Kalau Kamu Main ke Jogja, Jangan Lupa Icip 6 Kuliner Populer Ini ya!

Jangan heran dengan aneka kuliner Jogja yang serba murah.

Jogja selalu populer dengan kulinernya. Siapa sih yang nggak ingin makan dengan harga yang bersahabat dengan kantong? Percaya nggak percaya, kamu yang dari luar Jogja mungkin akan tertegun dengan aneka kuliner Jogja yang serba murah.

Kota yang biasa dijadikan tujuan wisata para pelancong ini tentunya menyimpan aneka resep kuliner yang bersahabat dengan lidah. Nggak hanya selera nusantara, banyak juga jajanan lezat bercitarasa Asia maupun Eropa yang siap menyambut kamu.

Berkunjung ke kota kesayangan ini, kamu bisa menyambangi beberapa sentra kuliner populer berikut ini.

1. Mediterania Resto Jogja

Pizza Al Formaggio di Resto Mediterania

Pizza Al Formaggio di Resto Mediterania via http://instagram.

Advertisement

Siapa yang suka pizza? Nah, resto cozy ini pantas banget kamu cobain. Berdiri di lokasi strategis dengan desain interior yang asyik, kamu dan keluarga bisa banget loh membuat pizza sendiri. Mantab.

Memiliki citarasa unik khas Mediteran yang enak, jangan heran jika resto ini menjadi idola para pelancong asing yang ingin menikmati masakan khas Italia, Prancis, Turki, Maroko atau Yunani.

Selain pizza, kamu juga bisa memesan menu bebek, salmon atau steak di resto yang berlokasi di Jalan Tirtodipuran No 24 A, Mantrijeron, Yogyakarta ini. Nah, kamu pilih yang mana gaes?

Advertisement

 

2. Kopi Klotok Jogja

Menu Kopi Klotok Jogja

Menu Kopi Klotok Jogja via https://neolimastrans.com

Buat kamu yang hobi menikmati nuansa ndeso yang asri dan tradisional, Kopi Klotok Jogja bisa jadi pilihan. Warung yang biasa dipadati pengunjung dari berbagai daerah ini menawarkan nuansa pedesaan (tepi sawah) yang sejuk.

Berbagai pernak-pernik lawas memenuhi interior resto berbentuk Joglo ini. Pit onthel, lampu teplok bahkan radio lawas bakal membuat nuansa kulinermu makin terasa syahdu banget. Nah, aneka menu tradisionalpun bakal menjawab kerinduanmu pada masakan lawas ala ala simbah di desa, diantaranya sayur lombok ijo, sayur lodeh, tempe, tahu juga masakan khas Jawa lainnya.

Yuk merapat ke Jalan Kaliurang KM 16, Pakem, Yogyakarta. Harganya terjangkau gaes 🙂

 

3. Gudeg Sagan Jogja

Gudeg Sagan Jogja

Gudeg Sagan Jogja via https://Banyumurti.net

Masakan khas Jogja itu apa sih? Pasti deh kebanyakan orang bakal menjawab gudeg. Betul, di kota yang kini diwarnai dengan destinasi wisata selfie ini memang memiliki puluhan bahkan ratusan penjaja gudeg yang enak. Gudeg Sagan Jogja , salah satu yang digemari wisatawan.

Diolah dari buah nangka muda (gori), gudeg basah yang satu ini mulai populer setelah salah satu stasiun TV meliputnya. Disajikan bersama kuah areh yang kental, Gudeg Sagan memang dianggap memiliki citarasa istimewa.

Kuliner murah ini bisa kamu temukan di kawasan UGM, Jl. Prof. Ir. Herman Yohanes. Monggo, bisa dinikmati dengan nasi maupun bubur yang panas. Sedapppp 😀

4. Tempo Gelato Sagan

Tempo Gelato Sagan

Tempo Gelato Sagan via https://jogjaempatroda.com

Saatnya yang anyes-anyes melegakan tenggorokan kamu, gaes. Setelah menikmati makanan berat, waktunya manjain lidah dengan es krim khas Italia, gelato. Yuk sambangi Jl. Prawirotaman, Mergangsan, Jogja. Tempo Gelato menunggumu di sana.

Aneka varian rasa khas buah-buahan bisa kamu nikmati, mulai dari jeruk, buah naga, hingga rempah-rempah yang memberikan rasa yang ‘khas’. Rasa populer seperti coklat, vanila, oreo, strawberry juga bisa banget manjain lidahmu.

Berasal dari buah murni dan tanpa pengawet, alasan mengapa Tempo Gelato disukai banyak pecinta kuliner.

5. Resto Jejamuran Jogja

Menu Resto Jejamuran Jogja

Menu Resto Jejamuran Jogja via https://visitingjogja.com

Pernah menyambangi resto unik dan sejuk ini? Ya, jejamuran memang nggak ada duanya karena tempat ini menjual aneka macam makanan yang diolah dari jamur. Berlokasi di Jalan Pramuka No. 53, Pandowoharjo, Sleman, kamu bisa menikmati aneka kuliner jamur yang menggiurkan.

Berdiri di kebun yang luas, para tamu tak hanya bisa menikmati aneka olahan jamurnya. Edukasi budidaya jamur hingga aneka jenis jamur bisa kamu dapatkan di sini. Gulai jamur, tongseng jamur, sate jamur, jamur krispi bisa banget kamu nikmati bersama keluarga. Tak hanya makanan, jus jeruk jamur juga wedang jejamuran juga siap disruput.

Hayo, siapa yang pernah mampir?

 

6. Sate Ratu Jogja

Sate Ratu Jogja

Sate Ratu Jogja via https://www.kompasiana.com

Nah, saatnya icip-icip jajanan yang antimainstream. Selain mendapatkan banyak penghargaan, diantaranya 'Certificate of Excellence' from Trip Advisor di tahun 2017, bumbu yang sedikit pedas berkolaborasi dengan aneka rempah membuat menu “Sate Merah”di warung ini terasa juicy banget.

Kamu gakkan menemukan bumbu kacang di sini. Ya, Sate ratu memang beda. Rasanya yang ringan dan lembut memang pantas diacungi jempol. Tamu dari 71 negara telah merasakan nikmatnya, bahkan sempat diliput oleh majalah luar negeri. “Best meal, so yummy, oishi desu ne…” adalah sebagian testimoni pelancong yang memenuhi dinding warung minimalis ini.

Selain Sate Merah, ada pula Sate Lilit Basah dan Ceker Tugel yang tak kalah lezat. Warung yang bisa kamu temukan di Jogja Paradise Food Court, Jl Magelang KM 6 ini menyajikan masakan yang fresh, halal dan tentu menyajikan citarasa original yang belum dijual di tempat lainnya. Soal harga jangan khawatir, Rp. 20-ribuan sudah dapat seporsi kenikmatan.

Ikut menikmati euforia kuliner skala internasional ini bukan hal sulit. Nikmati salah satu menunya lalu tinggalkan “pesan” cintamu di dindingnya 🙂

***

Wah, mantab betul rekomendasi kuliner Jogja ini. Tentang rasa pokoknya jangan ditanya. Yuk ke Jogja, buktikan bahwa kuliner Jogja itu asyik dan murah meriah 😀

Riana Dewie

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Simple, Faithful and Candid

CLOSE