Kalo denger kata diabetes, hal yang pasti muncul di pikiran kamu adalah penyakit berbahaya yang penyebabnya kelebihan gula dalam tubuh. Penyakit diabetes juga sering disebut sebagai penyakit orang tua, sama seperti halnya penyakit darah tinggi, stroke, dan gangguan fungsi jantung. Jadi, bener gak sih kalau diabetes cuman bisa menyerang individu lanjut usia?

Ternyata, nggak cuma orang tua yang bisa kena diabetes. Anak muda juga memiliki potensi terkena penyakit tidak menular berbahaya ini. Jurnal “Epidemic Obesity and Type 2 Diabetes in Asia” yang dikutip oleh The Lancet, menyatakan jika masyarakat Asia terkena Diabetes pada usia yang lebih muda. Peningkatan penyakit diabetes di Asia juga bisa dibilang lebih tinggi dibandingkan Amerika Serikat.

IDF sendiri sudah nemepatin Indonesia di posisi ke-7 sebagai negara dengan jumlah populasi penderita diabetes terbanyak di dunia sebanyak 10 juta orang pada tahun 2015. Bahanya lagi, jumlah itu diproyeksikan menjadi 16,2 juta orang pada 2040 dan naik ke peringkat keenam dunia karena banyak orang yang gak sadar sama gejala diabetes tipe 2.

Diabetes tipe dua atau yang biasanya sering disebut dengan diabetes melitus adalah diabetes yang disebabkan oleh resistensi tubuh terhadap hormon insulin. Jadi, sel-sel dalam tubuh udah gak responsif sama insulin. Penyebabnya bisa karena pola hidup yang gak sehat dan kurang gerak fisik. Keseringan makan junk food, begadang scrolling sosmed, jarang tidur karena harus selesaiin deadline tugas, hingga males olahraga bisa bikin penyakit diabetes menghantui kamu. Faktanya, jurnal dari American Heart Association, pada 2012 melansir bahwa orang yang memakan fast food lebih dari dua kali seminggu punya risiko terserang diabetes sebesar 27 persen.

Terus apa aja sih caranya biar kita terhindar dari penyakit yang sering disebut silentkiller ini? yuk kita simak bersama!

1. 1. Memulai pola makan yang sehat

RitaE on pixabay

RitaE on pixabay via https://pixabay.com

Makan makanan berlemak dan tinggi gula memang enak, tapi kalau sudah berlebihan, efeknya gak akan baik buat tubuh kamu. Apalagi kalau kamu males banget makan sayur-sayuran dan buah-buahan. Kalau memang nggak suka sayur dan buah, kamu bisa mengakalinya dengan meminum jus sayur dan buah.

2. 2. Mengurangi makanan tinggi gula

shirley810 on pixabay

shirley810 on pixabay via https://pixabay.com

Advertisement

Siapa sih di sini yang nggak suka ngopi atau minum bubble drink? Setiap hari, kayaknya ada yang kurang kalau kita gak minum salah satu dari minuman ini.

Padahal, minuman ini merupakan sumber gula yang tak terlihat, dan bisa bikin kadar gula dalam darah kamu meningkat.  Faktanya, menurut channel news asia, satu gelas bubble drink setara dengan 20,5 sendok teh gula pasir! Sebisa mungkin kurangi asupan minuman dengan gula atau perisa makanan.

3. 3. Kurangi stress

energepic.com on pexels

energepic.com on pexels via https://www.pexels.com

Tau kah kamu kalau stress juga bisa bikin gula darah kamu naik? Ini disebabkan oleh hormon yang akan muncul ketika stres adalah adrenalin dan kortisol, yang mana kedua hormon ini juga berfungsi untuk meningkatkan gula darah untuk meningkatkan energi dalam tubuh.

Advertisement

Karena tanpa kamu sadari, kondisi stres bisa menguras energi dan tenaga yang ada di dalam tubuh yang seharusnya dipakai untuk beraktivitas. Oleh karena itu tidak jarang orang yang mengalami stres juga sering kali merasa cepat lelah. Jadi, kurangi stress kamu sekarang juga ya!

4. 4. Tidur yang cukup

acharapornkamornboonyarush on pexels

acharapornkamornboonyarush on pexels via https://www.pexels.com

Dalam sehari, setidaknya kamu harus dapet enam jam waktu tidur di malam hari. Ini bisa menjadi salah satu cara untuk mencegah diabetes. Kurang tidur dapat meningkatkan hormon kortisol dalam tubuh, yang dapat meningkatkan tingkat insulin dan menyebabkan gula darah kamu tidak seimbang. Selain itu, tidur yang tidak nyenyak juga bisa membuat nafsu makan kamu menggila.

5. 5. Jangan lupa sarapan

shixugang on pixabay

shixugang on pixabay via https://pixabay.com

Aktifitas kita yang padat di pagi hari, seringkali bikin kita lupa sama yang namanya sarapan. Faktanya, sarapan juga membantu kita untuk menurunkan resiko terkena diabetes lho.

Sarapan yang sehat bukan cuma bisa bikin kita mengontrol nafsu makan, tetapi bisa juga membantu mengontrol asupan kalori dalam tubuh.

6. 6. Olahraga secara teratur

rawpixel on pexels

rawpixel on pexels via https://www.pexels.com

Berolahraga secara teratur bisa membantu menjaga tubuh menajdi lebih sehat, juga meningkatkan sensitivitas terhadap hormon insulin dan menurunkan kadar gula dalam darah. Olahraga ringan seperti berjalan cepat selama 30 menit sehari juga bisa menjadi alternatif kamu loh. Jangan lupa, ajakin temen-temennya ya! 

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya