Banyak sekali hubungan maupun rumah tangga yang harus berakhir hanya karena hal sepele. Hal yang awalnya kamu kira sepele bisa menjadi boomerang kalau tidak segera kalian selesaikan. Hal sepele yang sering menjadi penyebab berakhirnya hubungan adalah rasa bosan. 

Lamanya hubungan yang kalian jalani bukannya semakin menguatkan hubungan, malah sebaliknya semakin meningkatkan rasa bosan kalian. 

Jadi sebelum rasa bosan tersebut mengakhiri hubungan kalian, ada baiknya kalian tahu beberapa cara mengatasi rasa bosan berikut:

 

1. Selalu usahakan untuk memberikan kejutan kecil untuk pasangan

Kejutan kecil untuknya

Kejutan kecil untuknya via https://www.pexels.com

Kejutan dalam hubungan merupakan salah satu cara termudah untuk mempertahankan romantisme dalam hubungan. Tanpa kejutan, hubungan akan terasa datar dan membosankan. Coba kalian ingat-ingat kembali seberapa sering kalian memberikan kejutan untuk pasangan?

Kejutan ini tidak perlu hal yang luar biasa, cukup lakukan hal yang tidak pernah kamu lakukan sebelumnya untuk pasangan.

Advertisement

Misalnya saja jika selama ini pasangan yang sering menjemputmu, kamu bisa tiba-tiba memberikan kejutan untuknya dengan melakukan hal sebaliknya, coba kamu yang menjemput dan bertukar posisi dengan pasangan.

2. Kebosanan terjadi karena intensitas pertemuan dan komunikasi yang terlalu sering, jadi cobalah untuk membatasinya mulai sekarang

Nggak perlu sering-sering ketemu

Nggak perlu sering-sering ketemu via https://www.pexels.com

Faktor utama rasa bosan adalah hal monoton yang kamu ulang-ulang, jadi cobalah untuk mengatur kembali intensitas pertemuan dan komunikasi kalian. Sesuatu yang berlebihan sangat tidak baik. Meskipun sesuatu itu adalah hal yang baik.

Cobalah untuk mengatasi rasa bosan dengan memperbaiki intensitas pertemuan dan komunikasi kalian, jangan terlalu sering, namun juga jangan tiba-tiba menghilang tanpa kabar. Sewajarnya saja. Jangan terlalu posesif, jangan juga terlalu cuek.

3. Selesaikan setiap permasalahan saat itu juga, jangan membiasakan diri untuk memendam dan menumpuk masalah

Ungkapkan, jangan dipendam!

Ungkapkan, jangan dipendam! via https://www.pexels.com

Advertisement

Nahh ini hal yang kadang sepele, namun tetap dipertahankan banyak pasangan. Masalah yang sebenarnya ringan dan bisa kalian selesaikan saat itu juga, namun kalian membiarkannya menumpuk bisa menjadi salah satu penyebab rasa bosan dalam hubungan.

Banyaknya masalah membuat kalian merasa ada ketidakcocokan, padahal itu hanyalah alasan karena rasa bosan kalian saja.

Jadi cobalah mulai sekarang untuk selalu menyelesaikan setiap permasalahan dalam hubungan saat itu juga, jangan membiarkannya menumpuk dan berlarut bahkan menjadi penyebab berakhirnya hubungan.

4. Buat kegiatan baru bersama pasangan, hal apa saja yang belum pernah kalian lakukan berdua (Kalau bisa lakukan hal yang tidak kalian sukai)

Lakukan kegiatan baru

Lakukan kegiatan baru via https://www.pexels.com

Sudah berapa bulan kalian tidak melakukan aktivitas baru bersama? Coba ingat-ingat. Bisa jadi hal tersebutlah yang memicu rasa bosan kalian. Jika selama ini kalian pasti sudah melakukan hal yang kalian sukai, cobalah untuk melakukan hal sebaliknya. Lakukan agenda/aktivitas yang tidak kalian sukai.

Aktivitas yang tidak kalian sukai bisa menjadi suatu pengalaman baru dan hal yang menantang untuk hubungan kalian. Bisa juga kalian saling bertukar hobi maupun tukar posisi. Kamu bisa menjadi figur pria, sedangkan pasanganmu menjadi figur dirimu. Berikan perlakuan yang istimewa dan memanjakannya seperti halnya dia memanjakan dan menyeyangimu selama ini.

5. Jangan hanya jalan berdua, sekali-kali pergilah liburan maupun jalan bersama teman maupun keluarga untuk mengurangi rasa bosan

Ajak teman atau keluarga, oke juga~

Ajak teman atau keluarga, oke juga~ via https://www.pexels.com

Rasa bosan juga bisa terjadi karena kencan yang begitu begitu saja, kalian hanya menghabiskan waktu berdua dan mengobrolkan hal yang sama berulang. Jadi cobalah untuk melakukan double maupun triple date agar kencanmu lebih berwarna bahkan ada obrolan baru untuk mengatasi rasa bosan dalam hubungan kalian.

Bahkan adanya orang ketiga, empat dan lima dalam hubungan bisa semakin mengakrabkan kalian dengan orang terdekat pasangan.

6. Saat rasa bosan menyerang, ingat kembali komitmen awal kalian menjalani hubungan

Ingat komitmen

Ingat komitmen via https://www.pexels.com

Ingat-ingat kembali komitmen awal kalian menjalani hubungan saat rasa bosan mulai menyerang.

Ingat semua perjuangan kalian mempertahankan hubungan, bagaimana sikap baik dan manisnya memperlakukanmu, bagaimana dia bisa menjadi seorang yang bisa kamu andalkan bahkan tidak hanya menjadi pelindung namun juga penghibur mu disetiap waktu.

Mudah bukan? Mengingat komitmen awal hubungan membuat kalian merasa bersalah saat harus mengakhiri hubungan sehingga kalian pasti akan menemukan cara terbaik untuk mengatasi dan mempertahankannya.

7. Kamu juga bisa menciptakan momen romantis seperti di awal jadian saat tiba-tiba rasa bosan menyerang

Menciptakan momen romantis

Menciptakan momen romantis via https://www.pexels.com

Ini dia penyebab tiba tiba kalian merasa bosan, karena memang sudah lama kalian tidak melakukan momen romantis bersama pasangan. Sekarang saatnya merencanakan momen romantis dengan membuat agenda baru. Atau bisa juga kalian pergi dan melakukan hal-hal romantis saat awal kalian menjalin hubungan.

Momen romantis ini tidak harus sesuatu yang baru, mengingat dan melakukan kembali romantisme di awal hubungan juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi rasa bosan. Buktikan saja!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya