Apakah kamu seorang Novel Lovers? Pecinta novel pastinya sangat menyukai membaca Novel dari beberapa genre, dan mereka menggangap membaca novel adalah salah satu cara untuk mengisi waktu luang.

Banyak novel di dunia ini yang patut dan layak untuk dibaca. Novel-novel tersebut, tidak hanya menyuguhkan tentang cerita cinta atau kehidupan namun juga tersirat motivasi-motivasi untuk menjalani hidup.

Tentunya, selain cerita, gaya bahasa juga kerap menjadi pertimbangan para novel lovers dalam menilai sebuah bacaannya.

Di dunia ini, pastinya sudah ada banyak novel yang sangat inspiratif dan cocok untuk dibaca. Berikut lima di antara sekian banyak novel, yang bagus dan layak untuk dibaca serta diresapi maknanya.

1. Bumi Manusia, karya Pramoedya Ananta Toer

Novel Bumi Manusia

Novel Bumi Manusia via https://www.instagram.com

Novel ini merupakan karya dari Pramoedya Ananta Toer yang sudah diterbitkan dalam 33 bahasa. Dalam buku ini berlatarkan waktu tahun 1898 – 1918. Masa dimana munculnya pemikiran politik etis dan masa awal periode Kebangkitan Nasional.

Dikisahkan tentang perjalanan seorang tokoh bernama Minke yang merupakan anak pribumi yang sekolah HBS. Pada waktu itu, sekolah HBS diisi oleh kebanyakan orang keturunan Eropa.

Advertisement

Hal tersebut menyebabkan ia kurang disukai oleh siswa-siswi Eropa lainnya. Minke digambarkan sebagai seorang revolusioner yang berani melawan ketidakadilan yang terjadi pada bangsanya.

Penasaran dengan ceritanya? Baca saja Novelnya, dijamin nggak akan nyesel.

2. A Walk to Remember karya Nicholas Sparks

Novel A Walk to Remember

Novel A Walk to Remember via https://www.instagram.com

Bagi kalian yang suka kisah cinta romantis, baca novel A Walk to Remember karya Nicholas Sparks ini bisa dijadiin pilihan. Meskipun kisah romantisnya ini klasik, namun alurnya unik dan ceritanya cukup inspiratif.

Advertisement

Singkat cerita, Novel ini mengkisahkan tentang lelaki berandalan bernama Landon yang menyukai seorang gadis baik hati dan pintar bernama Jamie.

Sehingga si lelaki ini pun memutuskan untuk bersikap lebih baik agar bisa terus dekat dengan Jamie. Namun ternyata, Jamie mengidap penyakit leukemia.

Penasaran dengan kisah lanjut mereka? Baca aja langsung bukunya, jangan lupa bawa tisu juga ya.

3. Negeri 5 Menara karya A Fuadi

Novel Negeri 5 Menara

Novel Negeri 5 Menara via https://www.instagram.com

Nah, novel yang satu ini cocok banget buat kalian para pesantren, mantan pesantren, atau sekedar ingin mengetahui kehidupan pesantren.

Dalam novel ini menceritakan tentang 5 kehidupan 6 santri dari 6 daerah yang berbeda namun menuntut ilmu di pondok yang sama.

Mereka sekolah, belajar, dan berasrama bersama. Kian hari mereka semakin akrab dan memiliki kegemaran yang sama pula.

Dari kegemaran yang sama mereka menyebut diri mereka sebagai Sahibul Menara. Dan mereka memegang teguh prinsip untuk jangan pernah remehkan impian, walau setinggi apa pun. Tuhan sungguh Maha Mendengar.

4. Jane Eyre karya Charlotte Bronte

Novel Jane Eyre

Novel Jane Eyre via https://www.kepogaul.com

Novel ini wajib banget dibaca terutama buat kalian para wanita di dunia ini. Novel ini menceritakan tentang seorang perempuan bernama Jane Eyre yang miskin dan tidak cantik. Namun ia memiliki jiwa dan semangat yang terkalahkan.

Selain menceritakan perjuangan hidup Jane Eyre yang penuh liku-liku, dalam novel ini terdapat juga sisi romantisme percintaan dan sisi religius manusia.

Semua itu membuat novel ini bukanlah sebuah novel romantis yang picisan, melainkan sebuah novel romantis yang elegan.

5. Rahvayana, Aku lala Padamu karya Sujiwo Tejo

Novel Rahvayana

Novel Rahvayana via https://www.kutipkata.com

Bukan Sujiwo Tejo namanya kalau tidak nyeleneh dan keluar dari pakem. Dalam karyanya kali ini, ia mengadaptasi kisah perwayangan dengan dunia modern. Novel ini menggambarkan romantisme kerinduan Rahwana kepada Sinta melalui kumpulan surat.

Surat-surat yang dibuat Rahwana untuk Sinta pun cukup kuat. Seperti arti Aku Lala Padamu, kerinduan yang amat dalam sampai tidak bisa diwakili oleh sebuah kata. Dan masih banyak lagi. Novel ini wajib kamu baca biar rambah romantis.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya