Di dunia tak ada yang mustahil, termasuk kamu yang ingin liburan dan berkeliling dunia. Kalaupun dirasa terlampau berat, setidaknya kamu bisa fokus untuk berkeliling ke suatu wilayah, Britania Raya misalnya. United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland atau United Kingdom) bisa juga dikenal Britania Raya / Inggris Raya, adalah negara berdaulat yang letaknya di lepas pantai barat laut benua Eropa. Kamu bisa banget traveling ke beberapa negara di Britania Raya ini, ada Inggris, Wales, Irlandia Utara, dan Skotlandia.

Britania Raya adalah salah satu wilayah negara yang sangat layak dikunjungi, setidaknya sekali seumur hidupmu. Tentunya kamu bisa memilih tujuan wisata sesuai selera dan minatmu. Selain itu, tentunya biaya yang harus dipersiapkan untuk travelling ke luar negeri berikut tidaklah murah. Perlu cukup waktu untuk menabung dan bekerja keras mewujudkannya. Hal ini tentu menjadi PR yang luar biasa, belum lagi kemampuan berbahasa inggris wajib kamu kuasai untuk kenyamanan dan keamanan kamu berlibur ke Britania Raya nantinya.

Buat kamu yang ingin mewujudkan keinginanmu traveling ke negara di Britania Raya (sebaiknya kamu beri target, misal 2 tahun lagi dari sekarang) entah Inggris, Wales, Skotlandia, ataupun Irlandia Utara. Ada baiknya kamu mulai mencari tahu seluk beluk informasi segala hal tentang Britania Raya, baik biaya, transportasi, penginapan, kuliner, tempat wisata, kebudayaan, hari-hari istimewa, cuaca, bangunan, dan hal-hal lainya yang kamu rasa perlu. Mulai cicil deh informasinya bertahap dari sekarang agar kamu semakin semangat untuk mewujudkannya.

Britania Raya bukan hanya tentang Inggris dan Ibu Kotanya (London), namun masih ada Wales, Irlandia Utara dan Skotlandia. Tentunya di setiap negara memiliki pesona menakjubkan masing-masing. Misal nantinya Tuhan menghendaki kamu singgah ke Britania Raya, ada beberapa tempat yang Instagramable dan sangat layak untuk kamu singgahi.

Penasaran kan? Yuk langsung intip aja tempat-tempatnya!

1. Wisata Stonehenge yang ASLI

Stonehenge merupakan suatu bangunan unik yang sudah dibangun sejak zaman Perunggu, dan Neolitikum. Lokasinya dekat dengan dengan daerah Amesbury di Wiltshire, Inggris, kira-kira 13 kilometer barat laut Salisbury. Transportasi yang dapat kita gunakan untuk mengunjungi Stonghenge yaitu bisa dengan bis yang berangkat dari Victoria Coach Station di pusat kota London.

Sedangkan lama perjalanan kurang lebih -/+ sekitar 2 jam. Lalu turun di Amesbury dan lanjutkan dengan taksi. Atau bisa juga menggunakan coach, di stasiun, atau dari agen tiket National Express. Harga tiket Stonehenge pun sekitar £8.00 untuk dewasa , anak-anak (5-15 tahun) £4.80, siswa sekolah £7.20 dan paket keluarga sebesar £20.80 (harga bisa berubah sewaktu-waktu, tentunya sesuai kebijakan pengelola disana). Jika ingin ke lokasi Stonehenge ini sebaiknya sejak pagi ya, karena tempat ini buka dari jam 09:30 sampai 16:00.

Advertisement


Anyway, di Yogyakarta juga ada replika Stonehenge hlo, tepatnya di The Lost World Castle.


2. Old Man of Storr, Portree, United Kingdom

United Kingdom

United Kingdom via https://images.pexels.com

Mari beralih ke sebelah barat Skotlandia, di sana ada pulau Isle of Skye yang merupakan pulau dalam gugus Kepulauan Inner Hebrides. Keindahan landscape alami pulau ini sungguh menjadi sebuah daya tarik wisata yang menakjubkan (kalau di Indonesia, mirip Labuan Bajo, Ehh… beda ding).

Tak hanya itu saja, transportasi kelokasi sekarang terbantu dengan akses untuk mengunjungi pulau ini menjadi lebih mudah dengan adanya jembatan Skye Bridge yang menghubungkannya dengan daratan utama Skotlandia. Jembatan ini dibangun pada lokasi dengan jarak terdekatnya ke daratan utama, yakni antara Kyle of Lochalsh (daratan utama) dengan Kyleakin (di pulau Isle of Skye).

Advertisement

Dan tahukah kamu, jika kota terbesar di Isle of Skye adalah Portree, sedangkan lokasi wisata alam yang paling menarik adalah bukit batu Old Man of Storr. Bukit batu yang unik lainnya adalah MacCleod’s Table yang berbentuk kerucut di mana bagian puncaknya terpotong datar sehingga terlihat seperti meja. Perbukitan Cuillin juga menyajikan panorama yang indah.


Sebuah panorama surga dunia dengan segala keunikan yang mungkin tak hadir di negara lain.


3. Twin Bridge, Dikala Jembatan Terbelah

Sudah menjadi rahasia umum jika Inggris termasuk salah satu negara yang begitu terkenal dengan kokoh dan megah bangunan serta jembatannya. Salah satunya adalah Twin Bridge (Tower Bridge), sebuah jembatan unik di London di Inggris dengan bangunan menara kembar di atasnya, yang menjadi landmark. London Bridge begitu kental akan sejarahnya sampai-sampai dijadikan jadi lagu anak-anak TK di sana, 'London Bridge Is Falling Down'. Tower Bridge dibangun tahun 1886–1894 untuk menyeberangi Sungai Thames. Jembatan ini diresmikan 30 Juni 1894, umurnya sudah 122 tahun sekarang.

Asiknya, Tower Bridge bisa dinikmati dari kejauhan, dan salah satu spot terbaik dan ideal menikmati Tower Bridge adalah dengan singgah di Taman Potter's Field (dulu pernah dijadikan lokasi Festival Indonesian Weekend). Dari taman ini kamu bisa memandangi bangunannya dengan leluasa. Selain itu, ditaman ini kamu bisa sembari asyik untuk duduk-duduk dan ngobrol seharian bareng pasangan.

Ada juga momen spesial yang ditunggu-tunggu, yaitu ketika bel berbunyi keras sebagai tanda Tower Bridge akan diangkat jembatannya agar kapal besar bisa lewat. Kendaraan dan pejalan kaki di atas kapal dihentikan. Wisatawan pun merubung di tepi Sungai Thames.


Perlahan-lahan jembatan Tower Bridge pun membelah menjadi dua, lalu terangkat naik ke masing-masing menara. Sembari kapal mulai lewat perlahan dan jadi perhatian wisatawan.


Setelah itu jembatan turun kembali. Kendaraan dan pejalan kaki di jembatan bisa melanjutkan perjalanan dan aktivitas mereka masing-masing.

4. Sudut Romantis Kota Newcastle yang Berpapasan dengan Tyne Bridge

Apa yang kamu pandangi pada foto di atas adalah kombinasi fotogenic antara Tyne Bridge dengan Baltic Quay Apartment, yang terletak di Kota Newscastle. Sebuah kota yang dulu pernah menjadi kota galangan kapal di Inggris. Namun sekarang Newcastle terkenal dengan sebutan The Magpies, The Toon Army (Newcastle Football Club). Selain itu kota ini juga dikenal karena hiburan malamnya.

