Beranjak dewasa merupakan pilihan yang tidak bisa dihindari oleh setiap orang. Berbagai permasalahan hidup mulai beragam dan tak cukup hanya tentang cinta saja. Skripsi yang tak kunjung selesai, sarjana yang tak kunjung dapat pekerjaan, pekerja yang gajinya tak sesuai, serta sederet permasalahan hidup lainnya menjadi salah satu alasan beberapa orang merasa bahwa hidup terlalu berat.

Ada kalanya skripsimu tak kunjung di-acc meski sudah revisi puluhan kali, ada kalanya kamu tak kunjung dapat panggilan interview setelah melamar ke puluhan perusahaan, ada kalanya naskahmu puluhan kali ditolak penerbit, ada kalanya kamu tidak lolos ajang pencarian bakat, bahkan ada kalanya pula kamu tidak kunjung mendapatkan kenaikan gaji meski sudah bertahun-tahun bekerja. Bahkan beberapa menerima keadaan sulit secara bergantian atau sekaligus.

Sudah skripsi tak kunjung acc, kondisi keuangan melilit, eh diputusin pacar pula! Nah, kalau sudah seperti ini banyak yang merasa bahwa hidup tidak adil, ujung-ujungnya menghardik di sosial media sebagai pelampiasan kekesalan.

Tidak sedikit dari mereka yang mulai putus asa karena merasa gagal dalam hidupnya. Belum lagi diusia yang semakin dewasa, satu per satu sahabat mulai sibuk menata hidupnya masing-masing dan membuat kita tidak lagi bisa bergantung kepada mereka ketika sedang dalam keadaan sulit. Di titik ini, siapa lagi yang bisa kamu andalkan? Jawabannya sederhana, dirimu sendiri!

Jika kamu sedang dalam kondisi itu, tenanglah dan jangan buru-buru menyerah. Pertahanan diri harus dibangun sekuat mungkin. Jangan kalah dengan hidup selagi masih diizinkan bernafas. Nah, selagi berjuang bangkit sendirian, ucapkan 5 kalimat sederhana ini untuk membantumu tegar. Apa saja?

1. Tidak apa-apa, tidak masalah sama sekali!

Katakan pada dirimu,

Katakan pada dirimu, “tidak apa-apa” via https://unsplash.com

Di saat kamu merasa merasa gagal dalam setiap pilihan, di saat kamu merasa tidak berhasil dalam setiap perjuangan. Di saat kamu merasa bahwa semua keputusanmu salah, maka jangan menyerah!

Advertisement

Tarik napasmu dalam-dalam lantas serukan dalam hati “tidak apa-apa, tidak masalah!”. Ya, tidak apa-apa gagal sekali, tidak masalah gagal sekali. Kata-kata itu setidaknya akan melegakanmu dan memberimu jeda sebelum menempuh perjuangan baru!

2. Ini bukan masalah besar!

Bukan masalah besar

Bukan masalah besar via https://unsplash.com

Bahkan jika kamu gagal atau jatuh kedua kalinya, lagi-lagi jangan menyerah! Percayalah bahwa kegagalan dan kejatuhanmu bukanlah masalah besar. Beri sugesti dalam dirimu “Ya, ini bukan masalah besar. Aku sudah gagal sekali, dua kali, masih ada kesempatan ketiga kali. Ya, bukan masalah besar”.

Percayalah, sugesti yang kamu buat untuk dirimu sendiri akan menguatkanmu. Setidaknya untuk membuatmu kuat berdiri tegak.

3. Aku telah melakukan yang terbaik!

Aku telah melakukan yang terbaik

Aku telah melakukan yang terbaik via https://unsplash.com

Advertisement

Jika kamu pernah gagal, jadikan kegagalanmu momentum untuk menyusun strategi baru dan menjadikannya pelajaran berharga. Dalam setiap perjuangan, pastikan untuk selalu melakukan dan mengusahakan yang terbaik.

Setelah berjuang, nikmati sejenak jeda sembari serukan “Aku telah melakukan yang terbaik!”. Bahkan jika kamu gagal, selama kamu sudah mengusahakan yang terbaik, itu bukan masalah besar karena kamu tidak akan terlalu menyesal. Tetaplah tegak berdiri!

4. Ayolah! Berjuang lebih keras lagi tak akan rugi~

Berjuang lebih keras lagi

Berjuang lebih keras lagi via https://unsplash.com

Tidak masalah gagal kesekian kali selagi kamu masih kuat berdiri. Lupakan semua amarah yang tersimpan dalam diri. Percayalah pada dirimu. Kamu mampu melaluinya, ajak separuh jiwamu dengan serukan “Ayo berjuang lebih keras lagi!”. Satu seruan “ayo” yang kau cetuskan pada sebagian jiwamu yang patah setidaknya akan membantu memberimu tenaga untuk kembali berdiri tegak dan memulai perjuangan!

5. Kegagalan ini bukti kalau aku hebat! Paling tidak aku berani mencoba,

Aku hebat!

Aku hebat! via https://unsplash.com

Jangan lupa untuk selalu mengapresiasi dirimu sendiri setelah berjuang. Terkadang kita terlalu sibuk mengapresiasi keberhasilan orang lain sampai tak pernah peduli dengan perjuangan berat yang telah dilakukan sendirian.

Maka, jangan lupa untuk mengapresiasi dirimu sendiri dengan kata sederhana “Selamat, aku hebat”. Apapun yang kau lakukan, ketika kau merasa sudah mengusahakan yang terbaik semampumu, jangan lupa untuk mengapresiasi perjuanganmu.

Percayalah, kelegaan akan membuatmu lebih bahagia! Karena, kamu hebat! Ingatlah satu hal bahwa usaha tidak pernah mengkhianati hasil, percayalah!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya