Hipertiroid adalah salah satu penyakit yang berkaitan dengan hormon manusia. Hormon ini berfungsi mengatur metabolisme tubuh sehingga jika kadarnya terlalu tinggi akan menyebabkan peningkatan metabolisme yang ditandai dengan adanya jantung berdebar-debar, sering berkeringat, sulit tidur, nafsu makan meningkat, penurunan berat badan yang drastis.

Kebanyakan penyakit ini dialami oleh perempuan berusia 15-40 tahun dan yang menjadi masalah bagi kebanyakan perempuan tersebut adalah penururan berat badan yang drastis sehingga mereka merasa tidak percaya diri dengan bentuk tubuhnya yang terlalu kurus.

Inilah beberapa tips bagi kalian perempuan penderita hipertiroid yang ingin tubuhnya tetap oke!

1. Minumlah obat yang dianjurkan oleh dokter secara rutin

Ketika telah didiagnosis menderita penyakit ini, dokter akan menyarankan untuk terus meminum obat khusus hingga hormon tiroid itu kembali normal. Jangan lupa untuk terus membawa obat ini kemanapun kalian pergi, karena selain membantu menstabilkan hormon, obat itu akan membantu menenangkan jantung yang sering berdebar-debar atau nafas kalian yang ngos-ngosan.

2. Kurangi makanan yang mengandung micin atau makanan beryodium.

Micin atau makanan yang mengandung yodium akan meningkatkan metabolisme tubuh, dimana jika penderita hipertiroid banyak mengkonsumsi yodium akan membahayakan dan menjadikan hipertiroid menjadi penyakit yang serius.

Advertisement

Contoh makanan yang mengandung micin atau MSG dan paling sering dimakan kebanyakan anak muda itu adalah junkfood. Enak sih tapi bahaya kan kalau terlalu banyak dikonsumsi.

3. Jangan terlalu menforsir dirimu dalam menjalani kegiatan sehari-hari.

Pekerjaan yang berat

Pekerjaan yang berat via https://fokusjambi.com

Penderita hipertiroid punya kondisi yang lemah atau sering capek. Kondisi jantung yang sering berdetak lebih kencang, kemudian nafas yang ngos-ngosan hingga tubuh yang mulai muncul tremor, membuat penderita hipertiroid susah untuk melakukan banyak kegiatan, terutama yang menghabiskan banyak tenaga.

Jika terlalu dipaksakan, akan menjadikan metabolisme tubuh semakin menurun sehingga nantinya akan rentan dengan penyakit-penyakit kecil seperti flu, deman dll yang dapat menyerang tubuh penderita hipertiroid.

4. Luangkan waktu untuk menenangkan pikiran agar tidak terlalu stress

Advertisement

Sebuah hormon dapat kembali normal jika ditunjang dengan aktivitas yang lebih relax dan tidak banyak membebani pikiran. Seperti dengan bersantai, menonton tv atau melakukan beberapa hobi disela-sela waktu luang kalian.

Semua penyakit pada dasarnya akan parah jika pikiran atau mindset nya jelek atau tidak sehat. Maka dari itu, perempuan penderita hipertiroid harus pintar-pintarnya menjaga pikiran dan mental mereka untuk menjaga hormon yang ada didalam dirinya.

5. Jangan jadikan alasan lemahnya kondisi tubuh untuk malas olahraga.

Meskipun tubuh seorang penderita hipertiroid sering capek atau ngos-ngosan kalau banyak kegiatan. Bukan berarti hal itu jadi alasan kalian untuk malas-malasan berolahraga. Justru olahraga banyak dibutuhkan, dan jenis olahraga yang dilakukan sebaiknya tidak terlalu berat.

Seperti perbanyak jalan kaki dipagi hari, berenang setiap satu minggu sekali atau bersepeda meskipun tidak dengan jarak yang jauh.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya