Pergi ke luar negeri merupakan cita-cita bagi banyak orang terutama mahasiswa. Untuk mahasiswa sendiri, pergi ke luar negeri dan mengukir prestasi tentunya merupakan sesuatu yang patut dibanggakan. Namun ada juga yang ingin pergi ke luar negeri sekedar untuk berjalan-jalan dan memotret perjalanan mereka disana. Ternyata nih, terdapat beberapa cara yang bisa kamu ikuti sebagai mahasiswa agar bisa ke luar negeri, simak caranya yuk! 

1. Ikuti program pertukaran pelajar

exchange via http://kampusgw.com

Mengikuti program exchange atau pertukaran pelajar sama dengan menjadi perwakilan Indonesia di luar negeri. Kesempatan ini tidak akan datang kedua kali karena dengan kesempatan ini, kamu tidak hanya sekedar mewakili Indonesia di kancah internasional, namun juga bisa bertemu dengan teman-teman dari berbagai negara, bergaul, dan mengenal budaya selain budaya Indonesia. Eits, tapi semua living expenses kamu harus ditanggung kamu sendiri selama di sana, jadi kamu harus nabung lebih banyak lagi nih.

2. Beasiswa

beasiswa via http://isigood.com

Untuk kalian mahasiswa yang cukup berprestasi, lumayan nih untuk mengambil atau setidaknya mencoba apply beasiswa untuk berguru ke luar negeri. Tapi kalian jangan galau dulu soal living expenses disana karena untuk living expenses ditanggung negara yang di sana loh. Biasanya beasiswa dibuka untuk mahasiswa yang sudah mencapai S1, dan biasanya beasiswa membutuhkan applicant untuk bisa berbahasa inggris dengan minimal TOEFL 500 dan TOEIC 700. Untuk kamu yang masih maba, jangan berkecil hati karena kamu bisa mengisi waktu kuliah kamu dengan kursus supaya TOEFL dan TOEIC kamu bisa lebih dari minimum yang ditentukan.

3. Nabung yuk!

yuk menabung via http://kisah-motivasi.com

Advertisement

Untuk poin ketiga ini, memang harus dilakukan kalau kamu memang bersungguh-sungguh ingin ke luar negeri, ibarat pepatah yaitu, “sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit”. Mulai dari menyisihkan sebagian uang kamu dapat tiap bulan, belajar menghemat, dan jangan lupa memberi sedekah kepada yang membutuhkan. Tapi kalau mau ngirit, jangan terlalu menyiksa diri sendiri yaaa.

4. Mengikuti UKM yang sudah go internasional

ukm go international via https://akcdn.news.detik.com

UKM atau yang kepanjangannya Unit Kegiatan Mahasiswa ini penting untuk diikuti oleh mahasiswa. Tidak hanya menambah nilai dan pergi ke luar negeri, kamu juga bisa mendapat relasi dengan teman-teman di fakultas lain dan kamu juga bisa menyalurkan bakat dan prestasi lewat UKM tersebut.

5. Mencari lowongan magang di luar negeri

Untuk kamu mahasiswa tingkat akhir, lowongan magang bisa menjadi ajang untuk pergi ke luar negeri. Saat ini, banyak lowongan kerja magang yang beredar di lingkungan kampus. Namun, pihak kampus juga biasanya menyediakan informasi kerja magang untuk mahasiswa tingkat akhir. Tapi jangan lupa memilih lowongan magang yang sesuai dengan minat dan bakat kamu yaaa.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya