Sebelum Memilih Tinggal di Apartemen, Milenial Wajib Mempertimbangkan ini!

Generasi milenial yang sudah beranjak dewasa kita di hadapkan banyak pilihan untuk memilih tempat tinggal, yuk pertimbangkan hal ini dulu ya

Ayo mengaku bagi kalian yang sudah memasuki usia kepala dua, pasti banyak pertanyaan nanti mau tinggal di mana dengan pasangan? lalu memilih tinggal di apartemen atau rumah?

Dimana tidak jarang kita tergiur dengan berbagai tawaran untuk membeli rumah yang harganya cukup menguras kantong atau memilih apartemen yang harganya cenderung lebih terjangkau. Seiring berkembangnya jaman makin banyak anak muda yang lebih memilih apartemen karena beberapa pernyataan berikut :

“Beli Apartemen aja biar lebih murah sehingga cicilan gak sebesar beli rumah dan hidup lebih praktis”

Ya memang memilih tempat tinggal pasti membutuhkan banyak pertimbangan. Pasalnya tempat tinggal cenderung akan kita tempati dalam jangka waktu yang lama dan menjadi aset jangka panjang. Beberapa hal yang harus dipertimbangkan ketika memilih apartemen sebagai tempat tinggal yaitu :

Advertisement

1. Biaya Tambahan

Memilih tinggal di Apartemen berarti berkomitmen untuk membayar biaya service charge. Biaya ini akan ditanggung oleh penghuni apartemen atas fasilitas yang disudah diberikan. Setiap apartemen memiliki fasilitas yang berbeda-beda, semakin banyak fasilitas dan semakin besar tIpe unit tentu akan semakin mahal.

Jadi jika kamu menikmati fasilitas lift, kolam renang, tempat fitness hingga layanan security & receptionist 24 jam itu semua tidak gratis ya!!! bahkan ada beberapa apartemen yang menarik biaya listrik dan air dengan standart lebih tinggi dari pada harga normal serta biaya parkir berlangganan yang disesuaikan dengan jenis kendaraan.

Advertisement

2. Pemilihan Unit Kamar

Unit Apartement

Unit Apartement via https://unsplash.com

Selain itu bagi yang tidak terlalu suka dengan matahari maka bisa memilih unit kamar yang tidak langsung menghadap ke barat dan timur sehingga ruangan lebih nyaman dan dapat mengurangi penggunaan pendingin ruangan. Bagi kamu yang tidak terlalu suka bising maka memilih unit yang jauh dari lokasi lift akan lebih membuat tenang serta memilih unit yang tidak terlalu tinggi juga mempermudah evakuasi jika ada gempa atau hal lain yang tidak di inginkan ya.

3. Privasi Lebih terbatas

Life Privacy

Life Privacy via https://www.pexels.com

Sebagian besar apartemen kelas menengah tentu menerapkan fasilitas lift yang dapat dipakai secara bersama sehingga bagi kaum introvert tentu akan merasa sedikit tidak nyaman jika dalam keseharian harus berpapasan atau berinteraksi dengan orang lain yang baru di kenal. Satu sama lain harus meningkatkan rasa toleransi dan adaptif dengan adanya peraturan yang dibuat oleh management demi kenyamanan dan keamanan bersama. 

 

Advertisement

4. Lingkungan sekitar Apartemen

Apartemen Area

Apartemen Area via https://www.pexels.com

Selanjutnya hal yang tidak boleh di lupakan dalam memilih apartemen yaitu akses untuk mencari bahan pokok dan makanan, perlu juga di perhatikan standar harga karena jika kita mengandalkan kurir online tentu biaya bulanan akan membengkak. Perhatikan juga apakah di sekitar apartemen terdapat rumah sakit, sekolah atau fasilitas umum lain seperti salon, mini market dan fasilitas lain yang mempermudah kebutuhan sehari harimu.

5. Management Apartemen

Management Apartement

Management Apartement via https://www.pexels.com

Ketika kamu hendak memiliha apartemen pastikan kamu mengobservasi bagaimana pemeliharaan gedung yang sudah di lakukan oleh management. Perhatikan bagaimana tingkat keamanan parkir dan pelayanan dari cleaning service, security hingga receptionist. Observasilah kebersihan taman, air kolam renang atau fasilitas yang diberikan oleh pihak manajemen.

Akhir kata, tidak apa apa jika saat ini memilih untuk tinggal di apartemen dengan berbagai pertimbangan yang bijak. Pastikan kamu sudah siap dengan segala konsekuensinya ya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Seorang manusia yang tertarik belajar mengenai psikologi

Editor

Kadang menulis, kadang bercocok tanam

CLOSE