Kelak jika kamu berkesempatan berkunjung ke Inggris, singgahlah sejenak dan mengunjungi beberapa restoran mewah yang menyajikan kuliner dari seluruh dunia. Tak perlu heran jika para penggila pesta memilih untuk menghabiskan uang hasil kerja keras mereka (atau bukan) di Newcastle. Fasilitas di kota ini cukup menarik bagi kaum hippie dan pencinta budaya, namun sebenarnya keramahan penduduk setempatlah yang membuat Newcastle menjadi tempat liburan yang sangat istimewa.


“Gordies”, sebuah julukan bagi mereka yang menunjukkan kebanggaan, ketekunan, dan semangat yang tak pernah padam di kota ini.


5. Sudut Pandang Lainnya dari Isle of Skye Hiking

Isle of Skye Hiking

Isle of Skye Hiking via https://images.pexels.com

Di Isle of Skye, lokasi wisata alam yang paling menarik memang bukit batu Old Man of Storr. Namun, jika berkenan menjelajah sedikit lebih jauh, maka kamu akan mendapati panorama menakjubkan lainnya, terlebih ketika matahari berangsur tenggelam.


Kamu tahu nggak, mengapa senja itu menyenangkan? – Sore


6. Eilean Donan Castle

Eilean Donan Castle

Eilean Donan Castle via https://images.unsplash.com

Eilean Donan Castle termasuk dalam jajaran kastil terbaik di dunia yang menjadi ikon dari Skotlandia dan telah diakui di seluruh dunia. Sebagai informasi bahwa kastil ini berlokasi di sebuah pulau pada titik di mana tiga laut besar bertemu dan dikelilingi oleh beberapa pemandangan yang menakjubkan di dataran tinggi Skotlandia.

Dahulu kala, kastil Eilean Donan sempat hancur sebagian karena adanya pemberontakan Jacobite tahun 1719. Kastil Eilean Donan tinggal puing-puing, hingga pada suatu ketika Letnan Kolonel John MacRae-Gilstrap membeli pulau pada tahun 1911 dan melanjutkan untuk mengembalikan kastil berdiri megah kembali.

Waktu berlalu, dan setelah 20 tahun kerja keras untuk membangun kembali kastil, akhirnya kastil dibuka kembali pada tahun 1932. Hingga akhirnya kamu memiliki kesempatan untuk berkunjung ke kastil ini dan menikmati segala keindahan disana. Menjelajahi hampir setiap bagian dari Kastil Eilean Donan, dan menikmati perjalanan melalui sejarah bukan lagi hal mustahil.

Eilean Donan sekarang memiliki pusat pengunjung dan fasilitas yang cukup memadai, diantaranya ada kantor tiket, coffee shop, gift shop dan toilet ditambah fasilitas area parkir yang cukup tanpa dipungut biaya. Tak sedikit orang yang menyebut bahwa Eilean Donan adalah kastil yang paling indah di Skotlandia. Sampai-sampai Eilean Donan digambarkan sebagai reinkarnasi romantis dalam tradisi kebangunan rohani kastil abad ke-20 awal (ternyata yang romantis bukan cuma sudut kota Jogja dan gombalan Dilan aja).

Oh iya, kalau kamu ke tempat ini, pastikan di jam kunjung ya, yaitu setiap hari :

Bulan 1 Februari – 31 Desember mulai pukul 10:00-18:00,

Bulan 1 Juni mulai pukul 09.30 – 18.00,

Bulan 1 Juli & Agustus mulai pukul 09.00-18.00.

Sedangkan Harga tiket masuk untuk dewasa berkisar £ 6,50, Konsesi (Mahasiswa & Lanjut Usia) : £ 5,50, Keluarga (2 Dewasa + 3 Anak Usia 5-15) : £ 16,00, Anak-anak dibawah 5 tahun tidak dikenakan tiket masuk (harga bisa berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan pengelola ya).

Anyway, Eilean Donan Castle juga punya fasilitas transportasi bis untuk tur dari kota Edinburg, Glasgow dan Inverness. Lumayan membantu nih, kamu cukup cek melalui alamat situsnya jika ingin mengikuti tur dengan bis. Atau kamu juga bisa ke kastil ini menggunakan kendaraan pribadi melalui Glasgow dengan perjalanan kurang lebih -/+ selama 3 jam.

7. Sisi Lain dari Old Man of Storr, Portree, United Kingdom

Masih di sekitaran Isle of Skye Hiking, tepatnya Old Man of Storr, Portree, United Kingdom. Untuk kamu penyuka adrenalin, fotografi, dan seorang petualang. Tentunya tak akan bosan jika mendapati kesempatan menelusuri gugusan pulau Isle of Skye Hiking. Banyak sekali sudut indah yang layak di eksplore lebih jauh. Menyaksikan keindahan alam nan asri yang begitu memukau dari pandangan yang berbeda.


Tentunya ada kepuasan tersendiri, karena liburan bukan semata-mata perjalanan, namun kebermaknaan disetiap singgahan.


8. Senja di Ujung Pulau Isle of Skye

Masih di kepulauan Isle of Skye Hiking, bedanya jika kamu meluangkan waktu untuk turun ke bibir pantainya di kala sore hari, tepat menjelang matahari tenggelam. That's so amazing bro!


Golden sunset benar-benar membangunkan semangatmu usai lelah berkeliling Britania Raya!


Ketika kamu di sini, jangan baper dan sok-sok an bilang "tahu nggak, kenapa senja itu menyenangkan?" Yakin deh, nggak akan mempan dan tetep kalah romantis dengan suasananya.

9. Area di Sekitar Temple Bar, Dublin, Ireland

Temple Bar berlokasi di tepi selatan Sungai Liffey di Dublin tengah, Irlandia. Kawasan ini dibatasi oleh Liffey di utara, Dame Street di selatan, Westmoreland Street di timur dan Fishamble Street di barat. Namun, tempat ini tidak seperti bagian lain dari pusat kota Dublin, hotel-hotel di sini dipromosikan sebagai kawasan budaya Dublin dan memiliki kehidupan malam yang semarak yang populer di kalangan turis. Benar-benar semarak dan menjadi tempat populer termasuk The Palace Bar, The Temple Bar Pub, Oliver St. John Gogarty's dan The Auld Dubliner (bar anak laki-laki yang baik).

Temple Bar sendiri adalah salah satu pub paling populer di distrik ini, dan dengan berbagai ulasan yang bagus. Ada banyak hal kamu bisa dapati di sini, mulai dari pilihan bir, kerajinan lokal, juga karena harga internasional yang biasa (cukup terjangkau), dan kamu juga bisa bersantai disini dengan musisi tradisional Irlandia berkualitas tinggi yang memainkan permainan musik bagus 'Fields of Athenry' dan 'It's a Long Way to Tipperary'. Tempel Bar didirikan pada tahun 1840, pub ini termasuk salah satu lokasi instagramable dan paling sering dikunjungi.

10. Howth, Dublin, Ireland

Howth, Dublin

Howth, Dublin via https://images.unsplash.com

Maish di Dublin, Irlandia, tepatnya di darah Tebing Howth. Jika kamu suka mendaki dan pemandangan alam, sempatkanlah untuk mendaki sejauh 6 mil di tepi tebing Howth, tepat di luar Dublin, Irlandia, kamu akan disambut oleh pemandangan Laut Irlandia yang menakjubkan. Di tepi tebing, bisa kamu pandangi hamparan air laut yang indah, seolah benar-benar menjadikan dirimu pemilik puncak dunia.

Last, tentu sebenarnya ada banyak sekali tempat menakjubkan di Britania Raya. Namun setidaknya 10 spot wisata tadi mewakili sedikit gambaran lain dari pesona indahnya Britania Raya. Kamu nggak akan terpaku sebatas London, Liverpool, ataupun Manchester saja.

Jadi, kamu berencana liburan kesana kapan nih?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya