Pernah nggak berpikir bagaimana cara mendapatkan penghasilan pokok tanpa harus bekerja di kantoran? Pastinya kita pernah berpikir "Wah enak yang dia kerjanya nggak terikat waktu tapi dompet selalu tebal." Dan buatmu generasi zaman sekarang, memiliki sudut pandang demikian merupakan hal wajar.

Yes, saya pun berpikir demikian. Nah menurut saya perkerjaan yang bisa menambah penghasilan adalah hobi yang dibayar. Apa aja sih sebenarnya? Yuk, simak beberapa hobi yang menurut saya bisa dijadikan referensi untuk menambah penghasilan, padahal dulunya disepelekan!

1. Hobi memasak; bisa membangun usaha katering atau rumah makan. Calon istri daman banget nih…

Memasak bukan hanya menjadi sebuah rutinitas dalam rumah tangga. Faktanya memasak bisa dilakukan siapa saja tak terbatas hanya wanita karena banyak chef juga berjenis kelamin laki-laki. Soal rasa itu selera. Bagi yang memiliki modal bisa membangun usaha dari hobi tersebut. Kalaupun hanya sebagai sambilan kita juga bisa menularkan ilmu memasak tanpa harus berjualan hasil masakan kita. Kita bisa mendapatkan penghasilan dengan cara membuat tutorial memasak yang di upload di media sosial (Youtube, Instagram, Website atau Blog).

Advertisement

Mudah kan? Yuk, asah kembali hobi memasak kita. Siapa tau tahun ini kita bisa memperoleh pengahsilan tambahan dari hobi kita tersebut.

2. Hobi menyanyi

jika wangimu saja bisaaaa..... (kata mba raisa)

jika wangimu saja bisaaaa….. (kata mba raisa) via http://poskotanews.com

Hayoo ada nggak yang masih hobi nyanyi dikamar mandi? Nggak perlu malu guys. Awalnya memang dari penyanyi kamar mandi tapi siapa sangka hobi menyanyi bila terus dilatih bisa juga menghasilkan sesuatu. Selain bisa mendapatkan kepuasan bisa mengekspresikan perasaan lewat bernyanyi kita juga bisa terkenal kaya Raisa.

3. Hobi make-up. Terkesan centil, tapi terbukti bisa menghasilkan!

jangan menor-menor ya mbak :)

jangan menor-menor ya mbak 🙂 via https://fee.org

Advertisement

Nah ini yang paling digemari cewek-cewek, dari remaja sampai emak-emak. Siapa sih yang nggak butuh jasa rias dan nggak semua orang bisa dandan lho! Nah bagi teman-teman yang punya hobi dan keahlian dalam menyulap wajah jadi cantik dengan polesan makeup, coba deh promosikan ke teman-teman dan kerabat dekat bahwa kalian bisa merias wajah. Nggak perlu buka salon cukup promosi via medsos aja say. seperti contoh jasa makeup wisuda, jasa makeup preewedding, dan lain-lain.

Nah, buat kalian nih yang hobi dandan bisa kalian gali lagi potensi dalam bidang rias wajah. Siapa tau dari sini bisa juga mendapatkan penghasilan tambahan :)

4. Kamu suka menulis? Terus kembangkan! Ini bisa menyukseskanmu di masa depan!

ketik terus bang

ketik terus bang via http://www.colscol.com

Hobi ini yang menurut saya paling gratis, kok bisa? Ya, karena menulis nggak perlu modal finansial, percaya nggak? Setiap diri kita pasti dikaruniai kelebihan untuk mengungkapkan apa yang ada di pikiran salah satunya dengan cara menuangkannya kedalam tulisan.

Bagi yang hobi nulis puisi, novel,cerpen, quotes, atau artikel coba deh posting karya kalian di media yang mendukung jangan cuma disimpan dalam buku atau laptop. Buatlah secara sungguh-sungguh. Kali aja bisa jadi karya yang luar biasa bisa jadi juga ada sutradara yang tertarik dengan karya kita dan dijadikan film.

5. Jangan cuma bisa selfie! Asah hobi fotografimu menjadi ladang mencari rezeki!

Tak ada satu moment pun yang abadi tanpa disimpan apalagi moment-moment terpenting dan bersejarah. Contohnya pernikahan, kelahiran anak, wisuda. Pastilah kita tak ingin ketinggalan untuk mengabadikannya.

Nah bagi kamu yang hobi jeprat-jepret alias hobi mainin camera bisa dicoba juga mempromosikan jasa kalian. Eits tapi harus punya modal kamera yang kece dan teknik yang bagus dalam pengambilan gambar.

Nah, cukup sekian ya pendapat saya mengenai hobi yang bisa menjadi inspirasi kawan-kawan untuk menambah penghasilan!

Good luck!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya