Bisnis merupakan kata yang tak  asing lagi bagi telinga kita. Namun kata tersebut tentu tidak semudah yang kita bayangkan, sering pula membuat kita terjatuh atau gulung tikar. Mengapa hal itu dapat terjadi?

Sebenarnya menjadi entrepreneur membutuhkan ide yang cukup kreatif, di mana bisnis itu menarik mau pun sangat diperlukan di daerah atau negara tersebut. Selain itu, agar usaha menjadi berkembang pesat dibutuhkan pula kondisi dimana pesaing yang sedikit.

Berikut beberapa bisnis yang jarang ditemui atau bahkan belum ada di Indonesia dan sangat menarik.

1. Custom Make Up

Ketika kita membeli make up seperti eyeshadow, blush on, concealer, dan sebagainya, tentu kita sedikit kesal karena pada umumya warna-warna sudah ditentukan sepaket oleh pabrik.

Advertisement

Risikonya setiap kita membeli eyeshadow atau sejenisnya pasti ada saja warna yang sangat jarang digunakan atau bahkan tidak pernah digunakan. Masalah lainnya misalkan kita menyukai warna A lalu menyukai juga warna B namun warna A dan warna B tidak sepaket sehingga kita harus membeli dua paket sekaligus. Boros deh.

Nah, hal tersebut ada solusinya yaitu ‘Custom Make Up’ yaitu kamu tinggal memilih warna sesuai seleramu dan menggabungkannya dalam satu palette atau satu paket.

Karena masyarakat Indonesia khususnya para perempuan sangat menyukai make up pula, dapat kita bayangkan jika usaha ini terealisasi di Indonesia. Laris manis, bukan? Tertarik?

2. Emotional Room

Advertisement

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Psychosomatic Research, memendam suatu perasaan negative dapat menimbulkan kematian akibat penyakit kanker maupun jantung (Chapman, et al., 2013).

Penelitian ini juga turut membuktikan penelitian sebelumnya yang menghubungkan antara emosi negatif, seperti marah, cemas, dan depresi, dengan pengembangan dari penyakit jantung (Kubzansky dan Kawachi, 2000).

Oleh sebab itu hal ini dapat pula dijadikan peluang sebagai usaha di Indonesia yaitu ‘Emotional Room’ yaitu ruangan dimana kita bisa meluapkan emosional yang kita rasakan.

Misalkan kita sedang marah ingin meluapkan dengan membanting, memecahkan, memukul, menghancurkan barang-barang dan berteriak sekeras-kerasnya kita dapat mem-booking ruangan tersebut. Atau kita ingin curhat dengan adanya masalah namun kita takut digosipi oleh teman ditambah pula kita merupakan introvert, di Emotional Room ini disediakan pula tempat curhat dengan menggunakan mask ataupun topeng jika tidak ingin diketahui identitasnya.

Atau hal lainnya, kamu sedang kesal karena selalu tidak diperbolehkan melalukan kesalahan seperti tidak boleh menumpahkan air, cat, saos, kopi, dan-sebagainya? Di ruangan ini kamu dapat menumpahkan air dan sejenisnya ke mana pun kamu suka, seperti baju, kertas, dan lantai.

Selain itu masih banyak hal menarik lagi yang akan kamu jumpai untuk mengatasi emosional kamu.

3. Unique Ice Cream

Usaha selanjutnya membahas soal makanan. Siapa di sini yang tidak suka ice cream? Pasti suka dong ya. Tapi, pernahkah kamu memakan ice cream unik?

Seperti ice cream super tinggi dengan cone bermacam warna favorit kamu dan berbagai rasa yang unik beraneka macam. Kebayang nggak sih, kalau kamu memakan es krimnya sampe habis dengan rasa yang unik seperti rasa wasabi, sakura, lavender, dan lain-lain.

Selain rasa yang unik, pengalaman memakan ice cream pun dapat diabadikan di media sosial sehingga dapat menjadi trending serta menggugat pecinta kuliner lainnya untuk mencicipi.

Ingat, sajikan ice cream ini seunik dan sebagus mungkin ya, serta jangan lupa dekorasi tempat agar dibuat semakin iconic.

4. Outdoor Cinema

Kalau lagi pacaran maunya tentu berduaan terus. Makan berdua, jalan berdua, nonton berdua, ke mana-mana berdua. Bahas soal nonton berdua, kita tentu sering merasa tidak nyaman nonton di bioskop yang pada umumnya, mulai dari tidak boleh berisik hingga posisi duduk yang tidak leluasa. Jika mem-booking tiket yang premier pun tidak bisa romantis karena duduknya terpisah jauh, jika memesan yang velvet class (menggunakan tempat tidur), selain harganya cukup menguras dompet tetap merasa terganggu karena kurangnya ruang privacy dan tetap saja tidak diizinkan berbicara.

Kalian pernah melihat bioskop yang berada di jalanan dan kita menontonnya di dalam mobil? Tentu sering kita lihat di film-film Hollywood. Terlihat sweet dan keren ya nonton bersama pasangan kita di dalam mobil. Hal ini juga bisa dijadikan ide usaha di Indonesia hanya saja mungkin diperlukan lapangan yang cukup luas untuk layar besar dan barisan mobilnya.

Tidak hanya film bioskop yang diputar, tayangan live bola pun juga dapat menjadi pertimbangan. Untuk itu, selain menawarkan pengalaman menonton yang unik, rasa kebersamaan pun menjadi lebih terasa terlebih ketika nobar sepak bola dengan teman-teman terdekat.

5. Hug Me

Untuk usaha selanjutnya kalian pasti pernah mendengar kata ‘free hugs’ yang sering dilakukan dijalanan luar negeri. Tahukah kamu penelitian menyatakan bahwa memeluk dapat meningkatkan jumlah oxytocin hormone dalam tubuh.

Hormon oksitosin merupakan hormon yang dapat meningkatkan kepercayaan dan keyakinan diri, mengurangi rasa takut, serta meningkatkan kasih sayang dan ketenangan. Hormon oksitosin ini juga dapat menurunkan tekanan darah, meningkatkan kekebalan tubuh, melawan infeksi dan kelelahan, serta mengurangi stres dan depresi.

Ternyata pelukan sangat penting, bukan? Hal berikut bisa dijadikan usaha di Indonesia pula. Namun sayangnya di Indonesia masih sering terjadi pelecehan seksual, sehingga objek untuk usaha ini dapat digantikan dengan boneka besar. Siapa yang tidak ingin memeluk boneka besar?

Bayangkan usaha ini berada di mall atau kafe dengan tarif sepuluh ribu saja. Ide usaha ini juga dapat dijadikan dekorasi yang unik untuk kafe dengan konsep yang Instagrammable.

6. Jasa Third-Party Endorsement

Untuk yang terakhir ini berhubungan dengan jasa dalam teknologi aplikasi maupun website. Yakni bisnis jasa third-party untuk keperluan Endorse.

Jasa ini menghubungkan pengguna jasa Endorse dengan pihak selebgram maupun youtuber. Pada satu sisi, pengguna dimudahkan dalam mencari endorser sesuai dengan kategori mereka, dan di sisi lain sebagai endorser juga diuntungkan dengan meningkatnya pesanan dan berkembangnya rating mereka.

Aplikasi ini nantinya akan mengambil untung dari agency fee yang dikenakan kepada pengguna ketika melakukan pembayaran. Bisnis jenis ini tentunya cukup menarik karena meningkatnya popularitas di kalangan youtuber, blogger, dan celebgram.

Dengan target market business owner dan pelaku usaha, tentunya produk atau jasa yang mereka tawarkan dapat memanfaatkan jasa endorse untuk meningkatkan awareness serta brand recognition.

Nah, bagaimana pendapat kalian menengai bisnis diatas? Berminat untuk mencoba salah satu dari ke-enam bisnis tersebut?

Pada dasarnya, jika kalian ingin mencoba terjun dalam dunia bisnis, hal yang perlu diingat dalam berbinis yaitu

Jatuh bangun sudah biasa, jangan merasa puas saat di atas awan dan jangan pasrah hingga mati saat tenggelam dalam lautan, tetapi tetaplah berusaha mencari udara hingga dirimu dapat mengapung, terdampar, dan kembali berjalan hingga dapat terbang kembali ke angkasa.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya