Sebuah website akan memberikan informasi yang sangat berguna untuk orang banyak. Website juga menjadi salah satu perantara bagi anda dalam menyebarkan informasi, untuk membuat sebuah website tidaklah mudah. Diperlukan keahlian khusus dan langkah-langkah cermat agar anda bisa mendapatkan sebuah website yang anda idam-idamkan. Pembuat website atau lebih dikenal dengan seorang web developer harus paham dengan beberapa bagian yang harus dibuat pada sebuah website, dan juga harus mengetahui langkah-langkahnya.

1. Bahasa Pemrograman

pixabay.com via https://pixabay.com

Yang pertama jika anda menginginkan pembuatan sebuah website, maka anda harus mengenal yang namanya bahasa pemrograman website. Bahasa ini sangat wajib dipelajari bagi anda dikarnakan penggunaan bahasa inilah yang bisa membawa sebuah tampilan website itu baik atau buruk, di sini anda bisa mempelajari HTML, CSS, SQL, Javascript, bahasa scripting web, dan lainnya.

2. Web Server

pixabay.com via https://pixabay.com

Advertisement

Anda juga dituntut untuk mempelajari beberapa hal yang nantinya anda akan temui dalam pembuatan website, seperti mempelajari teknik penyelesaian kasus-kasus pemrograman web dimana anda dituntut untuk mempelajari pemograman secara keseluruhan, anda juga harus mempelajari tentang web server, karena website anda pasti akan terhubung dengan web server agar bisa berjalan, disini anda akan mempelajari penggunaan module caching. Anda juga harus mempelajari penciptaan URL yang enak dibaca oleh orang banyak yang berguna dalam mengoptimalkan penampilan website.

3. Framework

pixabay.com via https://pixabay.com

Gunakan beberapa bantuan yang bisa membantu dalam pengerjaan sebuah website, seperti penggunaan framework, yang merupakan sebuah fungsi yang dapat memudahkan dalam melakukan pemrograman. Gunakan framework yang sesuai dengan kemampuan anda sehingga akan mendapatkan hasil yang baik.

4. Praktek

pixabay.com via https://pixabay.com

Setelah mahir dalam sebuah bahasa pemrograman, anda bisa langsung terjun untuk mempraktekan langsung dalam pembuatan sebuah website. Anda bisa mempelajari teknik-teknik yang bisa dipelajari untuk mengoptimalkan langkah-langkah dalam pembuatan website, anda juga akan dituntut untuk selalu memperbaharui kemampuan anda, karena pada dasarnya teknologi akan bertambah maju setiap saat, yang mana kemajuan teknologi ini akan berdampak pada kemudahan anda dalam menciptakan sebuah website. Tidak lupa bagi anda untuk tetap mengasah kemampuan yang dimiliki untuk membuat sebuah website.

5. Komunitas

pixabay.com via https://pixabay.com

Advertisement

Bergabung dengan komunitas pegembang website merupakan langkah cerdas untuk dapat menjadi web developer handal. Perkembangan bahasa pemrograman, dan peralatan yang digunakan untuk membuat website akan cepat anda dapatkan jika anda bergabung dalam sebuah komunitas.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya