Kegiatan Sederhana yang Bisa Bikin Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat-mu Di Rumah Makin Fun

5 kegiatan yang bisa kamu lakukan saat PPKM Darurat

Indonesia kembali didera gelombang lonjakan kasus Covid-19, bahkan menembus rekor harian mencapai 20 ribu kasus positif. Peristiwa ini membuat pemerintah memutar otak mencari solusi. Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat menjadi satu-satunya jalan keluar saat ini.

Imbasnya, tidak hanya semua kegiatan harus dilakukan dari rumah tetapi juga penutupan sementara pusat perbelanjaan dan pembatasan jam operasional restoran maupun kafe pun tidak terhindarkan.

Tapi tenang, kamu tetap bisa beraktivitas di rumah dengan segudang ide kegiatan yang pastinya bikin kamu makin betah di rumah. Nah, apa saja ide-ide kegiatan yang bisa banget kamu lakukan selama PPKM Darurat? Berikut rangkumannya.

Advertisement

1. Melukis maupun mewarnai

Foto oleh Pavel Danilyuk dari Pexels

Foto oleh Pavel Danilyuk dari Pexels via https://www.pexels.com

Salah satu kegiatan sederhana yang bisa banget kamu lakukan selama PPKM Darurat berlangsung adalah melukis. Tenang, enggak harus melukis yang berat-berat atau mengikuti aliran pelukis manapun, kamu bisa melukis a la kamu sendiri kok.

Atau, kamu bisa banget membeli satu set paint by number kit di mana kamu bisa mewarnai pola lukisan sesuai penomoran yang sebelumnya sudah disediakan. Kamu pun bisa memilih sendiri tingkat kerumitan pola  yang nantinya akan kamu warnai loh.

Advertisement

2. Membaca Buku

Photo by Kelly Sikkema on Unsplash

Photo by Kelly Sikkema on Unsplash via https://unsplash.com

Membaca buku sama dengan membuka jendela wawasan loh. Dewasa ini, banyak sekali bermunculan berbagai macam genre buku.

Ada romance, science fiction, fantasi, atau mungkin genre yang serius sekalipun seperti buku national geographic yang membahas tentang sejarah, kebudayaan atau bahkan tentang bumi hari ini.

Gimana, sudah ada ide mau beli buku genre tertentu?

Advertisement

3. Marathon drama yang kamu sukai

Photo by cottonbro from Pexels

Photo by cottonbro from Pexels via https://www.pexels.com

Barangkali selama ini kamu selalu disibukkan dengan aktivitas di kantor ataupun di kampus, sehingga hanya ada sedikit sekali waktu luang yang kamu miliki dan itupun habis digunakan untuk beristirahat.

Nah, karena aktivitas kantor maupun kampus dialihkan ke rumah, mungkin kamu jadi punya banyak waktu leluasa. Gimana kalau dimanfaatkan untuk menonton drama atau film-film yang selama ini hanya sempat kamu download tapi belum pernah ditonton?

4. Memulai hobi baru

Photo by Anna Shvets from Pexels

Photo by Anna Shvets from Pexels via https://www.pexels.com

Jangan jadikan PPKM Darurat alasan untukmu tidak melakukan satu aktivitas apapun di rumah. Walau tidak ke mana-mana, kamu harus tetap bergerak loh.

Kamu bisa banget memulai hobi baru seperti olahraga, memasak atau mungkin bercocok tanam. Ada banyak pilihan hobi baru menunggu untuk kamu lakukan. Awalnya mungkin masih terasa malas, tapi setelah dijalani pasti bikin happy.

Ingat, meski dilarang pemerintah untuk beraktivitas di luar rumah, kamu harus tetap produktif ya.

5. Belajar Mengaji

Photo by Visual Karsa on Unsplash

Photo by Visual Karsa on Unsplash via https://unsplash.com

Situasi yang kita alami hari ini sebetulnya mengingatkan kita untuk terus mendekatkan diri pada Sang Ilahi. Boleh jadi selama ini kita telah lalai karena selalu berada dalam keadaan berkecukupan.

Sekarang, pandemi seolah menjadi pukulan keras bagi semua umat manusia. Belum terlambat untuk memulai hal-hal baik yang sebelumnya sempat tertunda atau mungkin tidak pernah dijamah.

Belajar mengaji, misalnya. Ini adalah kesempatan yang akan sangat merugikan jika dilewatkan. Tunggu apalagi. Yuk, mengaji.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

selalu ingin belajar menulis

CLOSE