Tak terasa udah tanggal tua nih? Hmmm yaaa… Pasti teman-teman udah pada sering liatin isi dompetnya nih hehe… Hidup mandiri memang susah, semua harus di kerjakan sendiri. Apalagi jika teman-teman mahasiswa dari luar daerah, yang pasti bakalan ngejalanin nih kehidupan anak kost.

Jika temen-temen dapat uang saku yang lebih saat tanggal tua tak jadi masalah apalagi kalau orang kaya sih enak, tidak perlu takut kehabisan. Tapi bagi sebagian mahasiswa yang keungannya pas-pasan, bagaimana? Tanggal tua merupakan penyakit KANKER (kantong kering) bulanan yang selalu datang.

Tinggal di kost bagi mahasiswa merupakan pengalaman yang paling tepat untuk belajar mengatur keuangan secara mandiri. Di kost di tempat yang jauh dari orang tua, akan mendorong para mahasiswa untuk mengatur keuangan mereka sendiri untuk memenuhi kebutuhan mereka sehari hari sering kali menjadi hal yang tidak mudah. Maka dari itu saya membuat tips hidup hemat ala anak kost.

1. Buat Daftar Skala Prioritas

daftar skala prioritas via http://i1.wp.com

Hal ini penting untuk menentukan kebutuhan mana yang harus teman-teman penuhi segera dan mana yang bisa ditunda. Sehingga kebutuhan dasar kalian tidak terlewatkan, jangan sampai teman-teman bisa membeli baju mahal, namun selanjutnya teman-teman tidak makan selama seminggu. Nah… Maka dari itu sebelum berbelanja kalian sangat perlu membuat daftar belanja yang berisi barang apa saja yang kalian butuhkan.

2. Masak Sendiri

Advertisement

Jika kondisi kost yang teman-teman tempati memungkinkan, masaklah sendiri. Belilah rice cooker untuk menanak nasi sehingga teman-teman cukup ke warung untuk membeli lauknya saja. Jika teman-teman biasa makan dengan harga 10.000 sekali makan lengkap dengan nasinya maka teman-teman bisa hemat 3.000 sekali makan. Rice cooker anak kost bisa digunakan untuk masak mie rebus, wooow mantap bukan.

3. Hunting Warung Murah

warung-warung murah via http://flyingwith.me

Jika teman-teman tidak memungkinkan untuk masak, coba cari warung-warung murah. Tanya pada kakak-kakak kost yang sudah lama tinggal.

4. Mencuci Pakaian Sendiri

Mencuci pakaian sendiri via https://encrypted-tbn3.gstatic.com

Jika kost teman-teman memiliki tempat untuk menjemur dan menyuci, cucilah pakaian sendiri, lumayan teman-teman bisa irit Rp 5000 per kilonya. Lumayan buat tambahan makan, hehe.. Belum lagi laundry harus menunggu waktu hingga 3-4 hari baru jadi.

5. Aktif Organisasi

Aktif berbagai organisasi via https://s3-ap-southeast-1.amazonaws.com

Advertisement

Memang aktif organisasi mesti meluangkan banyak waktu, tenaga, dan pikiran, namun itu setara dengan yang didapatkan teman-teman, apalagi pas rapat, buat acara, dan lain-lain pasti sering ada makan bareng pake uang organisasi alias gratis.

6. Sedia Mie Instan

sedia mie instan via http://1.bp.blogspot.com

Disaat tanggal tua, mie instan bisa menjadi andalan, cuma Rp 2000 perbungkusnya jika seharian makan mie Instan kamu cukup mengeluarkan uang Rp 6000. Apalagi jika kamu langsung beli sekardus, bisa sekalian buat bisnis di kost nih jika ada teman yang ingin membeli.

7. Menabung

Menabung merupakan cara jitu yang sering dilakukan oleh setiap orang bukan cuman mahasiswa yang harus menabung. Untuk mahasiswa buatlah beberapa celengan kecil dimana celengan itu sendiri diberikan nama dan nama tersebut ialah target tabungan atau tujuan dari tabungan itu sendiri. Kamu bisa menabung dari 1000 rupiah satiap harinya dan yakinlah suatu saat tabungan itu akan bermanfaat untuk masa depanmu.

Nah itulah 7 tips hidup hemat ala anak kost. So, sudah siap jadi mahasiswa yang lebih hemat sekarang?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya