben via http://www.tinn.ir

Big Ben sebenarnya adalah sebuah lonceng besar yang berada di dalam menara jam atau The Clock Tower yang selama ini kerap kita lihat sebagai simbol negara Inggris. Nama komplit Big Ben adalah The Great Bell of Westminster. Nama Ben kemungkinan diambil dari nama Sir Benjamin Hall yang mengawasi pemasangan The Great Bell atau Ben Caunt, seorang petinju kelas berat di masanya. Berat Big Ben adalah 13,7 ton dengan tinggi menara 96 meter. Big Ben dan menaranya juga merupakan simbol demokrasi parlemen yang bisa kamu dengarkan bunyi loncengnya di setiap 15 menit sekali.

3. Luas UK tidak lebih besar dari Pulau Sumatera

Size of UK vs Indonesia

Size of UK vs Indonesia via http://www.ifitweremyhome.com

Advertisement

Wow! Kita patut bangga, meskipun Indonesia dan UK sama-sama negara kepulauan namun tidak sebesar tanah air kita tercinta. Ingat Thomas Stanford Raffles? Sayang sekali bunga bangkai yang berada di Lampung itu dinamakan dengan merujuk namanya menjadi Rafflesia Arnoldi, padahal bunga tersebut tumbuh di Indonesia. Yup, negara kita pernah dijajah bangsa Inggris pada tahun 1822. Satu hal penting yang bisa kita ambil hikmah dari sini adalah menjawab tantangan bagaimana memajukan Indonesia agar bisa semaju (atau lebih malah) dari Inggris yang ukuran negaranya saja tidak lebih besar dari Pulau Sumatera. Kita mulai yuk dari sekarang!

4. Stonehenge ternyata lebih tua dari piramid Mesir

Stonehenge yang terletak di sebelah selatan Inggris (Bath) dibangun pada zaman Neolitikum sekitar 5000 tahun lalu, jauh lebih tua dari tahun ketika bata-bata besar piramid Mesir disusun. Hingga saat ini, pertanyaan untuk apa Stonehenge dibangun masih belum terjawab. Stonehenge bisa kamu kunjungi dalam 9 menit dari stasiun Salisbury. Ada juga 6 bus yang disediakan setiap hari dengan tarif £6 pulang-pergi dari kota Salisbury.

5. 6 Gagak penjaga Britain

Tower of London

Tower of London via https://en.wikipedia.org

Tower of London adalah kastil yang menyimpan mahkota-mahkota kerajaan Inggris, pernah digunakan sebagai tempat tinggal para bangsawan, penjara, tempat eksekusi hingga makam. Tower of London termasuk tempat populer yang padat pengunjung di musim panas. Di tempat ini kamu bisa juga melihat koleksi hadiah tak biasa yang diberikan oleh para tamu Raja dan Ratu mulai dari burung unta, gajah, singa, beruang kutub, dan lain-lain. Tower of London dijaga oleh minimal 6 gagak yang dipercaya orang Inggris jika kurang dari 6 maka Britain akan runtuh.

6. Bahasa Perancis pernah menjadi bahasa resmi negara Inggris

Perancis vs Inggris

Perancis vs Inggris via http://www.energylivenews.com

Advertisement

Siapa sangka ternyata bahasa Perancis yang romantis itu pernah dijadikan bahasa resmi di Inggris selama lebih dari 300 tahun. Setelah invasi oleh orang-orang Norman yang berasal dari Perancis utara pada tahun 1066, para bangsawan dan kalangan atas Inggris, hukum & peradilan serta kebanyakan literatur di masa itu menggunakan bahasa Perancis. Sedangkan orang-orang kalangan menengah dan bawah tetap berbicara dengan bahasa Inggris.

7. 165 juta Cangkir Teh Diminum Setiap Hari di Inggris

The Afternoon Tea

The Afternoon Tea via http://hailevillagebistro.com

Sama seperti kita yang apapun makanannya selalu ditemani teh, orang Inggris pun tak bisa lepas dari ngeteh. Setiap hari ada 165 juta cangkir teh yang mereka minum hingga bisa dikatakan bahwa mereka sangat terobsesi dengan teh. Komoditas teh masuk ke Inggris pada masa King Charles II di tahun 1660 namun tradisi Afternoon Tea baru dipopulerkan oleh Anna, seorang bangsawan dari Bedford pada tahun 1840. Jam makan malam waktu itu baru dimulai pukul 8. Ini membuat Anna menjadi kelaparan.

Tak mau lama menunggu, setiap jam 4 sore Anna selalu minta dibuatkan teh dengan roti mentega dan kue-kue untuk dibawakan ke kamarnya. Ini menjadi kebiasaan Anna hingga ia mulai mengundang teman-temannya ikut bergabung untuk menemaninya. Tradisi ini pun kemudian menjadi hal yang kerap dilakukan oleh para wanita sosialita Inggris.

8. Ratu Elizabeth II pemimpin Inggris terlama

Her Majesty Queen Elizabeth II

Her Majesty Queen Elizabeth II via https://www.popsugar.com

Ratu Elizabeth II lahir di tanggal dan bulan yang sama dengan R.A. Kartini, yaitu pada 21 April 1926. Hingga usianya kini yang telah mencapai 91 tahun (hampir 92 tahun di bulan depan) Ratu Elizabeth masih memimpin Inggris dengan senyumnya yang bertebaran di setiap lembar uang poundsterling. Sejak kematian ayahnya King George VI pada Februari 1952, beliau mulai diangkat menjadi pemimpin negara-negara Commonwealth (UK, Canada, Australia, Selandia Baru, Afrika Selatan, Pakistan dan Ceylon). Pada tahun 2017, beliau menjadi pemimpin Inggris pertama yang meraih Sapphire Jubilee, penghargaan atas 65 tahun kepemimpinan.

9. Ratu Elizabeth II tidak memiliki paspor

British Passport

British Passport via https://www.thesun.co.uk

Ratu Elizabeth telah mengunjungi lebih dari 100 negara selama masa bertugasnya. Namun yang mengejutkan, beliau tidak memerlukan paspor ketika bepergian ke luar negeri. Hal ini dikarenakan seluruh paspor Inggris diterbitkan dengan atas nama Ratu Elizabeth. Hebat ya!

10. Ucapan selamat langsung dari Ratu Elizabeth bagi warga Inggris berusia 100 tahun

Congrats from The Queen

Congrats from The Queen via https://adinparadise.wordpress.com

Setiap tahun, ketika ada warga Inggris yang merayakan ulang tahun ke-100 tahun, 105 tahun maupun ulang tahun pernikahan ke-60, 65, 75 tahun dan seterusnya berkesempatan untuk mendapatkan ucapan selamat khusus dari Ratu Elizabeth. Wah, yang menerimanya pasti bahagia banget ya.

Mau dapat ucapan juga dari beliau? Paling nggak bisa mengunjungi negara beliau? Mau banget dong. Yuk, mulai wujudkan impianmu dari sekarang!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya