Sejauh ini, saya banyak menemukan kesalahpahaman perihal U.K, England, dan Great Britain di mana menurut pandangan sebagian orang ini adalah suatu hal yang sama. Uniknya, banyak orang yang tinggal di U.K tidak mau disebut sebagai orang Inggris. Begitu sebaliknya dengan orang yang berada di Great Britain belum tentu mau dijuluki orang Inggris. Tetapi, pada dasarnya mereka tidak keberatan jika disebut british.

Nah, yang perlu kita garis bawahi adalah, U.K, England, Great Britain adalah hal yang sangat berbeda. Penasaran? Teman-teman bisa langsung googling. Di era yang moderen dan serba digital ini semua informasi bisa dengan mudah kita akses di daring. Tidak usah panjang lebar, kali ini yang akan saya bahas adalah 5 potret icon UK di era 70an dan saat ini yang kamu harus ketahui sebelum traveling ke UK agar kamu layak menyandang gelar sebagai Smart Traveller bukan hanya taking pics saja. Langsung aja yuk simak di bawah ini!

1. Buckingham Palace

Beforeandafter

Beforeandafter via http://www.alamy.com

Bagi sebagian orang mungkin sudah tidak asing lagi dengan keindahan view nya Buckingham Palace ini, apalagi untuk kalangan mahasiswa dan mahasiswi yang saat ini sedang mencari ilmu di negeri yang terkenal dengan arsitektur bangunan nya yang begitu khas ini. Konon, Buckingham Palace ini adalah lokasi balai kota yang dibangun untuk Duke of Buckingham pada masanya dan pada akhirnya dijadikan sebagai rumah pribadi yang dikenal sebagai "The Queen's House" oleh George III.

Kata orang-orang sih, belum sah rasanya kalau belum menapakkan kaki di gedung yang super megah ini. Nggak heran kalau setiap harinya lokasi ini selalu dipadati oleh wisatawan dari berbagai negara, karena ini merupakan salah 1 icon nya Britain lho. Dapat kita lihat, begitu jelas perbedaan gedung ini pada era 70an dan saat ini.

Advertisement

Perbedaan yang paling mencolok banget sih guys, dulu itu kendaraan masih bebas berlalu lalang di sekitar gedung ini karena memang seperti yang saya katakan tadi, dulunya ini merupakan balai kota. Tetapi sekarang sudah dilarang karena sudah menjadi icon wisata dan daerah steril kendaraan. Wah, timeflies banget ya. Tapi keindahan nya tetap dapat menyejukkan suasana hati dan pikiran. hmm

2. Big Ben London

Beforeandafter

Beforeandafter via https://www.pexels.com

Di urutan kedua, icon yang wajib kamu kunjungin nih ada namanya Big Ben guys. Big Ben adalah nama sebuah menara jam super gede yang terletak di Istana Westminster, London, Britania Raya. Menurut opini saya, menara ini sudah dapat dikatakan salah satu menara tertua karena tepat pada tanggal 31 Mei 2018 menara ini tepat berusia 159 tahun lho.

Keren bukaannn. Guys, nenek aku aja belum lahir, tapi menara ini sudah berdiri kokoh. HAHA Sebenarnya kalau dilihat kasat mata sih, perbedaannya nggak jauh-jauh banget nggak sih. Hanya saja yang membedakan adalah suasana nya. Di mana, dulu itu area para pejalan kaki lebih luas dibanding area untuk kendaraan. Tapi tetep aja sampai sekarang Big Ben ini mampu menyulap hati kita lebih tenang meskipun untuk area kendaraan sudah di perlebar. hmm jadi pengen ke sana!

3. Tower Bridge

Beforeandafter

Beforeandafter via https://www.google.co.id

Advertisement

Nah yang ketiga adalah pintu gerbang menuju London. Kalau sepintas terdengar seperti pintu ya tapi ini bukan sembarang pintu guys. Ini adalah jembatan tua yang menghubungkan kota lewat sungai. Nama sungai nya sungai Themes. Tapi buat yang doyan renang, jangan sesekali coba nyemplung d isini ya. Faktanya airnya sudah nggak serendah yang dulu. Seperti gambar hitam putih diatas yang menunjukkan seorang balita yang sedang asik main di sisi sungai.

Kalau sekarang jangan coba-coba, banyak buaya. HEHE. Lagian ngapain harus nyemplung sih guys, cukup nikmatin dan foto saja sudah cukup merasakan keindahan kota London. Ingat, jangan yang aneh-aneh ya! Tahu nggak? Kalau jembatan ini bisa diangkat dan hanya butuh satu menit untuk mengangkatnya ke ketinggian maksimum lho.

Sungguh luar biasa yaa. Dan biasanya diangkat kalau ada kapal gede yang mau lewat guys. Saran saya, berfoto itu ketika jembatan nya terangkat. Karna unik nya ada di situ. Buktinya nggak semua jembatan bisa beroperasi seperti robot gitu kan. Saya yakin 100% kamu bakal dapat banyak like dari wargaram ( warga Instagram ) buat yang instagramholic HEHE. Keren kan!

4. Trafalgar Square

Beforeandafter

Beforeandafter via https://daily.jstor.org

Sekarang waktunya kita beranjak ke jantung kotanya London guys. Ya bener sekali Trafalgar Square namanya. Buat kamu yang sering nonton film romantic hollywood pasti sudah nggak asing lagi sama lokasi ini. Pasalnya, Trafalgar Square ini sering banget guys dijadiin untuk lokasi syuting film, perayaan malam tahun baru sampai aksi demonstrasi juga sering banget lho.

Alun-alun ini berlokasi di wilayah City of Westminster, London pusat. Nggak heran kalau alun-alun ini dikelilingi oleh berbagai bangunan penting seperti National Gallery (utara), St. Martin-in-the-fields (timur laut), South Africa House (timur) dan Canada House (barat). Di alun-alun ini kamu dapat menemui berbagai turis dari belahan dunia. Dulu, alun-alun ini banyak dipenuhi oleh burung merpati lho.

Tapi sekalipun banyak burung, alun-alun ini tetap saja melekat di hati para wisatawan. Kalau dibandingkan era 70an dengan sekarang pastinya kita sudah sama taulah ya apa yang membedakan. Iya kebersihan! Kalau dulu banyak para pelancong datang hanya untuk bertemu dan sekedar memberi makan merpati-merpati lucu. Otomatis banyak sisa-sisa makanan ataupun kotoran. Tetapi sekarang sudah cukup bersih kok. Jadi buat kamu yang takut jorok jangan khawatir lagi ya!

5. Cambridge University

Beforeandafter

Beforeandafter via https://pbs.twimg.com

List yang terakhir versi saya adalah salah satu universitas terbaik di dunia yaitu Universitas Cambridge. You know why i put this one on the list? Karena saya tahu, sebagian besar para pembaca setia Hipwee berasal dari kalangan pelajar. Menurut pengalaman saya, ketika saya berjalan ke suatu tempat yang baru, salah satu list tujuan yang paling dinantikan adalah berkunjung ke kampus-kampus ternama. Kebetulan saya berasal dari salah satu universitas yang ada di Malang dan saya yakin 100% yang saya lakukan nggak jauh beda sama teman-teman pembaca.

Cambridge University ini terletak di Cambridge Inggris dan menjadi kampus tertua kedua setelah Oxford lho. Universitas ini dipandang luas sebagai universitas paling elit dan bergengsi di Britania Raya. Untuk bisa masuk ke kampus ini, calon mahasiswa harus melalui proses penyeleksian yang begitu ketat. Kampus ini berdiri tahun 1209 oleh jebolan Oxford lho. Nggak kebayang bagaimana bangganya dan bahagianya kalau kita bisa berfoto di kampus ini ya guys. Berfoto aja bangga, apalagi jadi mahasiswa Cambridge?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya