Persahabatan merupakan sebuah hubungan yang terjalin antara dua orang atau lebih yang biasanya memiiki ketertarikan pada hal yang sama.

Mereka akan saling menyayangi, memperhatikan, dan mendukung ketika ada yang tengah membutuhkan dukungan. Mereka juga akan saling mempercayai satu sama lain, juga sudah saling memahami dalam keadaan suka dan duka. 

Ketika membaca itu, apakah kamu langsung teringat pada beberapa teman dekatmu? Namun, kira-kira temanmu itu sudah termasuk sahabat sejati apa belum, ya?

Kalau ingin tahu, coba cek artikel ini untuk mengetahui 5 tanda temanmu itu adalah sahabat sejati, yuk!

1. Pendengar yang baik

Pendengar yang Baik

Pendengar yang Baik via https://pixabay.com

Seorang teman sejati akan selalu bersedia mendengarmu ketika kamu tengah dilanda masalah. Mereka akan memperhatikan dan mendengar dengan baik tanpa banyak berkomentar dan menghakimi.

Advertisement

Akan jauh lebih baik jika mereka tidak memaksakan diri untuk menganalisa dan memberikan saran atas segala permasalahan yang tengah kamu alami.

Karena terkadang, kamu hanya membutuhkan seseorang yang bersedia mendengarkan segala situasi yang mengganggumu selama ini.

Namun, tidak berarti seorang teman yang memberikan respon pada masalahmu itu bukanlah pendengar yang baik, lho! Karena bisa saja kamu tetap membutuhkan sebuah saran sehingga setidaknya masalahmu akan semakin terasa ringan.

Advertisement

Yang perlu kamu ingat hanyalah, seorang pendengar yang baik akan menyimak keluhanmu dengan baik sebelum memberikan respon, bukannya baru mendengar sedikit langsung berkomentar begitu saja.

2. Tidak memanfaatkanmu

Tidak Memanfaatkanmu

Tidak Memanfaatkanmu via https://pixabay.com

Sahabat sejati tidak akan memanfaatkan posisi dan statusmu saat ini. Entah karena kekayaan, ketenaran, ataupun jabatanmu di sebuah instansi. 

Mereka tak akan mempedulikan apakah kamu punya banyak uang atau tidak memiliki uang sama sekali. Pada dasarnya, persahabatan sejati tak akan berdasarkan harta ataupun tahta. 

Seandainya pada akhirnya salah satu dari kalian ada yang meraih kesuksesan, kalian akan merasakan kebahagiaan dan kebanggaan yang sama. Tak ada rasa iri atau rasa ingin memanfaatkan sama sekali.

3. Selalu keep in touch

Keep in Touch

Keep in Touch via https://www.posbagus.com

Seiring dengan berjalannya waktu, kamu dan sahabatmu mau tak mau mungkin harus terpisah. Entah karena kuliah di universitas berbeda, bekerja di perusahaan yang jauh, atau harus pindah rumah ke luar kota.

Meskipun berada di tempat yang jauh, seorang teman sejati akan selalu berusaha untuk saling memberi kabar.

Tidak perlu setiap jam dan setiap waktu, tapi cukup sesekali ketika tengah senggang. Itu pun tidak perlu dengan percakapan panjang berjam-jam, tapi cukup dengan percakapan singkat.

Yang terpenting di sini adalah kalian saling memastikan kabar masing-masing dan tetap keep in touch.

Namun, tak ada salahnya kalau sesekali kamu dan sahabat menyempatkan diri untuk mengobrol lama di akhir pekan atau waktu-waktu tertentu.

Kalian bisa saling keeping up dengan gosip terbaru atau masalah yang belakangan tengah kalian hadapi. 

4. Seimbang dalam memberi dan menerima

Seimbang

Seimbang via https://pixabay.com

Idealnya, dalam hubungan persahabatan, kalian harus saling memberi dan menerima secara adil. Hal ini tidak berarti saling memberi dan menerima barang tertentu, tapi lebih tentang saling menghargai satu sama lain dan memberikan waktu untuk sahabatnya.

Kalian harus saling mendukung satu sama lain. Ketika sahabatmu tengah merasa frustasi, kamu harus mendukungnya dengan baik, begitu pula sebaliknya. Tak boleh ada yang merasa terlalu sering memberi dan tak pernah menerima perhatian sama sekali.

5. Mengenalimu dengan baik

Mengenalimu dengan Baik

Mengenalimu dengan Baik via https://www.kepogaul.com

Coba cek apakah kamu dan sahabat sudah saling mengenal satu sama lain, luar dan dalam? Apakah kamu tahu dengan pasti apa makanan kesukaannya dan siapa aktor atau aktris favoritnya?

Kalau sudah, selamat, ya! Karena itu artinya kamu dan sahabat sudah menjalin persahabatan sejati. Tak peduli jika kalian berdua memiliki pendapat atau sifat yang beda sekalipun, tapi persahabatan kalian akan selalu terjalin dengan baik.

Satu hal yang lebih penting lagi, sahabat sejati tak akan saling menggosipkan satu sama lain. Kamu tak akan membicarakan keburukannya di hadapan orang lain, begitu pula dengannya yang tak akan menjelek-jelekkanmu di depan orang lain.  

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya