Apakah kamu pernah merasa jika hidupmu seperti stuck di satu fase di mana semua hal nampaknya seperti tidak ada yang berkesan untuk diingat? Atau mungkin merasa bahwa hidup ini terlalu sulit untuk dijalani karena rentetan masalah yang terus datang menghampiri?

Well, mungkin kita bukan selebritis atau seseorang yang terlahir sempurna, tapi kita semua berhak untuk bahagia dan bisa berbahagia karena bahagia itu sederhana kok :)

1. Rumput tetangga (tidak) selalu lebih hijau

hati-hati rumput imitasi

hati-hati rumput imitasi via http://google.co.id

Konon katanya rumput tetangga selalu terlihat lebih hijau. Apa yang dimiliki oleh orang lain rasanya terlihat lebih bersinar, lebih baik dan lebih menarik dari yang kita miliki saat ini. Padahal seringnya apa yang dimiliki orang lain, yang terlihat begitu bersinar tersebut, adalah hal yang sebenarnya juga kita miliki saat ini.

Terus kenapa dong, rumput tetangga (katanya) lebih hijau dari rumput pekarangan sendiri? Yang tidak banyak disadari adalah seringnya kita membandingkan hal yang tidak relevan dengan orang lain sehingga terjebak sendiri dengan perasaan ingin memiliki yang tidak sehat alias iri hati.

Advertisement

Misalnya, kok tiba-tiba tetangga sebelah beli mobil baru lagi. Coba jangan langsung panas tapi ingat-ingat lagi, mungkin selama ini saat kita sibuk buang-buang uang, tetangga kita sedang berhemat setaun penuh. Hingga wajar aja dong kalau dia bisa beli mobil baru lagi.


Kadang kita lupa bahwa ada proses untuk mendapatkan segala sesuatu sehingga membuat hal-hal kecil yang sudah tercapai menjadi tidak berharga untuk disyukuri


2. Memaafkan memang tidak mudah tapi jauh lebih baik dari mendendam

membebaskan belenggu jiwa

membebaskan belenggu jiwa via https://www.liveboldlycoaching.com

Tidak ada hidup yang benar-benar sempurna namun selalu ada pilihan untuk menjadi lebih bahagia. Memaafkan kesalahan orang lain, meskipun sulit di awal, akan jauh lebih melegakan dibanding dengan memendam kekecewaan dan dendam dalam hati. Bagaimana jika sulit memaafkan? Coba ingat, bahwa tidak ada manusia yang luput dari kesalahan. Jangan-jangan saat kita sibuk mengingat kesalahan orang lain, ada lebih banyak orang di luar sana yang juga sedang mengingat keburukan sikap kita.

Advertisement


Maafkanlah kesalahan orang lain, bukan demi siapa-siapa. Semata-mata karena diri kita berhak untuk bahagia.


3. Berusaha adalah sebuah keharusan, namun memastikan hasilnya adalah urusan semesta

gagal adalah nama tengah dari setiap insan di bumi

gagal adalah nama tengah dari setiap insan di bumi via http://nicolecrank.com

Hidup memang tidak selalu mudah, ada masa di mana harus berjuang dengan segala kemampuan yang ada hingga tidak ada yang tersisa. Namun bukan kewajiban kita untuk memastikan semua yang kita kerjakan akan selalu berhasil seperti yang kita kehendaki.

Ketika menemui kegagalan setelah berusaha sebaik mungkin, coba ambil pelajarannya dan ulangi lagi dengan cara yang lebih baik. Buka mata dan hati agar bahagia bisa lebih mudah masuk lewat jalan yang tidak disangka-sangka.


Jangan terlalu lama menatap pintu yang sudah tertutup, karena masih banyak pintu lain yang sedang terbuka menunggu untuk disinggahi.


4. Jangan pelit, berikan yang terbaik selagi mampu

agar kebahagiaan yang dirasa makin kuat terasa

agar kebahagiaan yang dirasa makin kuat terasa via http://www.inspireme.love

Selagi mampu, jangan pelit dalam memberikan pertolongan kepada orang lain. Tidak selalu mengenai bantuan yang bersifat materi atau uang. Memberikan bantuan dalam bentuk bersedia mendengarkan cerita dan memberikan semangat kepada rekan kerja yang sedang mengalami kebuntuan dalam karirnya adalah contoh nyata untuk hal ini. Coba deh buat satu orang tersenyum karena apa yang kita lakukan, dan rasakan perasaan bahagia pasti akan langsung menjalar dalam hati kita.


Jangan menuntut kebahagiaan, tapi berikan kebahagiaan kepada yang lain maka kebahagiaan akan hadir tanpa diminta


5. Yang besar tidak akan menghampiri selama kamu tidak bisa menghargai yang kecil

bersyukurlah, niscaya nikmatKu akan bertambah

bersyukurlah, niscaya nikmatKu akan bertambah via https://cdn.powerofpositivity.com

Tidak ada kesuksesan besar yang terjadi tanpa kesuksesan-kesuksesan kecil sebelumnya. Mau jadi jutawan? Bisa, tapi pastikan sebelumnya sudah melakukan hal-hal yang mengarah ke situ. Misalnya mencoba peruntungan dengan membuka toko online sendiri, atau menjadi tutor bagi teman sekelas.

Bahkan mencoba peruntungan dengan ikut kuis berhadiah pun bisa dicoba. Biarpun receh tapi kalau dikumpulin tiap hari kan bisa jadi banyak, siapa tau malah bisa naik haji dari situ.

Karena kita tidak pernah tau dari mana rezeki akan datang menghampiri. Pastikan saat ia datang menghampiri, kita sudah siap menjemputnya. Namun ketika ia sudah menghampiri, jangan lupa untuk mensyukurinya sekecil apapun itu agar lapang hati ini sehingga bahagia lebih mudah dirasa.

Berbahagia adalah soal keputusan diri sendiri dan semua tergantung dari apa yang ada di hati kita. Jadi yuk lebih mudah bersyukur, lebih mudah mengapresiasi hal-hal kecil agar bisa mendapatkan yang lebih besar.


Karena memiliki kesempatan untuk hidup sampai hari ini juga adalah sebuah kebahagiaan yang patut untuk disyukuri


Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya