5 Rekomendasi Kegiatan Mengenal Warna untuk Anak. Murah, Mudah, Bisa Dilakukan di Rumah

kegiatan mengenal warna anak

Apakah kamu ingin mengajarkan anak mengenal nama-nama warna? Tahukah kamu bahwa mengajarkan anak mengenai warna sudah dapat dilakukan sejak anak masih bayi? Bayi yang berusia 2-4 bulan biasanya sudah mulai jelas melihat perbedaan warna, sehingga ia sudah dapat diperlihatkan benda-benda yang memiliki warna mencolok seperti merah, kuning dan biru. Seiring dengan bertambahkan usia maka kemampuan melihat dan berpikir anak akan semakin berkembang.

Berikut ada rekomendasi kegiatan mengenal warna-warna yang cocok untuk anak. Yuk bun, dicoba!

Advertisement

1. Mandi dengan bola warna-warni

Mandi Bola

Mandi Bola via http://pexels.com

Kamu pasti setuju bahwa bermain air merupakan salah satu hal yang disukai anak. Hanya bermodalkan bola plastik warna-warni yang banyak dijual di toko mainan online maupun offline. Dengan bola-bola tersebut sudah dapat mengajarkan anak mengenai nama-nama warna.

Caranya juga gampang, siapkan air dan bak mandi anak seperti biasa, jika ini adalah pembelajaran pertamanya mengenai warna maka kamu dapat memberikan 6-10 bola dengan gabungan dari 3 warna dasar seperti merah, kuning dan biru. Lalu lakukan kegiatan mandi seperti biasa dan sebutkan nama warna dari masing-masing bola tersebut dengan suara yang jelas. Jika anak sudah dapat membedakan 3 warna dasar maka kamu dapat mencampurkan beberapa warna lain seperti hijau, hitam, putih, dan warna lainnya. Lakukan hal ini secara bertahap sehingga anak lebih mudah dalam menghapal warna-warna tersebut.

Advertisement

2. Mencocokkan warna dengan printable

Photo by Allan Mas from Pexels

Photo by Allan Mas from Pexels via https://www.pexels.com

Banyak sekali jenis printable yang dapat kamu unduh secara gratis dan mudah dari beberapa blog atau website. Kamu hanya perlu mengetik “printable mencocokkan warna” pada kolom pencarian maka akan keluar berbagai macam printable gratis yang dapat diundah. Pilihlah beberapa printable yang menurutmu mudah untuk digunakan, lalu unduh dan cetak printable tersebut.

Biasanya printable sudah dilengkapi dengan lembar kerja sehingga kamu gambar printable yang dipilih. Membiarkan anak menggunting sendiri lembar printable juga memberikan kesempatan kepada anak untuk melatih kemampuan soft skill, tentunya gunakan gunting khusus anak-anak ya!

3. Melukis dengan spons cuci piring

Advertisement
Melukis

Melukis via http://pexels.com

Permainan ketiga yang dapat kamu lakukan adalah melukis dengan spons cuci piring. Siapkan bahan-bahan berikut: buku gambar A3, spons cuci piring yang sudah dipotong dadu kecil, beberapa pewarna makanan.

Langkah yang dapat dilakukan sangatlah mudah, tuangkan beberapa tetes pewarna makanan merah, kuning, dan biru kedalam masing-masing mangkok yang berbeda lalu masukkan satu sendok air dan letakkan spons cuci piring yang sudah dipotong pada masing-masing mangkok. Mulailah melukis di buku gambar sambil menyebutkan nama-nama warna yang ada. Tiga warna dasar yang kamu gunakan tersebut dapat dicampurkan misal merah dan kuning akan menghasilkan warna orange, kuning dan biru akan menghasilkan warna hijau dan biru dengan merah akan menghasilkan warna ungu. Kamu tidak perlu membeli banyak pewarna makanan, hanya dengan tiga warna dasar terbut kamu sudah bisa menghasilkan warn-warna lainnya, hemat bukan?

4. Origami kertas warna-warni

Origami

Origami via http://pixabay.com

Hal keempat yang bisa kamu lakukan untuk memperkenalkan si kecil mengenai warna adalah dengan bantuan kertas origami. Siapkan kertas origami warna-warni lalu letakkan masing-masing warna sejajar di lantai, mintalah anak untuk menyebutkan nama-nama warna tersebut, jika sudah meminta anak meletakkan kertas origami dengan warna yang sesuai pada deretan yang dibuat sebelumnya.

5. Mewarnai gambar pelangi

Menempel Awan

Menempel Awan via http://pexels.com

Gunakan buku gambar A3 sebelumnya yang sudah dimiliki. Sobek 1 lembar kertasnya. Siapkan juga origami, kapas dan lem kertas stick. Gambar pelangi dan awan pada kertas gambar, lalu potong kertas origami menjadi kotak-kotak kecil. Mintalah anak menempelkan kertas origami berwarna kedalam garis pelangi sesuai urutan dan mintalah anak menempelkan kapas pada gambar awan. Selain gambar pelangi kamu juga dapat membuat gambar yang lain seperti bunga, buah, baju, dll.

itu dia rekomendasi kegiatan mengenal warna untuk anak. Siap mencoba, bun~

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE