Menurut aku, kadang-kadang orang berbicara hanya karena ada keheningan. Hal ini menyebabkan obrolan menjadi tak ada artinya. Jika sobat berbicara semata-mata karena ingin memecah keheningan, sobat berarti tidak memiliki sesuatu untuk dikatakan yaudah gak perlu dipaksakan. 
Jangan menganggap ada sesuatu yang salah karena seseorang tidak berbicara, karena mungkin mereka tidak punya sesuatu untuk dikatakan. Berbicara dengan spontan, ini adalah kunci untuk mencapai kejujuran dan fokus.

Seperti halnya menjaga sebuah rahasia, sebenarnya tidak mudah dilakukan. Butuh tanggung jawab besar untuk menjaga rahasia. Dalam beberapa peristiwa, kamu harus menjaga mulut dan tidak bicara sembarangan demi kebaikan, agar tidak membuat orang tersinggung. Kamu harus tahu kapan saatnya bicara, kapan saatnya diam. Berikut ini adalah beberapa hal yang menuntut kamu tidak bicara dan tidak perlu ditanggapi.

1. Saat Menjaga Rahasia

Harus disimpan

Harus disimpan via https://goo.gl

Buang jauh-jauh kebiasaan yang selalu mengumbar-umbar keburukan orang-orang lain di sekitar jika kamu memang ingin hubungan persahabatanmu menjadi tetap utuh sampai kapanpun. Sifat ini tak hanya merugikan orang lain namun juga diri anda sendiri. Untuk itu belajarlah untuk selalu bisa menjaga rahasia sahabat-sahabatmu dengan baik.

Advertisement

 

2. Ketika Mengungkapkan Rahasia

Harus kalian sadari

Harus kalian sadari via https://goo.gl

Semua orang sudah tahu. Jika kamu dewasa, dengan sendirinya akan menyimpan rahasia itu rapat-rapat. Kamu tidak inginkan dibenci seseorang karena tidak bisa menjaga rahasia. 
 

3. Orang Lain Saat Berbuat Curang

Campur aduk

Campur aduk via https://goo.gl

Wajar bila kamu sakit hati karena diperlakukan curang. Tapi, bila bicara tentang hal tersebut pada semua orang, kamu akan tampak kekanak-kanakan. Lebih baik diam, karena kecurangan suatu saat akan terungkap. 

Advertisement

 

4. Menjaga Perasaan

Menjaganya

Menjaganya via https://goo.gl

Saat tidak menyukai seseorang, ada baiknya untuk tidak berterus terang secara langsung. Meski orang tersebut membuat dirimu jengkel, ada baiknya menjaga ucapan. Jangan menyatakan secara langsung untuk membuat orang tersebut menjauhimu.

Karena, kejujuran tersebut akan menyakitinya. Lebih baik, secara perlahan jauhi orang tersebut agar tidak tersinggung. 

 

5. Ketika Menyaksikan Sahabat Sedang Menangis

Menangis

Menangis via https://goo.gl

Setiap orang punya masalah sendiri-sendiri. Ketika kamu melihat teman menangis, tak perlu bertanya apa masalah mereka. Lebih baik diam, karena pertanyaanmu belum tentu menyelesaikan masalah.

Ya, memang menjadi sesuatu yang sulit untuk mengetahui kapan kita harus berbicara dan kapan harus diam. Kesadaran diri, cara pandang dan empati adalah kunci untuk membuat keputusan yang tepat.

Nah itu tadi beberapa cara menjaga perkataan dalam sebuah rahasia persahabatan, agar tak sembarangan berkata, so pasti persahbatanmu tetap utuh dan awet terjalin sampai kapanpun. 

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya