Kamu Termasuk Golongan Orang yang Sering Gagal Fokus? Yuk Simak 5 Cara Untuk Mengembalikan Konsentrasi Kamu!

Tingkat konsentrasi yang baik merupakan langkah awal untuk menjadi diri yang produktif.

Pernahkah kamu merasa sulit untuk fokus dan konsentrasi pada pekerjaan atau tugas yang sedang kamu lakukan? Jika iya, kamu bukanlah satu-satunya. Kemampuan konsentrasi dan fokus adalah salah satu keterampilan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Dengan konsentrasi yang baik, kita bisa menyelesaikan pekerjaan dengan lebih efektif dan efisien, serta menghindari kesalahan yang mungkin terjadi karena kurangnya perhatian.

Namun, terkadang konsentrasi dan fokus dapat menjadi sulit dipertahankan, terutama di era digital di mana gangguan seperti pesan singkat, notifikasi, dan media sosial begitu banyak. Untungnya, ada beberapa metode latihan konsentrasi dan fokus yang jarang dikenal, yang dapat membantu meningkatkan kemampuan mental kamu. Berikut ini adalah lima metode latihan konsentrasi dan fokus yang jarang dikenal:

Advertisement

1. Teknik Pomodoro

Photo by Pinterest on Pinterest

Photo by Pinterest on Pinterest via https://pin.it

Pasti kamu sering terganggu saat belajar disebabkan oleh handphone, entah itu notifikasi pesan, panggilan, media sosial atau game. Nah, mulai saat ini kamu bisa mencoba menerapkan Teknik Pomodoro. Apa itu Teknik pomodoro? Teknik Pomodoro merupakan teknik manajemen waktu yang mengharuskan kita untuk bekerja dalam waktu 25 menit tanpa gangguan, kemudian istirahat selama 5 menit.

Ketika pomodoro telah mencapai 4 siklus kerja atau dengan kata lain telah mencapai 2 jam, kita bisa mengambil istirahat yang lebih panjang selama 15-30 menit. Waktu istirahat tersebut bisa kita gunakan untuk menanggapi pesan-pesan yang masuk di handphone atau melakukan kegiatan lain yang menyenankan. Tujuan dari metode ini adalah untuk memaksimalkan produktivitas dengan cara mengatur jadwal kerja yang jelas dan terstruktur. Teknik ini telah populer di kalangan pekerja kreatif dan professional, lo! Coba kamu praktikkan saat belajar nanti, ya!

Advertisement

2. Teknik Mengalihkan Pandangan

Photo by The Container Store on Pinterest

Photo by The Container Store on Pinterest via https://pin.it

Mata yang lelah setelah berkonsentrasi saat membaca dan memperhatikan seseorang yang sedang menerangkan merupakan hal yang wajar. Apalagi dengan perkembangan teknologi yang mengakibatkan banyaknya literatur daring dan pertemuan secara daring membuat mata kita lebih cepat lelah karena berhadapan dengan sinar dari gawai kita. Hal ini bisa mengganggu konsentrasi kita, bahkan membuat kita menjadi malas untuk memperhatikan. Selain mengganggu konsentrasi, hal tersebut juga dapat mengganggu kesehatan mata, lo! Mata menjadi terasa perih, kering, memerah, hingga penglihatan menjadi kabur. Namun, jangan khawatir, ya! Kamu bisa menerapkan teknik 20-20-20.

Teknik ini bisa dilakukan dengan cara setiap 20 menit kamu memperhatikan sesuatu, entah itu layar gawai, papan tulis, atau seseorang, kamu bisa mengalihkan pandangan ke objek yang jauh selama 20 detik, kemudian mengalihkan pandangan ke objek yang dekat selama 20 detik, lalu kembali fokus kepada apa yang sedang kamu kerjakan. Teknik ini sangat bermanfaat karena dapat mengistirahatkan mata, memperlancar sirkulasi darah di mata, mencegah CVS (Computer Vision Syndrome), dan pastinya bisa mengembalikan konsentrasi kamu.

3. Teknik Pengaturan Pernapasan

Advertisement
Photo by Sarahkbenning on Pinterest

Photo by Sarahkbenning on Pinterest via https://pin.it

Metode selanjutnya adalah dengan mengatur napas. Tak jarang kita sulit fokus dan berkonsentrasi karena tegang dalam menghadapi sesuatu, baik itu ujian, menunggu seseorang, atau menunggu kepastian kabar darinya. Ketegangan ini malah mengganggu konsentrasi kita dalam mengerjakan sesuatu. Oleh karena itu, untuk mengembalikan fokus dapat dilakukan teknik 4-7-8.

Bagaimana cara melakukannya? Kita dapat menarik napas dalam-dalam selama 4 detik, kemudian tahan napas selama 7 detik, dan hembuskan napas secara perlahan-lahan selama 8 detik. Ulangi siklus selama 4 kali hingga kamu merasa tenang. Teknik ini bertujuan untuk membantu mengatur respons menghadapi stres dan mengembalikan keseimbangan tubuh. Dengan demikian, kamu bisa mengembalikan konsentrasi dan fokusmu terhadap hal yang akan kamu hadapi. Tertarik melakukannya saat menghadapi ujian akhir semester?

4. Rajin Berolahraga

Photo by El Alcanje on Pinterest

Photo by El Alcanje on Pinterest via https://pin.it

Berolahraga merupakan salah satu Teknik untuk meningkatkan kemampuan dalam berkonsentrasi. Dalam hal konsentrasi, otak merupakan bagian yang mengambil peranan paling penting. Nah, dengan kita berolahraga, dapat memperlancar aliran darah menuju ke otak sehingga suplai nutrisi otak dapat terpenuhi dengan baik. Dengan begitu, kamu dapat mengajak otakmu untuk berkonsentrasi dengan jangka waktu yang lebih lama.

Selain itu, olahraga dapat melepaskan hormone endorfin di tubuh kita sehingga dapat meningkatkan mood dan konsentrasi kita. Salah satu jenis olahraga memiliki manfaat khusus dalam meningkatkan konsentrasi adalah yoga. Yoga menggabungkan gerakan tubuh dengan teknik pernapasan yang fokus, yang dapat membantu menenangkan pikiran dan meningkatkan konsentrasi. Olahraga dengan jadwal yang teratur dapat meningkatkan efektivitas dalam menjaga konsentrasi, lo! Hayo, siapa yang di sini masih malas berolahraga?

5. Gunakan bantuan aplikasi

Photo by silvia on Pinterest

Photo by silvia on Pinterest via https://pin.it

Ponsel kamu sebenarnya memiliki fungsi yang sangat banyak. Salah satunya dapat membantu kamu untuk menjaga konsentrasi kamu. Berbagai aplikasi memiliki manfaat supaya kamu tetap memiliki tingkat konsentrasi dan fokus yang baik. Aplikasi-aplikasi ini dapat membantu kamu untuk menerapkan metode sebelumnya, lo! Contohnya saja, seperti teknik pomodoro kamu bisa menggunakan aplikasi penghalang gangguan, seperti SelfControl atau Freedom, yang memblokir akses ke situs web atau aplikasi yang dapat mengalihkan perhatian kamu.

Untuk pengaturan waktunya, kamu bisa menggunakan stopwatch. Selain itu, terdapat juga aplikasi manajemen tugas yang dapat membantu kamu untuk memfokuskan tugas-tugas yang memiliki urgensi tertinggi, biasanya sih yang mepet deadline, ya. Contoh aplikasiny ada Trello, Todoist, dan Eisenhower Matrix. Tuh,berguna banget kan ponselmu jika digunakan dengan bijak. Tapi, janji ya jangan dibuat main kalau lagi fokus!

Demikianlah 5 metode untuk mengembalikan konsentrasi dan fokus yang masih jarang dilakukan orang. Cobalah untuk mempraktikkan salah satu atau beberapa metode tersebut secara teratur dan lihatlah bagaimana mereka dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan fokus kamu dalam berbagai aktivitas. Kira-kira kamu paling tertarik untuk mencoba yang mana?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Seorang mahasiswa yang diberi tugas untuk menulis artikel.

CLOSE