Laptop adalah salah satu jenis gadget yang saat ini keberadaannya sangat penting. Pasalnya dengan menggunakan laptop kita bisa mengerjakan banyak pekerjaan dengan lebih mudah dan efisien. Selain itu sifat laptop yang portable dan mudah dibawa juga sangat membantu kita untuk menggunakannya di mana pun.

Laptop juga memudahkan komunikasi kita dengan keluarga, rekan atau partner kerja di mana pun, kapan pun dengan bantuan internet. Laptop dan internet menjadi pasangan yang susah dipisahkan, karena kita bisa mengerjakan banyak hal dengan ini. Memiliki sebuah laptop tentu membutuhkan perawatan rutin yang harus dilakukan agar laptop bisa awet dan performanya terus baik. Merawat laptop sebenarnya tidak terlalu rumit, dengan menghindari beberapa kebiasaan di bawah ini saja laptop Anda akan cukup terawat.

Berikut beberapa kebiasaan pengguna laptop yang bisa merusak atau menurunkan performa laptop secara signifikan.

1. Hindari meletakkan laptop di permukaan lunak

Hindari kebiasaan menaruh laptop di atas kasur via https://www.digitaltrends.com

Saat kita menggunakan laptop dalam waktu lama tentu akan membuat laptop semakin panas. Hal ini di karenakan hardware laptop yang melakukan berbagai proses saat sedang kita gunakan. Meski sudah terdapat kipas pendingin di dalamnya, namun tetap saja tidak cukup untuk mendinginkan seluruh bagian laptop.

Sedangkan meletakkan laptop di permukaan lunak seperti bantal, kasur atau karpet malah akan membuat laptop semakin panas. Selain karena sirkulasi udara yang kurang lancar, permukaan seperti di atas biasanya juga terdapat banyak debu yang kemungkinan besar akan tersedot kipas laptop dan membuat tumpukan debu di dalam hardware laptop. Alangkah baiknya jika Anda menggunakan fan laptop untuk membantu mendinginkan laptop dari bawah.

2. Menginstall software sembarangan

Pastikan mengunduh software dari situs terpercaya via http://brother-driver.net

Advertisement

Virus atau malware merupakan jenis gangguan yang biasa menyerang laptop. Biasanya ia datang dari software atau driver yang kita unduh dari sembarang tempat. Karena itu berhati-hatilah sebelum mengunduh sebuah program, karena bisa jadi sudah disusupi virus berbahaya. Kamu bisa mengunduh program dari situs pihak ketiga yang benar-benar aman untuk terhindar dari hal ini. Selain itu kamu juga bisa menggunakan software antivirus terbaru untuk menangkal segala jenis virus.

3. Posisi laptop yang kurang tepat

Usahakan tidak terlalu menekan bagian atas laptop via https://www.amazon.co.uk

Apabila saat menggunakan laptop posisi badan dan laptop tidak sejajar, biasanya akan menyebabkan tekanan pada keyboard laptop di mana tangan kita sedang berada. Jika kita sering melakukan kebiasaan ini, lama kelamaan bisa mengganggu kinerja komponen di dalam laptop. Memposisikan laptop sejajar dengan tubuh atau menggunakan keyboard eksternal merupakan cara menanggulangi hal ini.

4. Langsung menutup layar laptop saat keadaan hidup

Usahakan matikan dulu via https://www.videoblocks.com

Saat sedang terburu-buru atau sudah lelah menggunakan laptop, kita sering menutupnya secara langsung sehingga laptop masuk ke mode sleep. Kondisi seperti ini jika dilakukan secara terus-menerus bisa mengganggu ketahanan baterai dan komponen laptop lainnya, jadi lebih baik matikan laptop terlebih dahulu.

5. Menggunakan laptop tanpa baterai

Jangan cabut baterai laptop saat digunakan via http://www.gadgetreview.com

Sebagian dari kita pasti pernah berpikir bahwa menggunakan laptop dalam jangka lama dengan melepas baterainya dan langsung menyambungkan dengan adapter charger adalah cara terbaik. Tapi ternyata hal ini malah membahayakan laptop itu sendiri, karena laptop tidak bisa mendapatkan aliran daya yang stabil. Selain itu jika tiba-tiba listrik padam juga bisa membahayakan komponen laptop karena tiba-tiba mati.