Terletak di lembah Eskadalemuir, Samye Ling merupakan vihara yang menjadi pusat pelatihan agama Buddha berskala internasional. Kuil yang dikenal akan ajaran dan tradisinya yang autentik ini menawarkan pengajaran bagi yang ingin mengetahui ajaran Buddha lebih dalam. Pengajaran tersebut antara lain tentang filosofi kehidupan dan meditasi yang diadaptasi dari warisan Karma Kagyu yang berasal dari Tibet. Kuil ini juga merupakan pusat pelestarian agama, budaya, ilmu kedokteran, seni, arsitektur, dan kerajinan asal Tibet.

Bingung kan? Kenapa dari tadi artikel membahas tentang Tibet, padahal judulnya tentang Skotlandia?

Nah, ternyata Samye Ling didirikan oleh dua orang biksu asal Tibet yang mengungsi pada Tahun 1967 yaitu Dr. Akong Tulku Rinpoche dan Chogyam Trungpa Rinpoche. Samye Ling adalah vihara dengan ajaran Tibet yang pertama di bagian barat Eropa.

Dibuka Tahun 1988, Samye Ling memiliki komunitas yang beranggotakan lebih dari 60 orang yang terdiri dari sukarelawan, baik biara maupun masyarakat umum hingga saat ini. Selama berdirinya Samye Ling, daya tarik vihara ini ternyata telah memikat banyak sekali pengunjung. Bukan hanya penganut agama Budha ataupun turis, namun ternyata beberapa orang terkenal seperti John Lennon, Yoko Ono, David Bowie, dan Leonard Cohen pernah mengunjungi vihara ini.

Menuju ke Samye Ling cukup mudah. Kurang lebih sekitar dua jam perjalanan menggunakan mobil baik dari Bandara Glasgow maupun Bandara Edinburgh. Samye Ling terbuka untuk umum setiap hari dari pukul 06.00 – 21.00 dan tidak ada biaya untuk berkunjung kesini. Namun yang harus diperhatikan adalah apabila ada kegiatan tahunan seperti Nyungney Retreat atau kegiatan penting lainnya, pengunjung diharapkan tidak mengganggu maupun mengabadikan proses kegiatan. Samye Ling juga menyediakan ruangan bagi pengunjung yang ingin menginap yang bisa dipesan minimal satu hari sebelumnya.

Oh ya, di Samye Ling, selain kalian bisa mempelajari filosofi Budhisme dan melihat stupa-stupa menakjubkan, juga bisa berkunjung ke fasilitas maupun kegiatan lain yang disediakan di sini.

1. The Tara Healing Garden

The Tara Healing Garden

The Tara Healing Garden via http://www.samyelinggarden.org.uk

Akong Tulku yang merupakan pendiri Samye Ling memiliki garis keturunan yang lekat dengan dunia kesehatan dan obat-obatan. Di mana semasa hidupnya beliau bergelut mendalami pengetahuan tentang terapi dan obat-obatan Tara yang berasal dari Tibet. Di mana, ilmu ini merupakan gabungan dari ilmu pengobatan tradisional timur dan barat baik bagi pengobatan fisik maupun psikologis. Dikenal dengan The Tara Therapy, metode ini banyak digunakan di Asia, Eropa, Afrika, bahkan di Amerika.

The Tara Healing Garden ditanami dengan 21 jenis tanaman asal Tibet yang cocok ditanam di iklim Skotlandia, yang memiliki khasiat untuk pengobatan.

2. Tibetan Tea Rooms

Advertisement

Ruangan untuk mencicipi teh yang menenangkan, membuat nyaman, dan pastinya nikmat. Kalian bisa menemukan teh yang berasal dari Asia disini. Dengan dekorasi interior yang unik dan otentik, kalian pasti tidak bosan duduk berlama-lama di sini.

3. The Samye Ling Shop

Samye Ling Shop

Samye Ling Shop via http://flickr.com

Berada di sebelah ruangan Tibetan Tea Rooms yang memiliki koleksi buku dan literatur, serta souvenir dengan harga yang terjangkau (di toko ini banyak sekali barang yang diimpor dari Nepal).

4. Menyalakan Butterlamp

Butterlamp sebenarnya adalah lilin yang dinyalakan sebagai simbol untuk mengubah pola pikir kita untuk menjadi lebih positif dan bijaksana dalam menjalani kehidupan. Namun di Samye Ling arti simbol diperluas, sehingga kegiatan ini didedikasikan untuk mendukung perdamaian di seluruh dunia.

Advertisement

Kegiatan ini dibuka untuk umum, di mana pengunjung diperbolehkan untuk berpartisipasi dengan membantu menyalakan lilin, membersihkan, maupun membersihkan sekelilingnya. Ayo ikut mendukung terwujudnya dunia yang damai dan tenteram!

5. Belajar Taichi dan Yoga

Belajar Taichi dan mengikuti kelas yoga patut dicoba nih!

6. Meditasi dan Retreat

Saat ke Skotlandia, kalian harus memasukkan Samye Ling ke dalam daftar kunjungan kalian! Tempat ini sangat direkomendasikan buat yang ingin menambah energi positif dalam perjalanan kalian!

#AyoKeUK

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya