Tinggal menghitung hari lagi kita akan menyambut datangnya Bulan Ramadhan yang tentu menjadi bulan yang sangat dinantikan oleh semua orang Islam. Selain menjadi bulan yang penuh berkah dari segi Ibadah, Datangnya Bulan Ramadhan sendiri juga berpengaruh pada segi ekonomi. Ya, pada masa masa bulan Ramadhan, ada begitu banyak bisnis yang berkembang laku keras mulai dari bisnis kuliner, pakaian, oleh-oleh seperti kue dan masih banyak lagi.

Nah bagi kamu mahasiswa yang ada di perantauan yang jauh dari keluarga, di bawah ini ada beberapa referensi ide bisnis usaha sampingan untuk kamu pada bulan puasa nanti. Bagi para mahasiswa, mendapatkan uang selagi kuliah tentu menjadi kepuasan tersendiri, namun terkadang banyak yang bingung mau berbisnis apa, tapi tidak dengan Bulan Ramadhan, kamu bakal banjir ide untuk usaha atau bisnis, dan Hipwee sudah merangkumnya, di bawah ini ada 5 ide bisnis yang sangat cocok untuk dijalankan mahasiswa terutama di Bulan Ramadhan, yuk cek!.

1. Bisnis Kue Lebaran yang Sangat Menjanjikan

bisnis kue kering

bisnis kue kering via https://muamalatku.com

Tak bisa dipungkiri bahwa saat ini kue lebaran bisa di bilang adalah makanan wajib yang harus ada saat momen hari raya. Tak heran jika banyak orang yang sudah berburu berbagai kue enak di untuk momen hari Raya nanti jauh hari sebelum momen itu tiba, oleh karena itu bisnis kue lebaran ini sangat cocok untuk kamu yang sebagai mahasiswa.

Advertisement

Bisnis kue lebaran ini tergolong mudah, kamu bisa membuat kue ini di rumah atau di tempat kos dan menjualnya dengan menjual ke toko-toko kue terdekat. Atau kalau kamu belum bisa membuatnya, kamu bisa membeli kue dari produsen lain dan menjualnya di kotamu, dijamin deh kamu nggak bakal kesulitan cari pembeli, justru pembeli yang datang sendiri, asal produk kue lebaran yang kamu jual itu memang enak dan menarik serta unik.

2. Jualan Produk Fashion Secara Online

belanja produk fashion

belanja produk fashion via https://google.com

Ide bisnis sampingan untuk mahasiswa di Bulan Ramadhan yang berikutnya adalah online shop. Kamu bisa menjual berbagai produk fashion mulai dari kaos, celana dan berbagai aksesoris fashion lainnya. Apalagi di Bulan Ramadhan ini tingkat daya beli konsumen terhadap produk fashion bakal naik berkali kali lipat, dan kalau kamu belum punya tokoh sendiri, manfaatkan saja sosmed kamu untuk promosi!

Keuntungannya juga cukup besar, kamu bisa menjadi reseller atau dropshipper produk orang lain dan memasarkannya dengan harga jual yang kamu inginkan.

3. Menjual Parcel Unik Untuk Hari Raya

bisnis parcel lebaran

bisnis parcel lebaran via https://tribunnews.com

Advertisement

Berkaitan dengan bisnis kue lebaran yang sudah Hipwee bahas di poin pertama, ide bisnis atau usaha sampingan lain yang tak kalah keuntungannya adalah dengan menjual parcel yang berisi berbagai makanan mulai dari kue dan lain sebagainya, bisnis ini sangat cocok untuk kamu yang kreatif, kalau desain parcel kamu menarik, bisnis jualan parcel ini pasti akan laku keras saat bulan Ramadhan nantinya.

Terlebih bagi kamu yang merupakan seorang mahasiswa, pasti banyak dong ide-ide kreatif?

4. Bisnis Kurma di Bulan Ramadhan

jual kurma saat ramadhan

jual kurma saat ramadhan via http://hipwee.com

Selain itu masih ada lagi ide bisnis atau usaha sampingan yang cocok untuk mahasiswa di Bulan Ramadhan ini yakni bisnis kurma. Seperti yang kita tahu bahwa kurma merupakan salah satu makanan khas pada bulan Ramadhan terutama saat berbuka Puasa. Tidak perlu ditanyakan lagi bagaimana tingkat atau daya jual kurma saat Ramadhan, jelas tinggi!

Hal ini di karenakan kurma memang makanan yang sangat nikmat untuk dinikmati saat bulan Ramadhan. Bahkan ada 1 jenis kurma yang sangat populer yakni kurma ajwa yang harganya cukup mahal saja laku keras, tentu ini bisa menjadi ide bisnis usaha untuk anda nantinya.

5. Bisnis Kembang Api

indahnya kembang api

indahnya kembang api via https://www.hipwee.com

Tak bisa dipungkiri bahwa meskipun kembang api ini sebenarnya dilarang, namun rasanya Bulan Ramadhan akan terasa kurang tanpa adanya kembang Api. Tak heran kalau saat saat menjelang atau saat Puasa, banyak sekali pedagang-pedagang kembang api yang berjejeran di pinggir jalan, hal ini dikarenakan kembang api memang benar benar laku saat bulan Ramadhan terutama menjelang hari Raya Idul Fitri nantinya.

Nah bisnis ini juga cocok banget untuk kamu para mahasiswa, kamu bisa jual kembang api saat malam hari saat kamu sudah selesai kuliah.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya