Kamu Lagi Bosen? Cobain 10 Rekomendasi Game Populer dan Terlaris di Tahun 2021 Ini Yuk!

Sedang cari game seru untuk mengisi liburan, tapi nggak tahu game mana yang bagus? Cara paling aman sih, milih game paling popular saat ini. Karena game yang sudah dimainkan banyak orang dan mendapat review bagus pasti tidak mengecewakan. Dan akhirnya, kamu sudah mencoba mencari review game popular dan belum mendapatkan ulasan yang sesuai. Sampai akhirnya, kamu membaca artikel ini.

Kami tahu, kamu butuh rekomendasi game yang bagus. Spesial untuk kamu, kami ulas 10 game paling popular di dunia 2021. Semua game yang kami review sudah melalui kurasi yang ketat dan riset yang mendalam. Berikut ini daftar game paling popular di dunia tahun 2021:

Advertisement

1. Fortnite – (Battle royale)

Photo by Pixabay

Photo by Pixabay via https://pixabay.com

Fortnite merupakan game genre battle royale yang sangat popular di dunia sampai saat ini. Player aktif dari game Fortnite bahkan mencapai 350 juta. Menakjubkan, bukan?

Kepopularan game Fortnite meningkat pesat saat dance dari karakter di dalam game viral di YouTube & sosial media. Banyak gamer pemula mulai tahu dan tertarik dengan Fortnite setelah dance challenge Fortnite viral. Dan akhirnya, mereka baru terkesan dengan desain karakter yang unik, gameplay battle royale yang seru dan senjata unconventional.

Advertisement

Developer Epic Games sangat puas dengan peningkatan player Fortnite yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Di mana, saat ini Fortnite menjadi salah satu game paling popular di dunia dengan jumlah pemain aktif mencapai 350 juta. Bagi kamu yang belum pernah bermain game Fortnite, berikut ini 3 alasan kenapa game Fortnite menarik untuk kamu mainkan:

  • Pertama, game battle royale dengan 100 pemain yang memiliki gameplay seru dan gratis (free to play). Jadi, pemain tidak mengeluarkan uang untuk memainkan game. Dengan begitu, pemain dapat merasakan kesenangan terlebih dahulu sebelum menjadi loyak untuk membeli item game dari developer.
  • Kedua, pemain dapat memainkan Fortnite dengan berbagai platform (crossplatform). Artinya, pemain antar platform Windows, iOS, PlayStation 5 hingga Android dapat bersaing satu sama lain.
  • Ketiga, banyak streamer popular yang membagikan permainannya di kanal Twitch, misalnya Rapper Drake. Artinya, komunitas game Fortnite sangat besar dan solid.
  • Terakhir, perlengkapan senjata, gameplay, dan selebrasi di game Fortnite sangat unik. Jadi, gamer tidak akan bosan bermain Fortnite selama berjam-jam.

Tertarik untuk mencoba game Fortnite? Segera download gamenya melalui Steam, Apps Store atau Google Playstore.

Advertisement

2. Minecraft – (Sandbox)

Photo by Minecraft

Photo by Minecraft via https://www.minecraft.net

Game popular di dunia selanjutnya adalah Minecraft. Minecraft merupakan game genre sandbox-survival yang identik dengan grafis balok yang menyerupai lego. Biarpun grafis game tidak 3D-realistis seperti game-game era 2021, tapi Minecraft bikin candu. Grafis yang tersusun dari kotak-kotak ini membuat dunia game menjadi lucu dan imut.

Jadi, banyak orang betah bermain Minecraft berjam-jam. Bayangin aja, monster, zombie dan bandit di game Minecraft menjadi sangat lucu dan tidak seseram di game lainnya. Berkat ide brilian ini, developer Mojang mendapatkan banyak penggemar dari seluruh dunia. Tercatat, sampai saat ini, player aktif Minecraft mencapai 126 juta.

Dengan jumlah sebesar itu, Minecraft menjadi salah satu game paling popular di dunia tahun 2021. Menurut kami, ada 5 elemen kenapa game Minecraft bisa sepopuler saat ini:

  • Pertama, fleksibilitas tinggi. Artinya, kamu dapat membuat dunia game yang kamu sukai. Mau survival bisa. Mau membangun kastil megah bisa. Mau petualangan bisa. Dunia Minecraft dapat kamu ubah menjadi apapun, batasnya adalah kreativitas yang kamu miliki.
  • Kedua,  mode kreatif. Artinya, kamu bebas berkreasi sesuai keinginanmu. Nggak ada batasan dalam mengumpulkan item dan membangun bangunan di Minecraft. Player sangat menyukai mode kreatif ini.
  • Ketiga, menyediakan dunia yang sangat luas untuk di eksplorasi. Artinya, kamu tidak akan kehabisan lokasi untuk kamu jelajahi. Dan di setiap lokasi kamu akan mendapatkan pengalaman baru yang menyenangkan di dalam game Minecraft.
  • Keempat, grafik yang unik. Menurut survei yang kami lakukan, banyak player yang menyukai Minecraft karena Minecraft memiliki grafik unik dan berbentuk kotak-kotak. Menurut kebanyakan gamer, grafik ini lucu. Jadi, bikin gembira dan senang setelah bermain game Minecraft. Dengan begitu, Minecraft menjadi game hiburan yang sukses di seluruh dunia.
  • Kelima, mode multiplayer yang menyenangkan. Artinya, kamu dapat berinteraksi dengan berbagai pemain Minecraft dari seluruh dunia. Kamu dapat mencari teman baru, bertukar pengalaman hingga membuat proyek bersama di Minecraft.

Mulai tertarik? Segera download dan mainkan gamenya.

3. League of Legends – (MOBA)

Photo by Ubixlo

Photo by Ubixlo via https://www.ubixlo.com

League of Legends merupakan game MOBA karya developer Riot Games yang rilis sejak tahun 2009. Game League of Legends terinspirasi dari game Defense of Ancients (Dota) yang telah lebih dahulu rilis. Inti dari game League of Legends adalah pertarungan multiplayer antar tim 5v5.

Di mana, setiap player akan mengendalikan Champions yang dapat naik level selama pertandingan berjalan. Tim yang terlebih dahulu menghancurkan base musuh adalah pemenangnya. Menarik, bukan? Kabarnya, setelah League of Legends menjadi Esport, popularitas game ini kian meningkat.

Terbukti, saat ini player aktif League of Legends telah mencapai 115 juta. Dan akan terus meningkat kedepannya. Wow, sungguh fantastis. Lalu, kenapa game League of Legends bisa sepopuler ini?

  • Pertama, free to play. Artinya, semua pemain dapat bermain League of Legends secara gratis. Akan tetapi, pihak developer juga menyediakan beberapa item yang bisa pemain beli saat ingin melakukan custom karakter.
  • Kedua, gameplay simple namun kompetitif. Artinya, pemain pemula sekalipun dapat beradaptasi dengan gameplay League of legends dengan mudah. Akan tetapi, jika ingin menjadi top player, butuh usaha ekstra.
  • Ketiga, Riot Games mati-matian membangun ekosistem game League of Legends di seluruh dunia. Mulai dari edukasi pemain, menyelenggarakan turnamen resmi, menjalin kerjasama dengan para distributor game hingga melangkah ke jenjang Esport. Riot games benar-benar mendorong tim pemasarannya untuk terus agresif tanpa kenal lelah.
  • Terakhir, developer Riot Games mendesain karakter Champions sesuai dengan keinginan terdalam dari para pemain. Jadi, Riot Games membangun branding yang kuat antara karakter game dan player. Dengan begitu, loyalitas pemain akan terjaga dan pemasaran dari mulut ke mulut akan terjadi. Efek domino inilah yang membuat pemain League of Legends terus meningkat. Dan komunitas dari game ini semakin besar.

Apabila kamu suka pertarungan MOBA secara multiplayer, game League of Legends pasti cocok untukmu. Yuk, langsung download dan mainkan gamenya.

4. Free Fire – (Battle Royale)

Photo by FF Garena

Photo by FF Garena via https://ff.garena.com

Meskipun seringkali disebut sebagai game burik, tapi Free Fire adalah salah satu game paling popular di tahun 2021, lho. Terbukti, saat ini game Free fire memiliki 80 juta player aktif dari seluruh dunia. Dengan adanya player sebanyak ini, pihak developer 111 Dots Studio lebih mudah merawat dan menciptakan ekosistem game, misalnya:

  • Mengadakan turnamen Internasional dengan hadiah miliaran rupiah.
  • Promosi melalui brand ambasador.
  • Menjual item game untuk custom karakter game.

Kenapa game burik Free Fire bisa sampai sepopuler ini?

  • Pertama, free to play. Artinya, pemain dapat memainkan Free Fair secara gratis tanpa perlu bayar bulanan. Jadi, pemain dapat main game battle royale kapan saja dan di mana saja.
  • Kedua, easy play & easy win. Berbeda dengan game battle royale sejenisnya yang membutuhkan 100 pemain untuk start game, Free Fire hanya butuh 50 pemain. Dengan begitu, waktu permainan singkat (10-15 menit) dan menjadi last standing survivor jauh lebih mudah.
  • Ketiga, memiliki karakter hero battles. Lagi-lagi inilah diferensiasi dari game burik Free Fire. Adanya hero di dalam game dapat kamu pakai untuk membuat strategi khusus. Misalnya, memakai karakter Carolina yang jago bertempur dengan shotgun. Kamu juga bisa pakai Hayato yang memiliki penetrasi armor yang tinggi saat mendekati sekarat. Adanya hero akan mengubah alur pertandingan menjadi lebih seru.
  • Terakhir, Garena Free Fire terus-terusan melakukan pemasaran via online secara masif. Lihat saja iklannya berada YouTube, Social Media, hingga Twitch. Tak cukup sampai di situ, Free Fire juga mendaftarkan diri sebagai game Esport dengan liga internasional dan berhadiah miliaran.

Tertarik menjadi atlet Esport Free Fire? Segera download gamenya dan jadilah top player dari Indonesia.

5. Rainbow Six Siege – (First-Person shooter)

Photo by Ubisoft

Photo by Ubisoft via https://www.ubisoft.com

Sekarang lanjut ke game paling popular di dunia tahun 2021 genre first-person shooter (FPS), yaitu Rainbow Six Siege. Rainbow Six Siege merupakan game online tactical shooter yang seru dan menantang karya developer kondang Ubisoft.

Di dalam Rainbow Six Siege, player akan bermain bertarung dengan sistem Counter-Terrorism Units (CTUs). Di mana, ada tim penyerang dan tim bertahan. Setiap tim memiliki objective masing-masing.

Player dapat menerapkan berbagai strategi operasi militer untuk menyelesaikan misinya. Misalnya, pengepungan, pengintaian hingga pembantaian. Jangan takut gagal dalam menjalankan taktik & strategi. Karena kegagalan adalah guru yang terbaik. Player di Rainbow Six Siege akan semakin berkembang saat melewati banyak pertarungan.

Fitur Rainbow Six Siege:

  • Mendukung mode permainan single-player & multiplayer.
  • Lintas platform: Microsoft Windows, PlayStation 4, Xbox One, PS5, Xbox Series X/S.
  • Banyak pilihan gameplay, seperti: hostage, bomb, secure area, tactical realism, terrorist hunt, situations, outbreak, arcade, seasonal events.
  • Grafis yang sangat realistis dan full HD.
  • Banyak pilihan senjata modern yang unik dan keren.

Segera download dan mainkan gamenya.

6. Counter-Strike: Global Offensive – (First-Person shooter)

Photo by Counter Strike

Photo by Counter Strike via https://blog.counter-strike.net

Counter-Strike: Global Offensive (CS:GO) merupakan game multiplayer first-person shooter yang mempertarungkan dua tim. Satu tim berperan sebagai tim penjahat dan satu lagi berperan sebagai polisi. Setiap tim memiliki objective masing-masing. Ada yang memiliki misi bertahan, menjinakkan bom & penaklukan.

Saat ini CS:GO memiliki player aktif sebanyak 24 juta. Di mana, salah satu player profesional CS:GO berasal dari Indonesia. Ya, dia adalah Hansel “BnTeT” Ferdinand. Akhir-akhir ini, namanya sedang sangat bersinar di kancah Esport CS:GO.

Kenapa game Counter-Strike: Global Offensive (CS: GO) popular?

  • Pertama, CS:GO memiliki gameplay yang sederhana dan mudah dipahami. Akan tetapi, sangat menantang untuk bermain secara kompetitif. Karena selalu ada strategi tidak terduga yang bisa pemain munculkan saat pertandingan (unpredictable end game).
  • Kedua, CS:GO telah memiliki ekosistem gamer yang mengakar kuat. Publisher CS:GO telah memberikan ruang bagi pemain pemula, penghobi hingga pemain profesional wadah untuk menyalurkan kreasi. Di mana, ada sistem perankingan yang kompetitif dan ada event bulanan yang seru. Khusus untuk talenta muda berbakat, pemain dapat memilih bergabung di liga profesional CS:GO. Di mana, player dapat bergabung dengan tim profesional dan bertanding di turnamen Esport skala Internasional. Dengan begitu, dia dapat mendapatkan banyak uang.
  • Ketiga, ada banyak pilihan map dan mode permainan.

Terakhir, developer Valve Hidden Path Entertainment selalu memberikan update yang menarik. Mulai dari grafis, gameplay, item game hingga skin karakter. Inovasi dan update yang konsisten inilah, kunci sukses CS:GO menjadi salah satu game paling popular di dunia.

7. Dota 2 – (Strategy)

Photo by Dota2

Photo by Dota2 via https://www.dota2.com

Dota 2 adalah game genre multiplayer online battle arena (MOBA) karya developer Valve. Di dalam permainan Dota 2, kamu akan bertarung secara tim dengan format 5v5.Dimana, setiap pemain akan mengendalikan satu hero yang memiliki skill khusus dan dapat naik level selama pertandingan. Berkat ketekunan developer Valve dalam berinovasi, saat ini Dota 2 telah memiliki hero sebanyak 120 karakter. Di mana, ada hero meta dan hero anti-meta yang kuat. Jadi, player dapat menyusun strategi pertarungan yang epik.

Saat ini, Dota 2 menjadi salah satu game MOBA paling popular di dunia dengan jumlah player aktif sebanyak 11 juta pemain. Wow, banyak sekali ya! Dan bagi pemain berbakat, ada liga Esport Internasional dengan hadiah miliaran rupiah. Untuk pertandingan Esport Dota 2, The International 10, hadiah totalnya mencapai $40.018.195 atau setara dengan 587 miliar rupiah. Wow, Awesome!

8. PlayerUnknowns Battlegrounds [PUBG] – (Battle Royale)

Photo by PUBG

Photo by PUBG via https://pubg.com

PlayerUnknown's Battlegrounds atau lebih dikenal dengan nama PUBG adalah game bergenre battle royale karya developer PUBG Corporation. PUBG menawarkan aksi pertarungan tembak-menembak antar pemain dengan sistem last standing man deathmatch. Di mana, 100 player akan bertarung sampai mati di sebuah pulau terpencil sampai ada satu pemain yang tersisa.

Pemain dapat bermain secara solo, duo, hingga membentuk tim sejumlah 4 orang. Jadi, kamu dapat bekerjasama ataupun bertarung sendirian sampai akhir.

Ada 5 alasan kenapa game PUBG ini sangat popular di dunia:

  • Pertama, PUBG menawarkan konsep pertarungan battle royale yang seru dan menantang.
  • Kedua, PUBG bukan hanya tentang menembak, tetapi juga menyangkut strategi taktis dalam menjadi last standing man sampai akhir permainan.
  • Ketiga, PUBG menyajikan permainan battle royale yang intens, serba cepat dan menegangkan. Sampai-sampai membawa pemain mencapai level kebahagiaan ditingkat lain.
  • Keempat, PUBG dapat dimainkan secara gratis (free to play) melalui berbagai platform.
  • Terakhir, PUBG memiliki komunitas gamer online yang sangat besar. Bahkan saat ini rata-rata player aktif setiap bulan di PUBG sudah mencapai 520 ribu. Dengan jumlah tersebut, PUBG resmi menjadi salah satu game paling popular di dunia tahun 2021.

Ini game seru banget! Pokoknya, kamu harus nyobain sekarang juga.

9. Hearthstone – (Strategy)

Photo by Play Hearthstone

Photo by Play Hearthstone via https://playhearthstone.com

Game paling popular di dunia selanjutnya adalah Hearthstone. Hearthstone merupakan game dengan genre digital collectible card game karya developer Blizzard Entertainment.

Permainan Hearthstone mirip dengan game Yu-Gi-Oh! Trading Card Games. Akan tetapi, karakter & atribut game mengambil dari game Warcraft Universe.

Jadi, jangan kaget saat kamu melihat para hero Warcraft masuk ke dalam game Hearthstone.

Karena Hearthstone adalah game strategi, kebanyakan gamer yang tertarik di dalam game ini adalah gamer yang doyan mikir. Jadi, apabila kamu senang bikin strategi, berhitung dan mengingat pola tertentu, game ini cocok untuk kamu coba.

Player dapat menyerang, bertahan hingga membuat jebakan selama pertandingan. Menarik, bukan?

Fitur di dalam game Hearthstone: 

Pemain dapat bertanding secara single-player dan multiplayer.
Game Hearthstone telah mendukung permainan lintas platform, seperti: Windows, macOS, iOS & Android.
Hearthstone memiliki banyak mode permainan seru. Misalnya, arena decks, tavern, brawls, battlegrounds dan duels.
Pemeringkatan pemain sangat kompetitif.
Jika kamu game yang suka permainan battle card, kamu pasti akan menyukai Hearthstone.

10. FIFA 21 – (Sports)

Photo by EA

Photo by EA via https://www.ea.com

Game sepak bola paling popular di dunia tahun 2021 adalah FIFA 21. FIFA 21 merupakan game simulasi sepakbola karya developer Electronic Arts yang sangat popular bagi para pecinta game football simulation. Dari segi grafis dan pergerakan pemain bola di dalam game sangat dinamis dan halus. Terlebih, saat selebrasi setelah mencetak gol. Itu keren abis sih!

Kenapa FIFA 21 menjadi sangat popular di dunia?

  • Pertama, FIFA telah menjelma menjadi game Esport raksasa dengan berbagai turnamen skala Internasional yang megah. Dengan begitu, masa depan pemain game FIFA 21 sangat cerah. Kamu bermain sambil menghasilkan uang dengan bermain FIFA 21.
  • Kedua, banyak generasi muda yang memiliki hobi sepakbola dan bermain game. Dengan begitu, ada ikatan emosional yang kuat antara pemain muda dengan game sepakbola. Dan akhirnya, banyak gamer muda yang senang bermain FIFA 21.
  • Ketiga, grafik game sangat realistis dengan update tahunan yang inovatif.
  • Terakhir, gameplay permainan mudah namun kaya akan strategi.

Itulah 10 game paling popular di dunia tahun 2021. Dari sekian banyak game popular di atas, mana game yang menjadi favoritmu? Atau kamu punya rekomendasi game popular lain yang lebih baik? Jika iya, mari berbagi rekomendasi melalui kolom komentar di bawah.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE