8 Pilihan Tanaman Interior yang Nggak Cuma Cantik, tapi Juga Menyejukkan Ruangan

tanaman interior menyejukkan ruangan

Menghadirkan tanaman di dalam ruangan dianggap mampu memberi kenyamanan visual lantaran merepresentasikan alam bebas ke dalam rumah. Selain itu, tanaman juga memproduksi oksigen, sehingga udara di dalam rumah terasa lebih segar. Namun ternyata, selain dua manfaat tersebut ada juga manfaat lain dari keberadaan tanaman di dalam rumah, yaitu untuk membersihkan udara.

Ya, membersihkan udara adalah fungsi alami dari tanaman. Hanya saja, memang tidak semua jenis tanaman memiliki kemampuan ini. Apalagi untuk ditempatkan di dalam rumah, hanya ada beberapa tanaman saja yang bisa digunakan. Sebagai referensi, berikut adalah daftar tanaman indoor yang bisa membantu membersihkan udara di dalam rumah.

Advertisement

1. Palem Kuning

Interior rumah tropis dengan tanaman hijau karya Lumos Interior Design

Interior rumah tropis dengan tanaman hijau karya Lumos Interior Design via https://www.arsitag.com

Bukan tanaman yang sulit dicari, palem kuning (Chrysalidocarpus lutescens) adalah jenis tanaman tropis yang lumrah dipakai untuk interior rumah. Selain cantik secara tampilan, palem kuning juga bermanfaat untuk membersihkan udara di dalam ruangan. Hal tersebut dikarenakan palem kuning dipercaya mampu menangkap karbon monoksida, benzena, formaldehida, xylene, dan zat polutan lainnya. Sedangkan untuk perawatannya, palem kuning tidak membutuhkan perawatan ekstra selain harus diletakkan di tempat yang cukup mendapat cahaya.

2. Karet Hias (Rubber Plant)

Interior rumah modern dengan tanaman hijau karya Atelier Cosmas Gozali

Interior rumah modern dengan tanaman hijau karya Atelier Cosmas Gozali via https://www.arsitag.com

Karet hias juga direkomendasikan sebagai tanaman hias yang bisa membersihkan udara dalam rumah. Tanaman ini pun mudah tumbuh baik di dalam ruangan, lantaran tidak membutuhkan cahaya matahari langsung. Tanaman yang dalam bahasa Inggris disebut rubber plant ini juga memiliki karakter menghisap debu serta menangkap karbon monoksida, formaldehida, trikloroetilen, dan polutan lainnya. Hal itulah yang menjadikan udara di sekitar tanaman asal India ini terasa segar dan sejuk.

Advertisement

3. Air Plant

Dekorasi tanaman hijau karya Magic Powerful Plants

Dekorasi tanaman hijau karya Magic Powerful Plants via https://www.mpowerfulplants.com

Meskipun masih kurang populer, tetapi air plant sudah cukup banyak dibudidayakan di Indonesia. Tanaman ini dinamai air plant (tanaman udara) karena memang bisa tumbuh tanpa harus ditanam dengan media tanam, baik tanah ataupun air. Lantas dari mana sumber makanannya? Ternyata tanaman ini dapat menyerap air yang menempel di permukaan akar dan daunnya. Lebih dari itu, bulu-bulu halus di daunnya juga berfungsi untuk mengikat udara kotor. Inilah mengapa air plant juga dianggap sebagai tanaman dekorasi pembersih udara indoor.

4. Sansevieria

Interior ruang keluarga dengan tanaman hijau di meja, karya Anderson

Interior ruang keluarga dengan tanaman hijau di meja, karya Anderson via https://loveandersons.com

Siapa tak kenal dengan tanaman sansevieria atau lidah mertua? Tanaman ini sangat populer sejak dahulu dan masih menjadi pilihan favorit untuk tanaman interior. Penyebabnya tentu saja bentuk daunnya yang khas layaknya kobaran api. Kelebihan lain dari tanaman ini ternyata adalah bisa menyerap debu, polusi, dan racun yang ada di udara. Sansevieria juga dipercaya efektif membuang kandungan benzena, xylene, trikloroetilen, dan formaldehida di udara.

5. Sirih Gading

Dekorasi tanaman hijau dalam pot putih, karya Bloomscape

Dekorasi tanaman hijau dalam pot putih, karya Bloomscape via https://www.gardenista.com

Tanaman sirih gading termasuk jenis tanaman yang sangat disukai sebagai penghias interior. Karakternya yang menjalar menjadikan keberadaannya langsung memberi kesan alami pada ruang. Apalagi, secara perawatan, sirih gading sangat mudah dirawat. Media tanamnya dapat berupa tanah ataupun bisa juga di air. Lebih dari itu, ternyata sirih gading juga memiliki kelebihan untuk membersihkan udara kotor. Hal ini pula yang membuat tanaman dekorasi ini harus rutin dibersihkan karena debu-debu sering menempel di permukaan daunnya.

Advertisement

6. Spider Plant

Dekorasi tanaman hijau dalam pot biru, karya Bloomscape

Dekorasi tanaman hijau dalam pot biru, karya Bloomscape via https://www.hunker.com

Bagi pecinta tanaman, spider plant atau tanaman laba-laba sudah sangat dikenal sebagai tanaman penyerap debu. Beberapa zat polutan yang dipercaya bisa dihilangkan dari adanya spider plant adalah seperti formaldehida dan xylene. Kalau ada anggota keluargamu yang gemar merokok, sangat disarankan untuk meletakkan tanaman ini di dalam ruangan karena bisa menyerap zat berbahaya dari asap rokok.

7. Pakis Boston

Interior rumah dengan tanaman hijau di dekat jendela, karya Natalie Jeffcott

Interior rumah dengan tanaman hijau di dekat jendela, karya Natalie Jeffcott via https://www.apartmenttherapy.com

Pakis boston adalah tanaman yang sangat cantik untuk dijadikan dekorasi interior. Warnanya yang hijau terang dan karakter tumbuhnya yang padat, membuat keberadan Pakis Boston langsung menarik perhatian di dalam ruangan. Ternyata selain cantik secara tampilan, pakis boston memiliki kemampuan menyedot racun berbahaya melalui stomatanya. Beberapa zat beracun yang dimaksud adalah seperti formaldehid dan xylene.

8. English Ivy

Interior rumah dengan tanaman hijau karya Mimi Giboin

Interior rumah dengan tanaman hijau karya Mimi Giboin via https://www.gardenista.com

Sudah sangat populer sebagai tanaman dalam ruang, english ivy tampak memikat berkat bentuk daunnya yang menyerupai kupu-kupu. Tanaman yang memanfaatkan efek juntaian sebagai kekuatan visualnya ini ternyata juga memiliki manfaat untuk membersihkan udara. Benzena, karbon monoksida, formaldehida, dan trikloroetilen adalah beberapa zat kimia di udara yang dipercaya bisa ditangkal oleh tanaman ini. Hanya saja, kamu perlu menaruh perhatian bahwa tanaman ini berpotensi menyebabkan iritasi kulit bagi kamu yang memiliki kulit sensitif.

Setelah mengetahui kelebihannya dapat membersihkan udara, apakah kamu tertarik menjadikan tanaman hias indoor berikut sebagai elemen interior di rumah? Namun, yang perlu diingat adalah meskipun mampu membersihkan udara, tanaman-tanaman tersebut juga memiliki batas kemampuan. Artinya, menjaga kebersihan rumah tetaplah menjadi aktivitas rutin yang penting kamu lakukan setiap hari, ya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Bangun Proyek dengan Aman, Nyaman, dan Transparan *Semua foto yang berasal dari Arsitag.com adalah kekayaan intelektual milik masing-masing profesional yang mengunggah karyanya ke Arsitag.com.

Editor

une femme libre

CLOSE