Jangan Paksa Dirimu! 5 Hal yang Sebenarnya Tidak Perlu Kamu Lakukan Dalam Hidupmu

Hal-hal yang tidak harus kamu lakukan demi menjaga kesehatan mentalmu

Hai Sobat Hipwee, sebenarnya dalam hidup ini, tidak semua hal harus kita lakukan. Pun, tidak semua permintaan wajib kita sanggupi.

Orang lain mungkin mengatakan bahwa kamu bisa, kamu mampu melakukan hal-hal yang mereka inginkan, namun, ‘bisa’ dan ‘mampu’ bukan berarti kamu ‘harus’ dan ‘wajib’ menyanggupinya. Sayangnya, di kehidupan nyata masih ada orang-orang yang berkeras bahwa ‘bisa’ adalah ‘harus’. Sebetulnya tidak. Jika kamu tidak suka, kenapa kamu harus berpura-pura? Kamu, tentu saja, punya hak untuk menolaknya.

Mulai dari sekarang, jangan lagi memaksakan diri untuk melakukan hal-hal yang tidak kamu sukai—sesuatu yang bukan kamu banget. Berikut 5 hal yang tidak perlu kamu lakukan dalam hidupmu, terutama untuk menjaga kesehatan mentalmu.

Advertisement

1. Bukan suatu kewajiban untuk melakukan atau menyanggupi segala hal

Foto oleh RODNAE Productions dari Pexels

Foto oleh RODNAE Productions dari Pexels via https://www.pexels.com

Siapa bilang kamu harus menyanggupi segala hal? Siapa bilang kewajibanmu untuk menanggung semua beban?

Jangan tanggung beban-beban itu di pundakmu sendirian. Berbagilah tanggung jawab itu pada yang lain. Atau, belajarlah untuk berani menolak. Pertimbangkan segala sesuatunya. Jangan buat dirimu dalam posisi tertekan dan ditekan. Kamu berhak menjadi dirimu sendiri.

Advertisement

2. Bukan kewajibanmu untuk menjadi pahlawan bagi semua orang

Foto oleh Samantha Garrote dari Pexels

Foto oleh Samantha Garrote dari Pexels via https://www.pexels.com

Menolong orang lain merupakan tindakan yang baik. Bahkan, di zaman ini sudah jarang sekali orang-orang yang tulus mengulurkan tangan untuk orang lain. Langka.

Namun, kamu tidak bisa memaksakan diri untuk terus menolong orang lain. Melakukan hal yang baik tetapi mengenyampingkan urusan diri sendiri boleh jadi adalah tindakan mendzalimi diri sendiri.

Sama halnya dengan membahagiakan semua orang. Hey! Bukan kewajibanmu untuk membahagiakan orang lain termasuk orangtuamu, saudara, keluarga, kerabat maupun pasangan. Bahagia adalah tanggung jawab setiap individu masing-masing, bukan tanggung jawab orang lain.

Advertisement

3. Bukan sebuah kewajibanmu untuk menjadi pribadi yang selalu disukai oleh orang lain

Foto oleh Jopwell dari Pexels

Foto oleh Jopwell dari Pexels via https://www.pexels.com

Satu fakta yang harus kamu ketahui, tidak semua orang menyukaimu. Mau seperti apapun usahamu untuk membuat mereka menyukaimu, jika mereka tidak suka, maka telak tidak akan ada kata ‘suka’ untukmu.

So, kamu tidak perlu bersusah payah membuat semua orang menyukaimu, mencintaimu. Jadilah dirimu apa adanya, itu sudah lebih dari cukup.

4. Kamu tidak harus selalu tersenyum. Jangan paksakan jika kamu tidak suka

Foto oleh Stephan Seeber dari Pexels

Foto oleh Stephan Seeber dari Pexels via https://www.pexels.com

Siapa bilang kamu harus selalu tersenyum?

Jangan paksakan tersenyum untuk hal-hal yang tidak membuatmu senang. Jangan paksakan tersenyum di atas hal-hal yang tidak kamu sukai.

Tersenyumlah jika kamu benar-benar senang, betul-betul bahagia. Karena sejatinya senyuman adalah ungkapan hatimu yang sesungguhnya. Jadi, jangan terus berpura-pura.

5. Bukan kewajibanmu untuk hidup tanpa mencintai diri sendiri. Kamu harus bahagia

Foto oleh Marcus Aurelius dari Pexels

Foto oleh Marcus Aurelius dari Pexels via https://www.pexels.com

Setelah bersusah payah menggapai mimpi, setelah segala daya telah kamu kerahkan untuk meraih cita-cita, maka hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah mencintai diri sendiri. Memang benar, manusia hidup untuk mengejar cita-cita dan mimpi mereka. Namun, kamupun perlu memberikan dirimu cinta.

Bagaimana?

Setelah perjuangan yang panjang, lelah bukan? Maka, berikanlah dirimu cukup istirahat. Itu adalah bahasa cinta untuk dirimu sendiri.

 

Dalam hidup ini, ada hal-hal yang sebetulnya tidak harus kamu lakukan. Orang lain boleh berkomentar ini dan itu, tapi ingatlah satu hal bahwa kehidupanmu saat ini adalah kamu yang jalani.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

selalu ingin belajar menulis

CLOSE