Jakarta memang dikenal sebagai tempat tujuan bagi para pekerja. Kebanyakan orang berpikir bekerja di Jakarta bisa memperoleh gaji yang lebih dari cukup. Lapangan perkerjaannya pun bisa di bilang cukup beragam. Kota metropolitan terbesar di Asia Tenggara ini juga sangat lekat dengan kemacetan.

Bahkan, sampai ada ungkapan yang bilang kalau Ibu Kota lebih kejam dari ibu tiri. Mungkin hal ini ada benarnya juga. Karena jika setiap hari harus bergelut dengan hiruk pikuknya kota Jakarta bisa membuat orang menjadi mudah stres. Tapi, daripada datang ke Jakarta terus kamu stres, mending kamu pintar-pintar cari celah, deh. Cobalah datangi beberapa tempat wisata. Selain dapat hiburan, kamu juga bisa mendapatkan edukasi dari tempat-tempat yang kamu datangi.

Kira-kira tempat wisata apa aja yang sangat recommended untuk dikunjungi? Cari tahu lewat info berikut ini, yuk!

1. Monas

Monumen Nasional atau yang lebih dikenal dengan nama Monas ini merupakan monumen peringatan yang didirikan dengan tujuan untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia dalam merebut kemerdekaan dari para penjajah.

Advertisement

Tempat ini merupakan salah satu tempat wisata yang cukup populer di kalangan wisatawan. Monas sendiri sering dianggap sebagai salah satu tempat wisata ikonik yang ada di Jakarta. Di sini, kamu bisa melihat-lihat museum yang menyimpan banyak memorabilia tentang bangsa Indonesia di masa perang hingga berhasil merebut kemerdekaan dari tangan para penjajah.

Ada hal lain yang biasanya menjadi favorit para wisatawan untuk dilakukan, yaitu menikmati pemandangan Kota Jakarta dari ketinggian yang bisa dilihat dengan teropong yang telah disediakan.

2. Kota Tua

Kalau kamu tinggal di Jakarta atau sedang berlibur di kota ini, tak ada salahnya kalau kamu mengunjungi tempat wisata yang sarat akan nilai sejarah, yaitu dengan mendatangi kawasan wisata Kota Tua Jakarta. Meskipun Jakarta dikenal sebagai tempat yang sudah moderen, di sini kamu masih bisa menikmati suasana yang kental akan nuansa Kota Jakarta tempo dulu. Setiap harinya, kwasan ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Advertisement

Ada beberapa tempat yang bisa kamu kunjungi saat berada di wisata Kota Tua ini. Misalnya saja berkunjung ke Museum Fatahillah, di mana di sini kamu bisa melihat beberapa koleksi replika peninggalan masa Tarumanegara dan Pajajaran, furnitur-furnitur antik, koleksi keramik, dan sederet benda bersejarah lainnya.

Di sini juga terdapat penjara bawah tanah yang menjadi saksi bisu dari penderitaan para tawanan jaman penjajahan Belanda yang kondisinya sangat memprihatinkan. Selain Museum Fatahillah, kamu juga bisa mendatangi Pelabuhan Sunda Kelapa, Museum Bank Indonesia, Museum Seni Rupa dan Keramik, dan Toko Merah di kawasan Kota Tua ini.

3. Taman Mini Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah via https://www.cantikbijak.com

Taman Mini Indonesia Indah atau yang juga dikenal dengan TMII ini sangat cocok buat kamu yang emang pengen nyari pengetahuan tentang bermacam-macam budaya Indonesia. Di sini terdapat 33 Anjungan Daerah yang mengelilingi danau Miniatur Arsipel Indonesia. Di mana bangunan ini melambangkan kesatuan NKRI.

Anjungan Daerah ini didirikan untuk mewakili berbagai macam suku bangsa di Indonesia. Karena seperti yang kita tahu, Indonesia memiliki suku bangsa yang masing-masing memiliki bentuk dan corak rumah adat yang berbeda. Dengan mengunjungi TMII, kamu akan diajak untuk bisa lebih mencintai Indonesia. Karena memang TMII ini mengusung konsep kearifan lokal nusantara.

4. Planetarium

Buat kamu yang suka sama benda-benda langit, tempat ini sangat direkomendasikan untuk didatangi. Di sini kamu bisa mendapatkan pengetahuan tentang planet, bintang, asteroid, ruang angkasa, bulan, matahari, dan seluk beluk tentang tata surya lainnya.

Di tempat wisata yang merupakan planetarium tertua di Indonesia ini, kamu bisa menyaksikan pentujukan simulasi perbintangan dan benda-benda langit lainnya. Kamu akan diajak untuk berpetualang di ruang angkasa untuk memahami konsep tentang alam semesta. Gimana? Seru, bukan?

5. Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan via https://www.pikniek.com

Kalau tadi adalah tempat-tempat wisata sejarah yang bisa kamu kunjungi, sekarang waktunya buat kamu untuk melihat tingkah polah hewan-hewan lucu dan menggemaskan. Atau mungkin juga kamu ingin berinteraksi langsung dengan mereka, segera kunjungi Kebun Binatang Ragunan.

Objek wisata ini juga cocok dijadikan sebagai tempat liburan bagi keluarga, khususnya untuk anak-anak. Si kecil bisa belajar tentang berbagai macam jenis hewan yang mungkin belum mereka ketahui. Selain itu, anak-anak juga bisa belajar untuk lebih menyayangi binatang.

Orang dewasa pun bisa bersenang-senang dan melepaskan penat saat berkunjung ke sini. Melihat dan berinteraksi langsung dengan binatang tentu akan menjadi sebuah pengalaman seru yang tak terlupakan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya