Untuk Air Bersih, Jangan Kompromi! Yuk, Segera Lakukan 5 Hal Ini

Air yang bersih tentu aman untuk kamu dan keluarga

Apakah kamu pernah merasa ragu ketika sedang meminum air bersih di rumah? Pertanyaan-pertanyaan tentang apakah air yang kamu minum atau air yang akan kamu pakai untuk mandi sudah steril atau belum pasti sering muncul. Air yang terlihat bersih dan jernih belum tentu layak untuk dikonsumsi. Hal ini dikarenakan masih ada bakteri atau kuman yang tidak kasat mata.

Jika kamu mengonsumsi air bersih yang mengandung kuman terus menerus, hal ini bisa berakibat pada gangguan kesehatanmu, lho! Berbagai penyakit seperti diare, penyakit kulit hingga cacingan bisa saja menghampiri.

Coba lakukan cara di bawah ini, deh. Dekoruma sudah menyiapkan hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan air bersih. Urusan air bersih jangan ambil kompromi. Yuk, simak di bawah ini!

Advertisement

1. Cek kualitas air dengan mencium bau air bersih

Mencium Air Bersih Sebelum Diminum

Mencium Air Bersih Sebelum Diminum via http://thefrisky.com

Kamu bisa menentukan kualitas air bersih dengan menggunakan indra penciuman.Ujilah dengan mengendus air bersih yang akan dikonsumsi.

Beberapa indikasi air bersih tercemar biasanya ditandai dengan bau-bau seperti bau pemutih yang mengindikasikan adanya klorin. Bau ini biasanya akan menghilang jika air terpapar udara bebas. Pada umumnya, bau pemutih tidak berbahaya.

Advertisement

Kemudian, ada juga bau telur busuk yang menandakan adanya perkembangan bakteri. Tuang ke dalam gelas untuk mengecek apakah bau tersebut masih ada di udara bebas. Apabila bau busuk semakin kuat maka disarankan untuk segera menghubungi PDAM daerahmu.

2. Mengecap rasa air bersih

Seorang Wanita Minum Air Bersih

Seorang Wanita Minum Air Bersih via http://homehacks.co

Tak hanya indra penciuman, indra pengecap juga bisa membantu menentukan apakah air yang dikonsumsi bersih. Pertama-tama, jika air terasa sangat pahit, langsung muntahkan. 

Air bersih yang memiliki rasa logam bisa jadi disebabkan oleh kadar pH yang rendah atau mineral berlebih di dalam suplai air. Logam tersebut bisa masuk ke air bisa jadi karena karat yang ada pada saluran air bersih. Jika air terasa seperti pemutih, kemungkinan terdapat klorin berlebihan.

Advertisement

3. Memeriksa air bersih keruh atau tidak

Air Bersih Pada Beberapa Gelas

Air Bersih Pada Beberapa Gelas via http://healthfully.com

Kamu bisa melakukannya dengan menerawang segelas air pada cahaya dan kamu bisa melihat partikel yang mengambang atau kekeruhan yang ada pada air. Jika kamu melihat kekeruhan atau partikel berlebih di dalam air, hubungi PDAM daerahmu. Cara ini bisa sangat mudah kamu lakukan di manapun, di rumah ataupun di tempat kerja. Jika kamu ragu dengan air bersih di tempat kerjamu, kamu bisa mengecek air bersih dengan melakukan hal yang sama kemudian taruh gelas di atas meja kerja dan terawang lewat cahaya lampu kantor.

4. Periksa warna air bersih

Warna Air Kotor

Warna Air Kotor via http://thespruce.com

Periksa warna air dengan membiarkannya mengalir beberapa menit untuk membersihkan endapan air yang tertahan di dinding saluran. Setelah itu, taruh air bersih tadi ke dalam gelas dan terawang menggunakan cahaya setempat. Apabila warna air tampak tidak bagus seperti kecoklatan atau gelap, segera hubungi segera PDAM.

5. Menggunakan water filter

Water Filter Dalam Lemari

Water Filter Dalam Lemari via http://homegearx.com

Menggunakan alat penyaring air bersih atau water filter juga bisa kamu lakukan untuk mendapatkan air berkualitas. Alat ini bisa memproduksi air minum yang sehat melalui teknologi yang sudah diciptakan. Sebuah water filter pada dasarnya dibangun di atas sistem yang mengeliminasi 90-95 persen zat berbahaya yang terkandung di dalam air.

Meletakkan water purifier di rumah juga membutuhkan tempat khusus seperti lemari custom. Misalnya, lemari custom bisa diletakkan di bawah wastafel. Kamu juga bisa memilih material lemari custom yang kuat dan tahan air sehingga bisa awet seperti multiplek atau plywood. Jangan lupa juga untuk rajin mengganti filter-nya agar tetap terjaga kebersihannya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE