Mengenal 5 Jenis Tanaman Sansevieria, Si Lidah Mertua Rupawan untuk Hunian yang Lebih Menawan~

jenis tanaman sansevieria

Sansevieria merupakan tanaman hias yang cukup populer sebagai penghias bagian dalam rumah karena tanaman ini dapat tumbuh dalam kondisi yang sedikit air dan cahaya matahari. berasal dari daratan Afrika, Madagaskar, dan Asia Selatan. Sansevieria memiliki sekitar 70 spesies dan si penemu tanaman hias satu ini adalah Pietro Antonio Sanseverino.

Nama lain yang biasa kita dengar dari Sansevieria adalah lidah mertua. Selain indah, sansevieria memiliki keistimewaan tersendiri dibanding tumbuhan lain yaitu dapat menyerap bahan beracun, seperti karbondioksida, benzene, formaldehyde, dan trichloroethylene. Nah,untuk tahu jenis sansevieria, yuk baca selengkapnya!

Advertisement

1. Sansevieria Trifasciata

Sansevieria Trifasciata

Sansevieria Trifasciata via http://www.gardens4you.co.uk

Merupakan tanaman hias yang berasal dari kawasan Afrika Barat, Nigeria Timur, dan Kongo. Ciri-ciri dari Sansevieria trifasciata memiliki daun yang kaku dan tumbuh secara vertikal ke atas. Selain itu, daunnya berwarna hijau dengan guratan-guratan berwarna belang-belang (abu dan hijau).

2. Sansevieria Zeylancia

Sansevieria Zeylancia

Sansevieria Zeylancia via http://www.botaniful.ca

Adalah tanaman hias yang berasal dari wilayah Asia Tenggara, terutama di daerah India dan Sri Lanka. Sansevieria zeylancia memiliki ciri yang sama seperti trifasciata, yang membedakan adalah warna dari daunnya. Zeylancia tidak memiliki list warna kuning di pinggir daun, hanya garis hijau gelap dan didasari dengan daun berwarna hijau terang.

Advertisement

3. Sansevieria Stucky

Sansevieria Stuckyi

Sansevieria Stuckyi via http://arcadeflowers.co.uk

Selanjutnya, ada Sansevieria stuckyi. Tanaman ini memiliki ciri-ciri yaitu berwarna hijau gelap, daunnya kasar, dan ada guratan-guratan yang berwarna pucat. Pertumbuhan dari Sansevieria stuckyi bisa mencapai 2 meter. Tanaman ini berasal dari Afrika.

4. Sansevieria Pinguicula

Sansevieria Pinguicula

Sansevieria Pinguicula via http://www.toky.jp

Yaitu salah satu spesies tanaman hias yang berasal dari kawasan Bura, Kenya, dan Garissa. Tanaman hias ini memiliki ciri-ciri dengan daunnya yang berwarna biru-hijau dan bisa tumbuh dengan cepat. Bagian pinggir daunnya terdapat pembatas yang berwarna coklat-kemerahan.

5. Sanseveria Ehrenbergii

Advertisement
Sanseveria Ehrenbergii

Sanseveria Ehrenbergii via http://logees.com

Jenis Sansevieria selanjutnya adalah Sansevieria ehrenbergii sering dikenal juga dengan sebutan “Samurai Dwarf”. Ciri-ciri yang dimiliki oleh Sansevieria ini adalah daunnya berwarna hijau gelap, daunnya yang tersusun rapat dan membentuk huruf “V”. Berasal dari Afrika, tanaman hias ini cukup susah dijumpai dan harganya cukup tinggi.

Itu dia 5 jenis Sansevieria yang bisa kalian coba letakkan di rumah atau di dalam kamar. Bentuknya yang cantik dan rupawan, sangat cocok agar suasana rumah kalian terlihat lebih hijau. Semoga bermanfaat!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

une femme libre

CLOSE