Jadi anak kuliah emang bangga, punya kesempatan bisa kejar ilmu yang lebih banyak. Tapi kalau kupu-kupu (kuliah-pulang, kuliah-pulang) gimana? Ngebosenin juga sih. Bayangin nya aja 4 tahun kuliah aktivitasnya kuliah pulang doang,

Kalau kerja sambil kuliah? Why Not! Hal ini bisa jadi tantangan buat diri kamu sendiri yang punya keinginan buat nyoba rasanya kuliah sambil kerja itu gimana.

Tapi, semua itu gak semulus yang kamu bayangkan, setiap keputusan yang kamu ambil disitu pasti ada resiko juga yang akan kamu tanggung.

1. Super Sibuk

part time super sibuk via https://www.wired.com

Saat pertama kali nyoba untuk jadi anak part time, atau freelance disamping kamu kuliah juga hal pertama yang di rasain yaitu kamu jadi orang yang super sibuk, dari asalnya sehari-hari kegiatanmu cuma liat film, nongkrong, internetan, atau cuma kerja kelompok sesekali doang, dan sekarang tiba-tiba jadi orang yang super sibuk, di hadapkan dengan berbagai tugas yang harus dikerjakan dan punya deadline tersendiri.

Dari mulai pagi banget harus udah siap untuk pergi kerja part time sampai malam, dan besok paginya juga harus sudah siap untuk kuliah lagi dengan berbagai tugas yang harus dikumpulkan, ditambah kamu masih punya kerjaan yang belum diselesaikan di tempat kerja part time mu, disini kamu udah jadi orang yang super sibuk banget!

2. Kekurangan Waktu

kurang waktu istirahat karena part time via https://hellosehat.com

Advertisement

Hal berikutnya yang kamu rasain di minggu-minggu kemudian kamu kerja, kamu pasti ngerasain kalau


waktu satu detik aja berharga banget buat kamu!


Ngerasa kalau waktu yang kamu punya selama 24 jam ini masih kurang buat ngelakuin kegiatan yang lain, kamu ngerasa pingin bisa tambah waktu untuk bisa menyelesaikan kegiatan atau tugas yang lainnya.

Advertisement

Waktu sama temen kamu berkurang. Eits! Bukan cuma itu, apalagi kalau kamu punya gebetan atau pacar waktu kamu untuk mereka tambah gak ada, untuk kamu kerjain tugas aja masih kurang waktu apalagi kalau harus pergi hangout sama temen atau gebetan duh, rasanya gak kepikiran banget kalau sampai harus punya waktu buat pergi main atau cuma nongkrong doang.

3. Fokus terbagi

fokus jadi terbagi karena part time via http://stylemagazines.com.au

Fokus kamu mulai terbagi, bayangkan saja yang awalnya kamu hanya mahasiswa biasa yang hanya kuliah saja tiap harinya, dan sekarang harus kerja.

Fokus kamu untuk kuliah bisa jadi terbagi, karena harus mengerjakan banyak hal setiap harinya, kamu di kejar oleh deadline tugas dan dikejar oleh pekerjaan di kantormu. Kalau kamu tidak bisa membagi waktu, dan mengatur semua kegiatan, bakal keteteran semua tuh! Bisa jadi nilai turun, karena buat belajarpun berkurang dan bisa jadi kamu dalam menjalani kuliah atau kerja kurang serius.

4. Kesehatan menurun

sakit karena part time via https://2.bp.blogspot.com

Setelah sebulan menjalani kuliah sambil kerja, biasanya kamu udah mulai lupa sama kesehatan kamu sendiri, jadwal makan jadi tidak teratur kesehatanmu mulai menurun, karena setiap harinya kamu sibuk dan padat dalam mengerjakan semua kegiatan.

Mulai di serang flu, demam, maag, batuk, dan lainnya. Karena harus pulang larut, setelah itu esok pagi kamu harus pergi kuliah dan kerja lagi.

5. Stress

part time bisa jadi stress via http://analisadaily.com

Duh! Jangan sampai deh kalau kamu ngalami stress karena keputusan kamu sendiri, buat ngejalanin kuliah sambil kerja ini ya!

Jangan sampai kamu pusing dengan semua kegiatan kuliah dan kerja yang sedang kamu jalani itu, apalagi sampai stress atau tiba-tiba berhenti dari kerjaan yang sudah di kontrak, because it is not cool dan kamu termasuk orang yang tidak bertanggung jawab, karena malah menghindar daripadi menjalani dan menyelesaikanya.


Karena kamu pasti sudah dewasa, pasti tahu mana yang baik dan salah, serta tahu segala resiko dan tanggungjawab yang akan diambil dan dialami setiap kamu mengambil sebuah keputusan


Sebelum kamu mantap dengan pilihanmu kuliah sambil kerja, pikirkan semua kekurangan dan kelebihan. Dan yang paling penting, pastikan pada diri kamu sendiri kalau kamu memang mampu untuk menjalani nya, dan kalau kamu pikir belum mampu dilain waktu masih bisakan untuk kerja sehabis kuliah kan?

So, jangan terburu-buru dan jangan terlalu ngebet kalau memang ingin kuliah sambil kerja, tapi semua itu tergantung diri kamu sendiri yang menjalani nya. Cari pengalaman itu bagus, tapi harus disikapi dengan benar dan dewasa ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya